REVIEW

Jadilah Dokter Gila yang Bisa Selamatkan Pasien Apa pun dalam Crazy Doctor!

Andy Chan   07 Mar 2018
Jadilah Dokter Gila yang Bisa Selamatkan Pasien Apa pun dalam Crazy Doctor!

Apakah kamu bisa menyelamatkan pasien-pasien yang butuh pertolongan darurat? Inilah kesempatanmu untuk mencoba menjadi seorang dokter dalam sebuah game unik untuk mobile karya CanadaDroid yang mereka beri judul Crazy Doctor. Dan sesuai dengan judulnya, Anda pun bisa memilih menjadi dokter yang baik atau dokter yang gila!

Crazy Doctor adalah sebuah game simulasi menjadi seorang dokter pinggiran alias dokter dengan fasilitas ala kadarnya, di mana pemain ditugaskan untuk menangani berbagai pasien yang datang dan meminta disembuhkan dari kondisi mereka. Ada pasien yang datang penuh dengan luka, ada juga pasien yang terlalu sering makan sehingga isi mulut dan perutnya penuh dengan sisa-sisa makanan yang mengerikan.

Setelah berbicara sejenak dengan para pasien dan mengetahui apa kira-kira keluhan mereka, maka permainan pun dimulai. Dalam meja operasi, pemain harus menggunakan berbagai macam tools yang disediakan di sebelah kiri dan kanan layar untuk berhasil menangani apapun masalah yang sedang mereka hadapi. Ada tool tangan untuk memeriksa ataupun mengambil barang dari pasien, ada tool penyedot untuk menghisap darah ataupun barang, ada tool pisau cutter untuk membedah, ada benang untuk menjahit, dan sebagainya.

Tingkat kesulitan dari Crazy Doctor sebenarnya tidak terlalu tinggi, pemain hanya perlu menyelesaikan operasi sebelum pasien kehabisan darah dan meninggal. Kesulitan sebenarnya adalah untuk mengingat tool yang mana digunakan untuk apa, serta mencari tahu apakah sang pasien masih memiliki masalah di posisi lain selain yang terlihat oleh mata.

Hati-hati karena terlalu sering berbuat salah akan mengakibatkan tewasnya sang pasien. Tentu saja, hal ini tidak menghalangi Anda sebagai pemain untuk bereksperimen dengan berbagai macam tools kepada sang pasien, alias melakukan malpraktek. Dan harus diakui, melakukan keisengan saat operasi justru lebih asyik dibandingkan dengan serius menyembuhkan sang pasien.

Tersedia sembilan orang pasien untuk ditangani oleh pemain, masing-masing dengan kondisi yang unik. Dan apabila pemain masih merasa kurang tertantang, ada opsi untuk mengganti tingkat kesulitannya dari Normal menjadi Hard. Bahkan setelah menyelesaikan kesembilan pasien tersebut, pemain pun akan naik tingkat dan bisa melanjutkan dari intern menjadi dokter, berikut dengan sembilan pasien baru lagi sampai total 27 orang pasien.

Pemain pun bisa melakukan upgrade pada tools yang mereka miliki dengan menggunakan koin yang didapatkan setelah mengoperasi pasien. Selain itu, pemain juga bisa membeli berbagai macam power up seperti menambahkan waktu, mengobati luka, healing, skip scene, serta hints mengenai langkah selanjutnya dalam operasi.

Semua itu dibungkus dalam grafik kartun yang terlihat kartun namun edan. Memang antarmuka dari game ini tidak terlalu intuitif, namun tampilan saat operasi berlangsung cukup fungsional. Pemain akan melihat darah menyiprat dari tubuh pasien, berbagai macam benda yang menancap di tubuh mereka, apakah itu tulang ikan ataupun serpihan kaca, dan sebagainya yang membuat simulasi operasi ini terlihat realistik namun edan. Bahkan lagu dari game ini pun terdengar edan, cocok sekali dengan tema "dokter gila" yang dibawakannya.

Crazy Doctor merupakan sebuah game yang bisa dimainkan secara cuma-cuma alias free-to-play. Game-nya tidak butuh Internet dan tidak ada sistem stamina / energi. Pemain juga bisa melakukan mikrotransaksi untuk membeli koin. Namun sayangnya, apabila pemain memilih untuk menyalakan Internet, maka dia pun akan dihajar bertubi-tubi dengan video iklan yang sangat menganggu, bahkan iklan tersebut keluar sebelum pemain berhasil masuk ke dalam game-nya. Ini tidak bisa diterima.

Jadi apakah game ini seru? Sangat seru! Asyik sekali menjadi seorang dokter gila dan mencoba untuk menemukan cara menyembuhkan para pasien dari penyakit mereka yang aneh-aneh. Sayangnya, cara untuk menyembuhkan mereka itu sangat spesifik, sehingga terkadang pemain butuh pertolongan walkthrough untuk bisa melewatinya. Selain itu, berhubung game ini sarat dengan iklan, apabila Anda ingin bisa menikmati game-nya, sebaiknya mainkanlah Crazy Doctor tanpa koneksi Internet.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top