TIPS

Jadikan Waze sebagai Asisten Pribadimu

Dwi K   12 Sep 2018
Jadikan Waze sebagai Asisten Pribadimu

Sepertinya dalam kehidupan sehari-hari kita terutama para pengguna kendaraan, Waze menjadi salah satu kebutuhan yang sudah tidak dapat ditinggalkan. Waze sangat berguna untuk penunjuk jalan hingga menunjukan traffic. Bahkan memberitahu kita soal lokasi-lokasi polisi dan sebagainya. Tentu dengan menunjukkan traffic akan sangat menghemat waktu kita dan menghindarkan kita dari macet-macet yang tidak diinginkan.

Waze Travel and Transportation AndroidiOS Free Download Download

Nah ternyata Waze bisa dioptimalkan layaknya asisten pribadi. Nah bagaimana caranya? Simak artikel pada berikut ini.

Memilih Rute Terbaik

Sejatinya, Waze akan memberikan rute-rute terbaik untuk perjalanan kita berdasarkan keadaan dijalan. Terkadang memang saran rute yang diberikan merupakan rute terjauh namun dengan waktu tempuh yang lebih cepat (berdasarkan kalkulasi aplikasi tentunya).

Namun jika kita ingin memilih rute yang lebih dekat, Waze pun memberikan beberapa pilihan alternative rute supaya kita bisa memilih rute yang kita inginkan.

Jika kita ingin memilih rute lain, pilih menu Routes dan kita bisa memilih alternative rute selain yang disarankan.

Sinkronisasi dengan Kalender

Banyak dari kalangan professional menggunakan Waze untuk kebutuhan bepergian sehari-hari. Waze juga dapat berguna jika kita sinkronisasi dengan kalender kita.

Jika appointment kita pada kalender memiliki alamat, maka Waze akan membaca informasi ini, dengan otorisasi dari kita tentu, dan akan menyediakan rute-rute pilihan tanpa kita harus menuliskan kembali rute pada aplikasi.

Cukup pilih menu Settings pada smartphone kita lalu pilih Calendar maka kita bisa sinkronisasi kalender dengan Waze.

Sinkronisasi Kontak

Sinkronisasi ini tidak berbeda jauh caranya dengan sinkronisasi kalender. Jika kita melakukan ini, kita akan bisa melihat profil teman kita dengan klik Namanya. Kita juga dapat mengirimkan estimasi waktu perjalanan kita sehingga teman kita tahu kapan waktunya kita tiba.

Caranya peri ke Settings lalu pilih Account & Login lalu tap Phone Number. Masukkan nomor handphone kita agar kode validasi bisa dikirimkan melalui SMS.

Jika sudah selesai dilakukan, maka kita bisa memilih icon Friends yang berada dibawah kanan layar dan pilih Allow access to contacts dan kita sudah bisa sinkronisasi kontak kita ke Waze dan menggunakan fitur estimasi waktu ke teman kita.

Mengganti Suara

Mungkin kita lama kelamaan akan jenuh dengan suara bawaan dari Waze karena kita mendengarnya berulang kali hamper setiap hari.

Waze memberikan berbagai pilihan dengan beberapa pilihan yang terkadang unik dan kocak. Kita bisa memilih bagai mana suara Waze pada menu Settings lalu pilih Sound & Voice dan pilih Voice directions. Kita juga bisa merekam suara kita sendiri untuk menjadi suara arahan Waze. Masih pada menu Sound& Voice lalu pilih Record my voice untuk merekam suara kita berdasarkan arahan.

Nah demikianlah tips-tips agar Waze bekerja seperti asisten pribadi kita dan sesuai dengan keinginan kita. Memang banyaklagi yang belum dibahas sperti Pemberitahu Speed Limit namun di Indonesia masih sangat jarang Speed Limit seperti di negara lain.

Apakah ada yang ingin ditambahkan? Komentar dibawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top