TIPS

Jangan sampai Baterai Ponsel Meledak! Gunakan Tips Ini!

Escravania   08 Feb 2018
Jangan sampai Baterai Ponsel Meledak! Gunakan Tips Ini!

Bukanlah hal yang aneh jika mendengar ada berita ponsel yang meledak atau pun terbakar. Salah satu contoh adalah ponsel Galaxy S4 yang terbakar hingga akhirnya membakar seluruh apartemen. Sementara pada contoh lainnya, baterai ponsel milik seorang gadis bisa sampai meledak pada saat ia sedang tertidur. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa hal tersebut bisa sampai terjadi dan bagaimana cara untuk mencegahnya.

Satu hal yang bisa kami pastikan; kecuali jika ada cacat serius pada perakitan atau desain baterai, sangatlah tidak mungkin untuk perangkat elektronik, entah itu ponsel, tablet atau pun radio, dan jam, bisa sampai meledak. Bahkan, bila memang itu terjadi, seringkali bukan kesalahan baterai saja. Seringkali, kejadian tersebut disebabkan oleh salah satu dari dua faktor, baik baterai atau pun pengisi daya yang bukanlah produk asli.

Baterai lithium dapat mengalami masalah yang disebut pelarian termal, dimana panas yang berlebih dapat menyebabkan banyak panas yang berlebih dan seterusnya. Karenanya, baterai jenis ini diperlengkapi dengan sistem yang melindungi mereka dari pengisian yang berlebihan dan mencegah reaksi berbahaya dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Seringkali dikatakan bahwa baterai murah yang diproduksi oleh perusahaan yang tidak dikenal bisa sama handalnya dengan baterai aslinya. Ini hanyalah sebagian saja yang benar.

Karena baterai ponsel menjadi lebih tipis, hanya tersedia sedikit ruang untuk menyimpan plat positif dan negatif di dalam baterai, dan pemisah yang digunakan pun jadi semakin tipis. Jika sesuatu terjadi di antara kedua plat ini, maka hal itu dapat menyebabkan masalah, terutama jika semuanya tidak dirancang sesuai dengan standar yang diperlukan, dan Anda kemudian menempatkan baterai tersebut di bawah tekanan pengisian daya yang berlebihan.

Jika produsen baterai mengikuti semua panduan yang telah diharuskan, maka mereka pasti bisa memproduksi baterai yang sangat aman. Namun, sebagian dari mereka diketahui lebih memilih untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan dengan tidak memasukkan sekering yang akan memutus sirkuit jika baterai terlalu panas. Efek dari hilangnya sekering ini bisa sangatlah berbahaya, terutama jika Anda memiliki kebiasaan mengisi daya ponsel Anda sepanjang malam, dengan meletakkannya di meja yang berada di samping tempat tidur, sekitar 30 cm dari kepala Anda.

Secara umum, cara terbaik untuk mengindari masalah baterai ponsel yang sampai terbakar atau pun meledak secara tiba-tiba adalah:

  • Gunakan hanya baterai asli pabrik atau dari merek-merek pengganti yang terkenal dan direkomendasikan. Anda mungkin tergoda untuk membeli baterai berharga murah, tapi pertimbangkan berapa banyak yang bakal Anda bayar untuk ponsel Anda dan seberapa besar keinginan Anda agar apartemen Anda tetap utuh. Anda tidak akan memasang ban tipis pada Ferrari, bukan?
  • Jangan tinggalkan perangkat Anda di tempat yang panas, terutama jika sedang mengisi daya. Hal itu hanyalah membuat masalah kelebihan panas menjadi lebih buruk. Suhu dari lingkungan sekitar sangatlah mempengaruhi keadaan baterai.
  • Jika Anda tengah mengisi daya ponsel Anda atau Anda menggunakan fungsi yang menyebabkan ponsel menjadi panas, pastikan agar Anda menggunakannya di tempat yang berventilasi (yang berarti mengeluarkannya dari casing-nya, jika Anda memang menggunakannya). Hal ini sangat penting, terutama jika Anda membiarkan ponsel Anda untuk terisi daya sepanjang malam.
  • Dan, hal yang mengejutkan, mengisi daya baterai Anda setelah baterai mencapai titik 50 persen sebenarnya adalah hal yang baik. Baterai Li-ion tidak mengalami masalah memori, seperti beberapa baterai jenis lain, namun bisa rusak akibat voltase rendah.

Jadi, selalu ingatlah tips-tips di atas untuk menjaga agar baterai Anda tetap berada dalam kondisi normal sesuai dengan keinginan Anda. Dan, janganlah panik demi memikirkan kemungkinan bahwa perangkat Anda bakal meledak di tengah malam. Jika hal itu benar-benar membuat Anda jadi takut, janganlah mengisi daya perangkat Anda sepanjang malam –cukup isi pada saat Anda terbangun dari tidur. Selamat mencobanya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top