REVIEW

Jewel Blast Dragon: Puzzle Match-Three Imut yang Ternyata Adiktif

Andy Chan   15 Jan 2021
Jewel Blast Dragon: Puzzle Match-Three Imut yang Ternyata Adiktif

Game dengan genre puzzle match-three sudah banyak beredar di pasaran, terutama di ranah mobile. Namun hal tersebut bukan berarti genre ini sudah basi ya, karena masih ada saja game puzzle match-three yang bisa menyenangkan hati tanpa perlu berpikir terlalu keras. Mari berkenalan dengan Jewel Blast Dragon, sebuah game petualangan bergenre puzzle match-three yang penuh dengan jewel warna warni!

Kisah yang Hampir Tidak Ada

Biasanya game-game puzzle match-three didukung dengan kisah-kisah unik, namun tidak demikian halnya dengan Jewel Blast Dragon. Game yang dihadirkan oleh Go7Game ini boleh dibilang hampir tidak memiliki cerita sama sekali, hanya sebuah kumpulan puzzle match-three untuk diselesaikan oleh pemain dengan harapan bisa mengumpulkan harta-harta yang berserakan di peta permainan.

Cara Bermain

Bahkan cara memainkan Jewel Blast Dragon pun sangat sederhana: jejerkan tiga atau lebih jewel berwarna sama yang berada di medan permainan untuk mengambil mereka. Menderetkan empat buah jewel, pemain akan menciptakan power up jewel yang bisa menghancurkan satu baris atau satu kolom, sementara menderetkan 5 buah jewel dalam bentuk T atau L, akan menciptakan sebuah bom yang bisa meledakkan jewel di sekitarnya. Khusus untuk menderetkan 5 buah jewel dalam satu garis, pemain akan mendapatkan Windmill jewel yang bisa menghancurkan jewel berwarna sama.

Menggabungkan Power Up

Kalau pemain berhasil mendaratkan dua buah power up secara berdampingan, mereka akan bisa mengaktifkan keduanya dengan cara menukar mereka satu sama lain. Hasilnya adalah gabungan dari kedua power up jewel tersebut, dengan efek-efek khusus, seperti bom yang bisa menghancurkan tiga baris dan kolom sekaligus, atau merubah salah satu warna jewel menjadi bom semuanya.

Menyelesaikan Level dan Komplikasinya

Tugas pemain adalah untuk mengumpulkan target yang diminta oleh level-nya, seperti mengumpulkan sejumlah jewel berwarna merah, atau mengambil Pearl yang berserakan di medan permainan. Komplikasi permainan akan terjadi ketika pemain bertemu dengan jewel-jewel khusus, seperti Pearl yang hanya bisa dipungut dengan melakukan matching di sampingnya, ataui Pearl yang berpita, sehingga harus dibuka dulu pitanya dengan melakukan matching di sampingnya atau bahkan menghancurkan balok es dengan melakukan matching di atasnya. Semua itu harus dilakukan sebelum jumlah langkah yang disediakan habis.

Menggunakan Booster dan Tools

Sebelum memulai sebuah level, pemain akan diberikan kesempatan untuk menggunakan tiga buah booster. Kegunaan dari booster ini adalah untuk langsung menaruh power up jewel di medan permainan dan bisa langsung digunakan apabila sudah memenuhi syarat. Booster ini terbatas, namun bisa dibeli dengan menggunakan koin yang sudah dikumpulkan selama bermain. Selain itu, pemain juga memiliki akses ke berbagai tools untuk membantu di saat bermain, salah satunya adalah palu yang bisa digunakan untuk menghancurkan satu buah jewel di layar.

Pengunaan Bintang

Unik untuk permainan tanpa cerita ini adalah keberadaan tiga buah bintang yang bisa dikoleksi oleh pemain. Bintang ini ternyata digunakan untuk mengklaim hadiah, dengan cara menyentuh icon bintang di sebelah kiri atas permainan. Jadi bisa dibilang, selain untuk penyempurnaan, pemain juga memiliki insentif agar mendapatkan tiga buah bintang di setiap level-nya.

Artwork Imut nan Lucu

Tema dari permainan ini adalah fantasi dan naga, namun naga yang dimaksud ternyata imut dan lucu sekali. Permainannya sendiri tampak cukup standar untuk sebuah game puzzle match-three, lengkap dengan lagu santai yang mungkin tidak memberi semangat apa-apa kepada pemain. Tapi paling tidak, gaya artwork ini sangat bersahabat kepada mata pemain.

Tidak Ada WiFi, Tidak Masalah

Jewel Blast Dragon adalah sebuah game gratisan alias free-to-play, yang bisa dimainkan tanpa koneksi Internet. Sedikit kekurangan dari game ini adalah keberadaan sebuah sistem Life, yang akan membatasi permainan kalau sampai habis. Mikrotransaksi dalam game ini adalah untuk pembelian koin serta paket hemat yang memberikan berbagai macam tools dan booster, jika diperlukan, sekaligus juga menghilangkan iklan kalau sudah dibeli salah satunya.

Petualangan di Jewel Blast Dragon memang kurang terasa epik, namun permainan puzzle match-three itu sendiri cukup adiktif. Mengapa tidak, game-nya memang sederhana dan menyenangkan, jadi pemain bisa bermain puzzle ini secara santai dengan satu jari.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top