REVIEW

Magic Snap: Momotaro, Jajal Kekuatan Ingatanmu dalam Pertarungan

Andy Chan   15 Jul 2019
Magic Snap: Momotaro, Jajal Kekuatan Ingatanmu dalam Pertarungan

Legenda Momotaro adalah sebuah cerita rakyat Jepang yang mengisahkan mengenai seorang pembasmi iblis dan petualangannya membersihkan dunia dari iblis bersama dengan sahabat-sahabatnya yaitu seekor anjing Shiba yang lucu, seekor kera, serta seekor burung pegar. Oleh Auer Media, cerita rakyat Jepang tersebut pun dijadikan sebuah game mobile unik yang berjudul Magic Snap: Momotaro.

Permainan Memori

Magic Snap: Momotaro adalah sebuah permainan unik, di mana pemain berperan sebagai Momotaro dan para peliharaannya itu untuk bertarung melawan iblis. Uniknya di sini, ini bukanlah game RPG, juga bukanlah game puzzle match-three, melainkan sebuah game memori.

Bertarung ala Memori

Di setiap level Magic Snap: Momotaro, pemain akan diberikan sebuah medan permainan yang berisikan sekumpulan buah benda. Pemain bisa menyentuh benda-benda tersebut untuk membalikkannya. Setelah dibalik, terlihatlah warna bagian dalam dari benda tersebut, misalnya biru atau kuning. Setelah itu, pemain harus membalikkan benda lain yang warnanya sama untuk menyerang lawan. Apabila warnanya salah, pemain harus mengingat-ingat lokasinya agar di langkah berikutnya, bisa membalikkan dua warna yang sama. Setiap turn, pemain melemparkan sebuah dadu yang berfungsi sebagai batasan waktu berapa kali mereka bisa membalikkan benda di turn tersebut.

Sistem Penyerangan

Seperti yang sudah disebutkan, membalikkan dua buah benda yang warnanya sama akan menyebabkan karakter pemain atau pun karakter lawan menyerang dan melakukan damage kepada Life lawan. Setelah kedua benda yang berwarna sama ditemui, maka dua-duanya akan hilang. Ada sistem serangan ultimate yang bisa dilakukan apabila seseorang, baik pemain maupun lawan, berhasil melakukan matching pada sepasang benda terakhir di layar. Serangan ini sangat kuat dan memiliki animasi keren. Barangsiapa berhasil menghabisi Life lawan terlebih dahulu, dia lah yang menang.

Buat Tim Sendiri

Dalam Magic Snap: Momotaro, pemain bisa membangun sendiri timnya dengan menggunakan berbagai macam pet, karakter, dan kemampuan perangnya. Pet yang disediakan juga variatif dan imut-imut, ada ikan, ada kura-kura, ada tawon, bahkan tikus pun ada. Didukung dengan artwork yang khas, menawan dan imut sekali, Magic Snap: Momotaro membuat pemain bisa menciptakan tim sendiri yang unik dan tiada duanya. Pets sendiri bisa didapatkan baik dengan menyelesaikan stage, atau dengan menggunakan Gacha premium.

Sedikit Pay-to-Win

Berhubung Magic Snap: Momotaro ini bersifat single player, dan pemain hanya bertarung ala PvE saja, maka game yang free-to-play ini pun bisa dimainkan secara offline. Tidak ada sistem stamina / energi di sini, jadi pemain bisa main kapan saja. Tapi game ini lumayan pelit mengenai rewards, karena memang mata uang yang digunakan di sini hanyalah mata uang premium Gems. Mikrotransaksi pun cukup berlimpah, mulai dari pembelian mata uang premium, hingga pembelian item dan mata dadu. Jadi kalau kalian bersedia membeli berbagai macam item yang disediakan menggunakan uang asli, dijamin permainan menjadi sangat mudah. Malah kalau pemain berminat, tersedia juga subskripsi seharga Rp. 42.000,- per bulan untuk mendapatkan reward tambahan ketika menggunakan Gacha berbasis iklan, serta menghilangkan sebagian iklan dari game.

Sebenarnya permainan Magic Snap: Momotaro ini menarik. Penggabungan konsep game memori serta pertarungan secara real-time melawan monster-monster bisa terjadi secara sengit dan seru. Namun mungkin pemain akan bingung dengan inti dari ceritanya yang tidak jelas sama dan sulitnya mencerna makna dari sebuah cutscene dalam game ini. Di luar hal tersebut, Magic Snap: Momotaro tetap pantas untuk kalian coba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top