NEWS

Kabar Terbaru dari Festival Belanja Global 2020 11.11

en19ma   03 Nov 2020
Kabar Terbaru dari Festival Belanja Global 2020 11.11

Fakta Penting

  • Festival Belanja Global 11.11 Alibaba, yang diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 11 November, merupakan acara belanja online terbesar di dunia yang berlangsung nonstop selama 24 jam.
  • Banyak negara mengalami tantangan berat selama pandemi yang berlangsung pad tahun ini. Tiongkok adalah salah satu negara yang ekonominya mulai bangkit. Banyak perusahaan dan brand yang menyasar Tiongkok untuk meningkatkan penjualan, dengan menggunakan tools dan kanal pemasaran digital dalam ekosistem Alibaba. Festival 11.11 ini merupakan kesempatan yang penting untuk membangun reputasi dan meningkatkan penjualan bagi para penjual.

Festival Belanja Global 11.11 sudah dimulai! Tahun ini, 11.11 akan menghadirkan dua periode belanja, yakni tanggal 1 hingga 3 November dan THE DAY tanggal 11 November, menggandakan dukungan bagi para merchant dan kesempatan bagi para pembeli untuk berbelanja. Berikut ini adalah beberapa sorotan sejak dimulainya periode belanja pertama.

  • Livestreaming Gala Festival Belanja Global 11.11 diadakan pada tanggal 31 Oktober 2020, disiarkan secara langsung di Hunan TV, Youku, dan platform lainnya selama sekitar 5 jam. Ada sebanyak 70 selebriti dan 17 studio Taobao Live yang turut memeriahkan acara, menggabungkan pengalaman belanja dan hiburan.

  • Momen Seru – Pada tanggal 1 November 2020 pukul 00.00, ratusan juta konsumen membanjiri platform Taobao dan Tmall untuk memesan dan melakukan transaksi untuk 14 juta produk diskon.
  • Rekor pengiriman baruParsel pertama perhelatan ini dikirimkan pada tanggal 1 November pukul 00:11 kepada seorang konsumen di Wuhou untuk produk cairan pembasmi nyamuk pada pukul 00:00 melalui Eleme.

  • Rekor penjualan dipecahkan dalam waktu singkat Sebanyak 100 brand mencapai GMV lebih dari RMB 100 juta dalam waktu 111 menit setelah penjualan secara resmi dibuka, beberapa di antaranya adalah Nike, Adidas, Huawei, Midea, Xiaomi, Quanyou Home, Lin Wood, Perfect Diary, Barabara, Apple, L’Oréal, Haier, Estée Lauder, Lancome, dan lain-lainnya.

Apa yang Baru di Tahun 2020?

Lebih panjang, yang memungkinkan lebih banyak brand dan UMKM untuk berpartisipasi

  • 11.11 Shopping Festival tahun ini memiliki dua periode belanja, yakni tanggal 1 hingga 3 November dan periode 24 jam belanja pada tanggal 11 November seperti tahun-tahun sebelumnya. Periode pre-sale ini juga akan dibagi ke dalam dua fase, yaitu tanggal 21 sampai 31 Oktober 2020 dan tanggal 4 hingga 10 November 2020. Umumnya, 11.11 berfokus pada brand-brand yang sudah terkenal dan besar di Tmall, maka dengan adanya dua periode ini, lebih banyak brand dan UMKM yang berkesempatan untuk berpartisipasi pada periode tambahan.

Unggul dalam jumlah konsumen dan merchant yang tertinggi hingga saat ini

  • Sebanyak 800 juta konsumen diperkirakan akan berpartisipasi pada 11.11 tahun ini. Lebih dari 2 juta produk baru juga terjadwal untuk melangsungkan debutnya di Tmall untuk 11.11.
  • Lebih dari 250 juta brand akan berpartisipasi.
  • Hampir 200 brand premium, seperti Chanel, Dior, dan Net-A-Porter, akan berpartisipasi pada 11.11 tahun ini. Banyak brand mewah ternama lainnya akan berpartisipasi di 11.11 untuk pertama kalinya tahun ini, seperti Prada, Cartier, Montblanc, Piaget, Balenciaga, Vacheron Constantin, dan Chloé.

Ekonomi digital Alibaba All-in

Ekonomi digital Alibaba akan memamerkan rangkaian produk dan jasa online dan offline yang paling komprehensif hingga saat ini.

  • E-Commerce: 11.11 tahun ini akan menyajikan rangkaian penawaran untuk konsumen pada kategori yang umumnya tidak tersedia di e-Commerce, seperti apartemen, otomotif, dan tanaman penghias rumah.
  • Layanan dan experience: Ragam unit bisnis di ekonomi digital Alibaba akan unjuk gigi pada perhelatan ini, termasuk platform gaya hidup digital Alipay, perusahaan layanan lokal Ele.me, platform perjalanan Fliggy, serta platform tiket Taopiaopiao dan Damai. 11.11 tidak hanya akan fokus pada produk fisik, sejumlah penawaran pengalaman atau experience juga hadir pada tahun ini, termasuk dining, perawatan kecantikan, perjalanan, hiburan, dan layanan rumah.
  • Livestreaming: Livestreming merupakan metode yang efektif dan interaktif untuk berhubungan dengan konsumen guna memasarkan produk dan meningkatkan penjualan. Pada livestream tahun ini, sebanyak lebih dari 400 eksekutif Alibaba dan 300 selebriti akan hadir pada sesi livestreaming.

