Jumlah Pelanggan Berbayar Viu Naik 62% dari Tahun Sebelumnya

Published: 10 Aug 2021, oleh NanaMiku

Dengan memasuki bulan Agustus ini, pertengahan tahun sudah tiba. Bersamaan dengan ini, Viu mengungkapkan data kinerja semester 1 2021. Ternyata Viu berhasil mendapatkan banyak pecnapaian penting. Di awal 2021.

Jumlah pengguna aktif bulanan atau monthly active users (MAU) tumbuh menjadi 49,4 juta orang per Juni 2021. Angka ini naik 37% dari tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, jumlah pelanggan berbayar juga naik 62% dari tahun sebelumnya menjadi lebih dari 7 juta pelanggan. Sedangkan pendapatan naik 47% dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan yang tinggi ini muncul dengan konsisten di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika. Sedangkan pasar utama yang memimpin pertumbuhan ini adalah Thailand dan Indonesia, pasar Viu terbesar dengan pertumbuhan tercepat.

Dengan model freemium, Vi uterus mencetak percepatan pertumbuhan dalam monetisasi. Pertumbuhan ini didukung oleh jaringan yang kuat berkat lebih dari 80 mitra dalam ekosistem digital di seluruh pasar. Mitra terdiri dari berbagai sektor seperti perusahaan telekomunikasi, produsen perangkat, bisnis ritel dan e-commerce, hingga mitra distribusi konten. Strategi ini mendukung Viu untuk meraih basis yang luas untuk mengakusisi pengguna dan meningkatkan monetisasi.

Menurut laporan penelitian AMPD Media Partners Asia (MPA) terbaru, Viu berhasil menjadi nomor satu dalam jumlah pengguna aktif bulanan dalam tujuh kuartal berturut-turut di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, Viu juga berada di peringkat kedua untuk pelanggan berbayar dan jumlah menit streaming di antara platform streaming video utama di Asia Tenggara pada Semester 1 2021.

Janice Lee, Chief Executive Officer Viu dan Managing Director PCCW Media Group, mengatakan, “Di Viu, kami melanjutkan komitmen untuk menghadirkan pengalaman streaming video dan konten Asia terbaik bagi konsumen. Kami melihat pertumbuhan yang kuat di Semester 1 2021, didukung oleh jajaran konten yang kuat dan ekosistem mitra yang diperkuat. Kombinasi analitik data kami dan kehadiran di pasar lokal memastikan kami benar-benar memahami denyut nadi konsumen di mana kami beroperasi.”

Untuk memperkuat posisinya, Viu akan terus melakukan ekpansi konten Original Korea. Setelah sukses dengan River Where The Moon Rises dan Doom at Your Service, Viu kini meluncurkan Viu Original terbaru yaitu Now, We Are Breaking Up. Drama yang paling dinantikan ini akan menampilkan bintang Song Hye Kyo (Descendants of The Sun, The Encounter) dan Jang Ki Yong (My Roommate is a Gumiho, Search: WWW). Drama ini siap hadir di Viu per bulan November.

Tidak hanya Viu Original Korea saja, Viu juga berkomitmen untuk produk original lokal dari berbagai negara dengan Black S2 (Malaysia), uBettina Wethu (Afrika Selatan), dan Assalamualaikum Calon Imam Series 2 yang akan rilis di 2021.

Viu juga akan terus memperkuat portofolio konten Asia untuk menjadi pempimpin dan pusat konten Asia premium dengan mitra konten utama dari Cina dan Thailand dan juga berbagai anime. Viu juga telah memperluas program pembuatan konten andalan dari Viu Pitching Forum ke Malaysia dan Thailand di semester 1 2021.

Tags

android ios news viu streaming tv streaming apps streaming film streaming stream platform aplikasi mobile aplikasi pelanggan

Share Artikel