REVIEW

Jayusnya Visual Novel Indonesia, Kode Keras Buat Cowok dari Cewek

Andy Chan   31 Dec 2018
Jayusnya Visual Novel Indonesia, Kode Keras Buat Cowok dari Cewek

Game visual novel memang banyak, namun visual novel berbahasa Indonesia? Nah, ini dia salah satu game visual novel berbahasa Indonesia yang dikembangkan oleh Digital Artha. Game ini mereka beri judul Kode Keras Buat Cowok dari Cewek dan ternyata ceritanya benar-benar kocak lho!

Perkenalan Kode Keras Buat Cowok dari Cewek

Dalam game Kode Keras Buat Cowok dari Cewek, dikisahkan bahwa kamu seorang time traveller alias petualang waktu bernama Adit. Artinya, kamu punya kemampuan khusus untuk kembali ke masa lalu. Nah, apa yang digunakan olehmu dengan kemampuan khusus ini? Ternyata adalah untuk berusaha merebut hati Lala dari masa lalu! Dengan kemampuan time travel ini pula lah kamu bisa mencoba terus mendapatkan hati Lala seberapa kali pun kamu gagal.

Cara Memainkan ala Pilihan Berganda

Kode Keras Buat Cowok dari Cewek adalah sebuah visual novel, jadi pemain wajib membaca dialog-dialog yang terjadi selama permainan berlangsung. Nah, di beberapa titik tertentu, pemain akan disuguhkan pilihan berganda sebagai cara untuk mendekati Lala.

Mendekati Hati Lala yang Sadis nan Keji

Tapi sayangnya hampir semua pilihan tersebut biasanya berakibat pada kegagalan karena Lala memang orangnya agak sadis nan keji. Untunglah dengan kemampuan time travel ini, pemain bisa mengulang berapa kali pun tanpa batasan.

Fitur-fitur yang Kocak

Secara garis besar, Kode Keras Buat Cowok dari Cewek ini memang tidaklah jauh berbeda dengan visual novel lainnya. Namun ternyata ada yang membuatnya sungguh berkesan.

Visual Novel berbahasa Gaul

Tidak seperti visual novel lainnya yang menggunakan bahasa Indonesia formal, Kode Keras Buat Cowok dari Cewek ini justru menggunakan bahasa sehari-hari yang gaul banget. Pemain akan tertawa melihat reaksi-reaksi para karakternya dari pilihan dialog yang dipilih.

Banyak Iklan yang Mengganggu

Setiap beberapa adegan, pemain akan disuguhi dengan iklan, dan boleh dibilang, iklan ini cukup mengganggu. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, pemain akan sering bertemu dengan layar "KAMU GAGAL" alias Game Over. Untungnya, pemain tinggal memilih "Coba Lagi" untuk mengulang adegan tersebut. Sayangnya, untuk melakukan pengulangan ini pemain akan dibombardir dengan hal yang sudah kamu tebak: yup, iklan yang mengganggu.

Perkembangan Kisah Cinta Adit dan Lala

Kode Keras Buat Cowok dari Cewek juga memiliki beberapa chapter lho. Ada chapter awal yang merupakan adegan PDKT, ada chapter Kencan Pertama, ada chapter Valentine, Ngapel ketemu orang tua Lala, chapter Ultah, dan seterusnya, masing-masing memiliki berbagai situasi yang harus ditebak pilihan dialognya bagaimana cara menyelesaikannya dengan baik.

Artwork ala Kartun yang Lucu

Game visual novel harus didukung dengan artwork yang menawan, dan Kode Keras Buat Cowok dari Cewek tidaklha mengecewakan. Berbagai karakter yang hadir dalam visual novel ini tampak menawan dan memiliki berbagai ekspresi wajah yang lucu dan cocok dengan suasananya. Selain itu, game ini juga didukung dengan lagu yang santai, sehingga pemain bisa berpikir dalam memilih dialog yang tepat.

Gratis, tapi Banyak Iklan

Memang game-nya gratis, tapi seperti yang disebutkan, ada banyak iklan yang mengganggu. Untunglah game-nya bisa dimainkan secara offline sehingga bisa melenyapkan iklan-iklan tersebut dari pandangan pemain. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali, jadi tidak heran iklan tersebut berjubel dalam game ini.

Masih ingat dengan Dilan 1990? Game ini juga memiliki adegan parodi Dilan yang lucu-lucu dan gokil. Ada parodi kenalan, parodi di angkot, saat nelpon, saat nulis, serta saat tersipu. Semuanya tentu saja diperankan oleh Adit dan Lala dengan sangat jayus. Misalnya, "Lala jangan lupa ngerjain pr ya," lalu Lala mengatakan "Ganteng2 tapi ngeselin, lagi seneng2 malah diingetin PR".

Pada intinya sih, game Kode Keras Buat Cowok dari Cewek ini sangat kocak dan seru untuk dimainkan. Apakah kalian tertantang dengan game gokil ini? Cobalah untuk mendapatkan hati Lala!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top