REVIEW

Ingin Coba Jadi Barista? Jajal Barista Life Saja!

Andy Chan   08 Apr 2021
Ingin Coba Jadi Barista? Jajal Barista Life Saja!

Selamat datang di Zerosum Coffee, di mana semua kebutuhan nongkrongmu akan dipenuhi oleh seorang barista handal! Siapakah barista tersebut, well, kamu tentunya! Itulah sekilas mengenai game unik persembahan dari Zynga (Farmville, Draw Something), yang berjudul Barista Life.

Menjalankan sebuah Kedai Kopi

Menjalankan kedai kopi sebenarnya tidaklah mudah, apalagi kalau ada konsumen berbaris untuk membeli kopi. Namun dalam Barista Life, pemain akan bisa menyajikan kopi kepada para pelanggan dengan mudah dan cepat. Siapa tahu, setelah main game ini kalian bisa juga membuat cappucino terbaik, kan?

Cara menyajikan Kopi

Permainan dimulai dengan memilih avatar, apakah kalian ingin bermain sebagai seorang barista pria atau wanita. Setelah itu, kedai kopi Zerosum Coffee pun dibuka, dan kalian bisa memulai melayani para konsumen.

Pemesanan dan Pembayaran Kopi

Para konsumen yang berbaris, akan menyatakan ingin memesan apa kepada pemain. Pesanan ini variatif, bisa kopi tanpa es, bisa espresso, americano, bahkan bisa juga berupa snack. Pemain tinggal memastikan pesanan tersebut di layar sentuh, lalu melakukan scan pada ponsel pintar milik konsumen untuk meminta pembayaran.

Membuat Kopi

Setelah itu, pemain pun bisa mulai membuat kopi untuk sang konsumen. Gelas kopi konsumen akan bisa ditulisi atau digambar, sesuai dengan permintaan konsumen, lalu pemain tinggal menyiduk kopi yang ada, untuk dimasukkan ke dalam coffee maker. Setelah itu, pemain bisa menuangkan kopinya ke gelas, dan kalau diperlukan, memasukkan es batu ke dalamnya. Terakhir, sang barista pun tinggal menyerahkan kopi atau snack yang dipesan oleh sang konsumen, dan mereka akan pergi menikmatinya.

Upgrade Kedai Kopi

Setiap melayani konsumen, pemain akan mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk melakukan upgrade pada kedai kopi miliknya. Ada banyak elemen yang bisa di-upgrade, mulai dari kedai kopi tersebut sendiri, coffee maker-nya, hingga snack-snack yang ada di dalamnya untuk menghasilkan uang lebih banyak.

Grafis yang Kurang Memadai

Secara tampilan, Barista Life menggunakan model karakter tiga dimensi, namun model 3D nya sendiri kurang enak untuk dilihat. Karakter-karakternya tampak sangat murahan dan kurang memadai untuk permainan jaman sekarang, apalagi game-nya juga sudah termasuk sederhana, sehingga kualitas ala kadarnya seperti ini rasanya kurang bisa diterima. Apalagi optimisasi grafisnya tidak mulus, ketika pemain sedang menulis di gelas kopinya, mereka akan menemukan kesulitan karena game-nya patah-patah kalau ponsel pintarnya kurang mumpuni. Tapi paling tidak, kopi-kopi dan snack di dalam game ini tampil cukup menarik.

Tidak Perlu Online

Seperti game-game Zynga lainnya, Barista Life pun disajikan secara cuma-cuma, alias free-to-play. Game ini juga tidak menggunakan beberapa fitur free-to-play, seperti sistem stamina atau life, bahkan tidak perlu online sama sekali. Tapi seperti biasa, game ini penuh dengan iklan, di mana pemain bisa membayar game-nya untuk membeli fitur "bebas iklan".

Apakah kalian ingin mencoba seperti apa rasanya bekerja di kedai kopi? Inilah kesempatan kalian untuk mencobanya dalam Barista Life!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top