REVIEW

Jadilah Jason Voorhees dalam Friday the 13th: Killer Puzzle, Bunuh Para Muda-mudi Menyebalkan!

Andy Chan   25 Aug 2019
Jadilah Jason Voorhees dalam Friday the 13th: Killer Puzzle, Bunuh Para Muda-mudi Menyebalkan!

"Ada legenda di sekitar sini. Seorang pembunuh dikubur, tapi tidak mati. Sebuah kutukan di Crystal Lake, sebuah kutukan maut. Kutukannya Jason Voorhees. Mereka bilang dia mati ketika masih anak-anak, namun dia tetap hidup kembali. Hanya beberapa orang saja yang pernah melihatnya dan hidup. Bahkan ada yang mencoba menghentikannya. Tidak ada yang bisa menghentikannya." Itulah legenda Jason Voorhees, sang pembunuh mistis yang sudah membunuh lebih dari 150 orang dalam franchise Friday the 13th. Siapa tidak kenal dengan film slasher ini?

Hadirnya Jason Voorhees secara Resmi untuk Mobile

Game bertemakan Friday The 13th sebenarnya sudah banyak di mobile, namun semuanya merupakan plesetan seperti Jason Friday: Camp Escape on 13th dan Day to Kill. Blue Wizard berhasil mendapatkan lisensi resmi Friday the 13th, dan mereka pun merilis sebuah game unik berjudul Friday the 13th: Killer Puzzle.

Menjadi Jason Voorhees

Dalam Friday the 13th: Killer Puzzle, pemain berperan sebagai Jason Voorhees sendiri dalam misinya untuk membalas dendam dan membunuh para muda-mudi yang berkeliaran di sekitar Crystal Lake. Cara bermainnya unik, karena game ini bukanlah action slasher, melainkan game puzzle. Pemain menggerakkan Jason dengan cara melakukan swiping di layar ke arah yang diinginkan, dan Jason pun akan meluncur ke arah tersebut sampai menabrak sesuatu.

Membunuh Para Muda-mudi

Apabila ketika Jason meluncur dia menabrak seorang anak muda, maka dia pun akan langsung membunuhnya dengan sadis dan penuh darah. Pemain harus mengarahkan Jason agar dia bisa membunuh semua muda-mudi yang ada di medan permainan, barulah terakhir akan keluar sang "Final Girl" atau "Final Boy" yang merupakan survivor terakhir. Khusus untuk anak muda terakhir ini, apabila Jason berhasil menghampirinya, maka akan keluarlah sebuah mini game di mana pemain harus berhasil menyentuh layar di saat yang tepat. Kalau berhasil, maka dia akan dibunuh dengan sadis, sementara kalau gagal, well, jadilah dia "Final Girl" atau "Final Boy" yang berhasil lolos. Persis seperti filmnya, baik karakter terakhir ini selamat atau tidak, Jason pun akan melanjutkan petualangan bunuh-bunuhannya ke level berikutnya.

Komplikasi Medan Permainan yang Unik

Tapi tentu saja tidak seru apabila permainan tidak ada tantangannya kan? Oleh karena itu, Friday the 13th: Killer Puzzle menyediakan berbagai macam komplikasi di sebuah level seperti keberadaan air, api, lubang, dan lain sebagainya yang fatal bagi Jason. Namun hal yang fatal tersebut pun bisa dimanfaatkan untuk membunuh para muda-mudi, karena apabila Jason berhenti di dekat mereka, sang anak muda akan panik dan lari menjauhi Jason. Mereka bisa diarahkan untuk lari ke arah yang berbahaya dan tewas akibatnya.

Bantuan dari Ibu Jason, Pamela Voorhees

Apabila pemain merasa mentok dalam menyelesaikan sebuah level, mereka bisa meminta bantuan kepada Ibu Jason. Cukup sentuh kepala sang ibu di pojok kiri atas, dan dia pun akan memberikan sedikit hints mengenai cara menyelesaikan level yang bersangkutan. Tidak ada penalti sama sekali apabila menggunakan fitur ini. Asyik kan?

Tiga Mode Permainan

Ada tiga macam mode permainan yang bisa dinikmati oleh pemain, yaitu mode utamanya di mana Jason membunuhi para muda-mudi di sekitar Crystal Lake dan lokasi-lokasi lain, Murder Marathon yang menantang pemain untuk membunuh sebanyak-banyaknya tanpa gagal, serta Daily Death, semacam puzzle harian yang menantang pemain untuk berpikir setiap harinya.

Penuh Darah tapi Imut

Friday the 13th dikenal sebagai serial slasher yang penuh darah, dan Friday the 13th: Killer Puzzle ini pun tidak kalah berdarah-darahnya. Namun oleh karena karakter-karakternya hadir secara chibi dan imut, pembunuhan yang harusnya terlihat realistik tersebut jadi tampak lucu. Apalagi Jason juga memiliki berbagai macam persenjataan mematikan yang bisa di-unlock, mulai dari parang legendarisnya, pedang, kampak, hingga sepoci kopi (yang tetap mematikan). Dan tidak hanya di Crystal Lake saja, Jason pun bisa pergi membunuh di berbagai tempat seperti penjara atau tempat main ski yang penuh salju. Sebagai opsi, pemain juga bisa mematikan darah dalam game ini sehingga permainan menjadi lebih komikal dan cocok untuk semua umur.

Tidak Butuh Koneksi Internet

Asyiknya Friday the 13th: Killer Puzzle yang disajikan secara free-to-play ini adalah kemampuannya untuk dimainkan tanpa koneksi Internet. Ini berarti "fitur iklan" yang menghiasinya pun bisa disirnakan dengan lenyapnya koneksi Internet, dan pemain pun bebas memainkannya di mana pun yang tidak memiliki koneksi Internet seperti di pesawat terbang, di pegunungan, atau di Crystal Lake itu sendiri (awas Jason). Mikrotransaksi disediakan untuk pembelian Episode, kostum, serta kotak senjata yang isinya Gacha.

Meskipun Friday the 13th: Killer Puzzle adalah game asyik yang menyenangkan hati, namun sebenarnya game ini adalah sebuah reskin dari game Blue Wizard sebelumnya, Slayaway Camp. Meskipun demikian, harus diakui bahwa membunuh para muda-mudi yang menyebalkan sebagai Jason itu adalah faktor yang mengasyikkan. Yuk jadi Jason Voorhees yang imut dan bersihkan Crystal Lake dari para pengganggu menyebalkan!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top