REVIEW

Jadilah Ahli Reparasi, Repair Master 3D

Andy Chan   26 May 2020
Jadilah Ahli Reparasi, Repair Master 3D

Namanya juga perangkat elektronik, biasanya mereka akan rusak suatu saat. Jika perangkat elektronik kalian rusak, apa hal pertama yang kalian lakukan? Tentunya membuka browser dan mencari solusinya. Tapi seringkali, solusinya terlalu sulit untuk dilakukan, sehingga mau tidak mau, kalian harus menyerahkan perangkat elektronik tersebut ke seorang teknisi untuk direparasi. Nah, dengan game yang satu ini, kalian bisa menjadi seorang ahli reparasi perangkat elektronik lho! Inilah dia, Repair Master 3D!

Mereparasi Apa pun

Sebagai seorang ahli reparasi dalam Repair Master 3D, pemain akan bertanggung jawab untuk memperbaiki berbagai macam perangkat elektronik. Ada ponsel pintar, tentunya, barang yang hampir dimiliki oleh semua orang. Ada juga laptop, yang biasanya banyak masalah kalau penggunaannya tidak baik, bahkan sampai ke konsol handheld juga lho. Pokoknya, apapun masalah yang dihadapi para pemilik perangkat elektronik, kalianlah solusinya!

Bongkar Pasang Perangkat Elektronik

Pemain membongkar perangkat elektronik yang rusak dengan menggunakan layar sentuh. Tahan sentuhan pada baut untuk membukanya, geser ke atas pada tutup elektroniknya untuk membuka perangkat tersebut, lalu gantilah isi dari perangkat tersebut dengan komponen baru, atau perbaiki komponen yang masih bisa diperbaiki. Semua itu dilakukan dengan mudah, singkat, dan cepat, sehingga permainan terasa tidak monoton.

Upgrade Kantor

Setiap mereparasi perangkat elektronik milik konsumen, pemain akan dibayar sejumlah uang. Dengan uang inilah pemain bisa meng-upgrade kantor tempat mereka bekerja, mulai dari stasiun kerjanya, rak untuk menyimpan berbagai komponen dan lapto, hingga interiornya. Semua bisa di-upgrade per level dengan harga yang tentunya semakin lama semakin tinggi. Tapi nantinya, kantor tersebut akan tampak memuaskan hati setelah penuh dengan furniture yang cantik.

Tiga Dimensi yang Sederhana

Sesuai judulnya Repair Master 3D, tentunya game ini menghadirkan berbagai perangkat elektronik untuk diperbaiki dalam tiga dimensi. Dan memang tampak tiga dimensi, ketika pemain sedang bekerja melakukan reparasi, akan terlihat perangkat elektronik tersebut berputar-putar sesuai dengan lokasi yang perlu direparasi. Sayangnya, game ini sunyi senyap, tidak ada lagu ataupun efek suara sama sekali. Tapi paling tidak, ada efek vibration yang menggetarkan ponsel pintar ketika dimainkan.

Free-to-Play

Rollic Games menyajikan Repair Master 3D ini secara cuma-cuma, alias free-to-play. Tapi tentunya, ada banyak kompromi yang harus dilakukan oleh pemain, seperti menonton iklan untuk menambah pendapatan, dan juga agak memaksa pemain untuk menonton iklan tanpa mendapatkan reward apa-apa. Jadi sebaiknya game ini dimainkan tanpa koneksi Internet agar iklan-iklan tersebut musnah semuanya. Paling tidak, game ini tidak memiliki mikrotransaksi ataupun sistem stamina.

Dari ponsel pintar hingga smart watch dan kamera digital, semakin pemain memainkan game-nya, semakin bervariasi juga perangkat elektronik yang harus diperbaiki. Jadi meskipun game-nya cukup sederhana, namun Repair Master 3D ini ternyata cukup adiktif dan patut dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top