Jangkauan global

  • Dengan pemberlakuan pembatasan perjalanan, sektor turisme internasional harus mengalami sejumlah pembatasan. Guna terus memenuhi kebutuhan konsumen Tiongkok atas produk internasional, Tmall Global akan menghadirkan lebih dari 2.600 brand internasional untuk konsumen Tiongkok pada 11.11 tahun ini.
  • Platform e-Commerce lintas batas Kaola akan bergabung di 11.11 untuk pertama kalinya, dengan produk dari 89 negara dan market.
  • Teknologi logistik Alibaba, Cainiao, akan melayani lebih dari 700 penerbangan selama 11.11. Lebih dari 50% parsel lintas batas tahun ini telah diprediksikan untuk sampai lebih cepat hingga dua kali lipat dari kecepatan biasanya.
  • Tahun ini menandai ulang tahun AliExpress yang ke-10, platform gaya hidup bagi konsumen dan merchant dari berbagai belahan dunia. Platform ini kini telah mencapai lebih dari 200 negara dan wilayah.

Permintaan tinggi akan produk impor di Tmall Global

Hasil yang positif dari periode presale 11.11 telah menunjukkan peningkatan yang kuat dan konstan terhadap produk impor. Pada tanggal 21 Oktober 2020, hari pertama presale, Tmall Global mengalami peningkatan GMV sebesar lebih dari 90% YoY:

    • Biji kopi impor mengalami peningkatan GMV sebesar 92% YoY
    • Minuman wine dan sarang burung impor mengalami peningkatan GMV sebesar 400% YoY
    • Produk susu unta dari brand asal Dubai mengalami tingkat pertumbuhan GMV sebesar 100% jika dibandingkan dengan performanya di saat 618 Mid-year Shopping Festival pada tanggal 1 sampai 18 Juni 2020 lalu.

Berkolaborasi dengan 30 KOL termasuk influencer kecantikan terkemuka dari Tiongkok, Austin Li, Tmall Global mengeluarkan prediksi atas 50 produk paling populer per tahun ini pada tanggal 16 Oktober 2020, agar para konsumen Tiongkok dapat lebih dulu mendapatkan informasi akan tren global dan menikmati produk populer dari luar negeri dari rumah masing-masing.

McDonald’s Tiongkok dan Alibaba Luncurkan Cross-Platform Storefront

Sebelum dimulainya Festival Belanja Global tahun ini, McDonald’s Tiongkok telah bekerjasama dengan Alibaba untuk meluncurkan toko cross-platform untuk mengintegrasikan membership, pemasaran, distribusi kupon, dan fitur on-demand delivery dan pick-up bagi pembeli dalam berbagai skenario.

Kolaborasi ini menandai implementasi baru dari Alibaba Business Operating System, solusi unik yang memberdayakan bisnis untuk memanfaatkan transformasi digital dari ekonomi digital Alibaba. McDonald’s Tiongkok juga memanfaatkan Taobao, Tmall, Alipay, Koubei, dan Ele.me untuk menghadirkan bucket meal eksklusif yang bertema 11.11 di berbagai platform dalam ekosistem Alibaba pada Festival Belanja Global tahun ini.

Brand Perhiasan Cartier untuk pertama kalinya hadir di Livestreaming

Brand mewah Cartier menyelenggarakan sesi Livestream perhiasan papan atas pertama di Taobao Live sebagai promosi eksklusif selama periode 11.11. Selama acara, brand tersebut meluncurkan lebih dari 400 buah arloji dan perhiasan yang berkilauan, termasuk kalung senilai RMB 190 miliar (USD 28,3 juta). Sesi livestreaming ini berhasil menarik sebanyak 770.000 penonton, hanya dalam waktu dua jam.

Brand lain dari perusahaan induk Cartier, Richemont, juga berpartisipasi dalam 11.11 tahun ini, dengan produk Montblanc, Piaget, IWC Schaffhausen, dan enam brand perhiasan dan jam tangan lainnya yang bergabung untuk pertama kalinya. Hampir 200 brand mewah berpartisipasi dalam 11.11 tahun ini - menggandakan jumlah brand dari festival tahun lalu.

Inisiatif Spring Thunder mendorong Sektor Pertanian

Sejak diluncurkannya Spring Thunder Initiative 2020 pada enam bulan lalu, ekonomi digital Alibaba telah memberdayakan lebih dari 1.800 produksi pertanian melalui teknologi digital. Sebagai contoh, program ini telah membantu terjualnya sebanyak 800.000 produk pertanian, menayangkan lebih dari 2 juta sesi livestreaming terkait pertanian, membantu lebih dari 100.000 pemandu livestreaming di pedesaan, dan membantu mendorong lebih dari 200% pertumbuhan penjualan bulanan bagi lebih dari 1.000 brand petani regional.

Menyongsong 11.11, Taobao telah membantu para petani di prefektur Liangshan, Provinsi Sichuan, untuk mendapatkan pesanan sebanyak 60 juta apel dari merchant-nya. Pesanan ini diperkirakan akan memberikan setidaknya keuntungan sebesar RMB 100 Juta (USD 14,9 juta) bagi petani Liangshan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top