REVIEW

Jadi Bintang Rock di Queen: Rock Tour

NanaMiku   17 Apr 2021
Jadi Bintang Rock di Queen: Rock Tour

Siapa sih yang tidak kenal dengan Queen? Band asal Inggris ini sangatlah legendaris. Lagu Queen pun ada banyak jumlahnya dan bervariasi. Karena itu, Queen sebenarnya adalah tema yang pas untuk dijadikan game.

Melihat kekosongan ini, Universal Music berkolaborasi dengan Gameloft untuk menghadirkan game Queen untuk smartphone. Dalam game yang berjudul Queen: Rock Tour, kalian bisa merasakan seperti apa rasanya jadi bintang rock layaknya anggota Queen.

Sudah pasti kalau game mobile ini adalah rhythm game. Dalam Queen: Rock Tour, kalian harus memainkan lagu-lagu Queen sambil menekan tombol yang turun dari atas ke bawah sesuai irama. Selain itu, kalian juga bisa melihat sejarah dan trivia Queen sepanjang kalian bermain.

Rhythm Game yang Sederhana

Gameplay utama dari Queen: Rock Tour tentunya adalah rhythm game. Kalau kalian pernah bermain rhythm game di smartphone tentunya sudah tidak asing lagi dengan gameplay game ini. Tombol-tombol yang kalian tekan akan turun dari atas. Ketika posisi tombol pas di lingkaran di bawah dan sesuai irama, kalian harus menekan tombol itu. Kalau berhasil menekan tombol sesuai irama, kalian akan mendapatkan rating “Perfect” di tombol tersebut. Rating “Perfect” akan mengisi bar yang ada di bawah layar. Ketika sudah penuh maka power up akan aktif dan tombol kalian akan selalu menghasilkan rating “Perfect” untuk waktu terbatas.

Tombol yang ditekan ada beberapa variasi seperti yang hanya perlu tekan sekali, ada yang harus kalian tahan, dan ada juga yang kalian harus geser. Kalau kalian perhatikan, tombolnya hadir dalam berbagai warna. Warna-warna ini mewakilkan anggota Queen. Kalau kalian kelewatan salah satu tombolnya, maka alat musik yang dimainkan oleh anggota tersebut akan mati suaranya. Suara baru akan muncul lagi kalau kalian berhasil menekan tombol untuk warna anggota tersebut.

Sayangnya sebagai rhythm game, Queen: Rock Tour memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan yang cukup fatal adalah tidak bisa setting timing menekan ritme dan waktu menekan tombolnya. Hal ini cukup mengganggu buat karena biasanya timing setiap orang berbeda-beda.

Belum lagi game sistem combo yang akan muncul ketika berhasil menekan tombol tanpa putus. Queen: Rock Tour hanya menghitung rating “Perfect” untuk bisa membentuk combo. Sayangnya timing yang kurang cocok akan sering membuat kalian mendapatkan rating “Great” setiap kali menekan tombol ritme.

Kekurangan lainnya adalah soal tombol warna-warni yang mewakilkan anggota Queen. Urutan keluar warnanya cukup acak, jadi apabila kalian kelewatan warna biru yang mewakilkan suara gitar alunan Brian May dan warna biru tidak muncul-muncul lagi, nanti lagunya akan kehilangan suara gitar untuk beberapa saat.

Grafis yang Imut

Queen: Rock Tour tampil dalam grafis 3D dan anggota Queen tampil dalam wujud chibi yang imut. Di saat bermain, kalian bisa melihat aksi para anggota Queen yang sedang konser. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengubah tampilan anggotanya secara bebas.

Sejarah Queen

Dalam game ini, kalian akan mengikuti sejarah Queen dari pertama kali berdiri hingga konser penampilan Freddy Mercury terakhir di Magic Tour tahun 1986. Kalian bisa bermain lebih dari 20 lagu Queen yang dibagi sesuai dengan tahun-tahunnya.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa melihat cuplikan sejarah pada tahun-tahun legendaris dan juga trivia yang berhubungan dengan Queen seperti detil mengenai logo Queen dan gitar milik Brian May adalah buatan sendiri.

Hanya Demo

Queen: Rock Tour memang bisa di-download dan dimainkan secara gratis di Android dan iOS. Game-nya pun bisa kalian mainkan secara offline. Namun sayangnya ternyata versi gratis hanyalah demo. Untuk mengakses semua kostum dan lagu, kalian harus membeli game-nya dengan harga 42.000 rupiah (belum termasuk pajak).

Untuk versi gratis, kalian hanya bisa bermain 2 lagu saja dan kostum hanya bisa melihat cuplikan tapi tidak bisa dikenakan. Untungnya terdapat ruang Latihan yang berisikan cuplikan 30 detik dari semua lagunya. Sedangkan yang lagu bisa kalian mainkan secara penuh hanyalah Keep Yourself Alive dan Seven Seas of Rhye.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top