NEWS GADGET

Per Tahun ini, iPhone Bakal Kehilangan Notch-nya

Anduril   10 Mar 2020
Per Tahun ini, iPhone Bakal Kehilangan Notch-nya

Sepertinya tahun ini Apple akan meningkatkan kemampuan iPhone, terutama di sektor kamera pada perangkat terbarunya tahun ini. Smartphone yang diprediksi akan hadir dengan nama iPhone 12 Pro kabarnya tidak akan membawa banyak perubahan dari segi desain, namun menawarkan beberapa update penting dari segi hardware.

Seorang tipster bernama Max Weinbach mengungkapkan bahwa Apple sudah mengembangkan sebuah purwarupa perangkat yang memiliki kamera belakang 64MP. Tidak hanya itu, perusahaan tersebut kabarnya juga akan meningkatkan kemampuan zoom di iPhone.

Kendati begitu, Appe tampaknya menghindari penggunaan lensa periskop dalam perangkat buatannya. Perusahaan ini kemungkinan besar akan melakukan langkah serupa dengan Google, yakni mengandalkan software untuk meningkatkan kemampuan zoom kameranya. Dengan kata lain, Apple akan menggunakan digital cropping.

Dilansir dari PhoneArena (6/3) Apple juga dilaporkan akan menambah dukungan Night Mode untuk modul telefoto di iPhone 12 Pro. Tidak hanya itu, Apple bahkan berencana memberikan dukungan yang sama ke modul ultra wide angle dan selfie-nya. Sayangnya sampai saat ini masih ada beberapa masalah software untuk melakukan hal itu.

Untuk memberikan dukungan itu, Apple juga dilaporkan akan meningkatkan aperture kamera ultra wide angle di iPhone 12 Pro. Bukaannya akan meningkat sebesar 35%, menjadi f/1.6. Hal ini akan memungkinkan sensor kamera untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Rumor lain juga menyebut kalau Apple kemungkinan akan menghilangkan notch dari iPhone. Sebagaimana diketahui, Apple merupakan perusahaan pertama yang mengadopsi konsep notch di iPhone X series. Notch yang berukuran cukup besar itu menjadi rumah bagi serangkaian sensor untuk menjalankan fitur Face ID.

Dengan menghilangkan notch, sensor-sensor Face ID itu kabarnya akan diletakkan pada bezel iPhone. Apple dilaporkan mencoba kemungkinan untuk menggunakan lensa periskop khusus untuk sensor Face ID. Kendati begitu, tampaknya konsep itu belum akan diberikan Apple tahun ini.

Di samping itu, kapasitas baterai iPhone 12 Pro kabarnya juga akan lebih tinggi dari seri sebelumnya. Ini kemungkinan untuk mengakomodir koneksi 5G di perangkat tersebut. Untuk itu, Apple akan menyematkan baterai berkapasitas 4400mAh untuk seri iPhone 12 Pro Max. Sebagai pembanding, iPhone 11 Pro Max hanya hadir dengan baterai berkapasitas 3969mAh.

Perlu ditekankan bahwa ini baru sebatas rumor saja. Implementasinya belum dapat dipastikan hingga saat ini. Ada kemungkinan juga kalau Apple akan menghadirkan perangkat dengan spesifikasi yang justru berbeda dengan apa yang dirumorkan saat ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top