REVIEW

Japan Food Chain: Game Restoran Jepang Bertempo Cepat yang Adiktif

Andy Chan   14 Feb 2020
Japan Food Chain: Game Restoran Jepang Bertempo Cepat yang Adiktif

Pernahkah kalian bermimpi memiliki sebuah restoran masakan Jepang? Bermimpi untuk menjadi seorang koki yang terbaik? Melayani dan memuaskan selera para pelanggan? Kini kalian bisa melakukannya dalam game untuk ponsel pintar kalian yang berjudul Japan Food Chain!

Dari Pengembang Lokal, Touchten Games

Japan Food Chain adalah satu lagi judul dari seri Chain persembahan Touchten Games, sebuah studio pengembang game lokal kita. Setelah sebelumnya sukses dengan Ramen Chain dan Warung Chain, mereka kembali menghadirkan seri Chain terbaru mereka ini dengan tema masakan Jepang. Kalian akan bisa mewujudkan mimpi menjalankan restoran masakan Jepang di game ini.

Antarmuka yang Sangat Intuitif

Dalam Japan Food Chain, pemain berperan sebagai seorang pemilik restoran Jepang yang melayani pelanggan. Untuk melayani pelanggan, disediakanlah antarmuka yang sangat mudah dimengerti. Para pelanggan akan datang dan memberitahukan kepada pemain apa yang mereka pesan via sebuah talk bubble yang menunjukkan gambar makanan. Pemain cukup mengikuti gambar yang mereka mau dengan cara menyentuh bahan makanan yang tersedia di counter dengan cekatan. Makanan akan langsung masuk ke bento box, dan kalau sudah siap, tinggal sentuh sang pelanggan dan dia pun akan puas, membayar makanannya, dan pergi melanjutkan perjalanannya. Apabila terjadi kesalahan ketika menyusun makanan, pemain bisa menyentuh tong sampah untuk membuang makanan yang disiapkan dan memulai kembali dengan kotak bento kosong. Tapi ingat, para pelanggan memiliki batasan kesabaran, dan kalau sampai habis, mereka pun akan pergi dengan kesal.

Tools Pembantu

Tersedia tiga buah tools yang siap membantu pemain untuk melayani para pelanggan. Ada jam pasir yang berguna untuk menghentikan jalannya waktu, sehingga pemain memiliki waktu lebih untuk menyusun makanan, ada juga Serving Bot yang berguna untuk melayani semua pelanggan secara sekaligus, serta Machi Cafe untuk mereset kesabaran para pelanggan. Tools ini tidak gratis, dan harus dibeli menggunakan koin.

Upgrade Restoran

Dengan koin yang dikumpulkan di setiap level-nya, pemain akan bisa melakukan upgrade pada setiap aspek dari restorannya. Mulai dari upgrade makanan yang akan menaikkan pemasukan koin, hingga upgrade restoran untuk menaikkan waktu tunggu pelanggan. Sayangnya, pemain tidak bisa melakukan upgrade hanya dengan koin saja, tapi juga butuh Gems. Tanpa Gems, pemain tidak bisa upgrade sama sekali.

Puluhan Masakan Jepang yang Sedap

Secara tampilan, Japan Food Chain ini sebenarnya cukup sederhana. Namun, sekilas animasi dari para pelanggan (yang memiliki artwork menawan) ketika pemain berhasil melayani mereka itu nyatanya mampu membuat permainan ini jadi terasa sangat memuaskan. Nuansa restoran pun cukup dinamis, dari jendela bisa terlihat kalau hari akan semakin malam dan menjadi semakin gelap. Selain itu, pemain juga bisa melihat berbagai macam masakan yang mungkin bisa membuat dirinya lapar dan ingin makan masakan Jepang sesungguhnya, seperti Curry Don, Sushi, Onigiri, Yakiniku, Oden, Chicken Mayonaise Rice, dan lain sebagainya yang benar-benar tampak lezat.

Mudahnya Mendapatkan Gems

Sebagai game free-to-play, tentunya Japan Food Chain menggunakan sebuah mata uang premium yang bisa dibeli via mikrotransaksi. Mata uang bernama Gems ini memang dijual dengan harga bervariatif, mulai dari Rp. 3.000,- untuk 10 Gems, hingga Rp. 1.309.169,- untuk Super Pack yang berisikan banyak sekali Gems. Selain penjualan Gems, dijual juga Coin serta paket VIP. Untungnya, Gems sangat mudah didapatkan dengan cara mendapatkan bintang di setiap level permainan.

Sistem Life

Japan Food Chain juga menggunakan sebuah sistem Life, di mana kalau pemain gagal menyelesaikan sebuah level, maka Life yang dimiliki akan berkurang satu. Begitu Life ini habis, pemain harus menunggu beberapa waktu dulu, baru bisa melanjutkan permainan kembali.

Dengan tipe permainan yang bertempo cepat serta kemampuannya untuk dimainkan secara offline, Touchten Games berhasil membuat Japan Food Chain menjadi sebuah game yang tidak terasa bertele-tele, adiktif, dan bisa membuat kalian berselera makan masakan Jepang. Inilah game restoran yang wajib kalian coba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top