REVIEW

iPhone 8 Plus vs Galaxy Note 8: Kamera Mana yang Lebih Unggul?

Dikdok   13 Oct 2017
iPhone 8 Plus vs Galaxy Note 8: Kamera Mana yang Lebih Unggul?

iPhone 8 Plus memang tidak menghadirkan spesifikasi yang sehebat Samsung Galaxy Note 8. Namun, untuk urusan kamera, janganlah sampai meremehkan kualitas iPhone 8 Plus. Hadir dengan balutan lensa ganda 12 megapixel, perangkat baru milik Apple ini dapat menghadirkan kualitas gambar yang tidak kalah jika dibandingkan dengan smartphone milik rivalnya itu.

Sebagaimana pengujian yang telah dilakukan oleh CNET akan kualitas eksposur, warna, dan autofokus dari kedua smartphone, frame gambar dari video yang direkam iPhone 8 Plus dapat menghasilkan warna yang lebih cerah dan berwarna. Begitu pun dengan warna kulit. Pada Galaxy Note 8, warna kulit yang dihasilkan jadi terlihat lebih pudar dan datar.

Berbicara mengenai autofokus yang dimiliki oleh kedua smartphone tersebut, didapati bahwa Galaxy Note 8 mampu memberikan autofokus yang lebih cepat jika dibandingkan dengan iPhone 8 Plus. Namun, saking cepatnya, hasil yang didapatkan malah terlihat seperti tersentak-sentak. Sebaliknya, iPhone 8 Plus akan menyesuaikan fokus secara perlahan-lahan dengan hasil yang halus, lebih alami, dan sinematis.

Galaxy Note 8 baru akan bisa mengungguli iPhone 8 Plus ketika dibandingkan dari segi kestabilan lensa. Pasalnya, lensa kamera yang digunakan oleh Galaxy Note 8 dilengkapi dengan dual optical image stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS), berbeda halnya dengan iPhone yang hanyalah memiliki satu OIS di bagian lensanya.

Beralih menuju pada sektor kamera depan, iPhone 8 Plus kembali mengungguli rivalnya tersebut. Perangkat besutan Apple ini mampu menghasilkan kualitas swafoto dengan kontras, warna serta cahaya yang lebih baik jika dibandingkan dengan Galaxy Note 8.

Pada perekaman video, kedua smartphone high-end ini sama-sama telah mendukung kemampuan merekam video 4K. Namun, kemampuan merekam video 4K di iPhone 8 Plus jelaslah akan dua kali lebih baik karena mendukung frame rate 60fps, lebih baik jika dibandingkan dengan Galaxy Note yang hanya mendukung 30fps.

Kemenangan pun bisa didapatkan oleh iPhone ketika membandingkan perekaman video gerak lambat (slo-mo), iPhone 8 Plus lebih superior karena mampu merekam video slo-mo 1080 pada 120fps/240fps. Sedangkan, Galaxy Note hanyalah mampu merekam video slo-mo 1080p pada 120fps dan 720p di 240fps.

Pada perekaman video di cahaya yang minim, iPhone 8 Plus memberikan eksposur yang lebih gelap. Namun begitu, hasil rekaman video dari iPhone 8 Plus bakal terlihat lebih bersih dan tajam dengan noise yang sedikit. Sementara, Galaxy Note akan menghasilkan video dengan noise yang cukup banyak.

iPhone 8 Plus juga mampu mengatasi perekaman video dengan sumber cahaya yang sangat terang dari matahari secara langsung. Mengenai hasil yang didapatkannya, kamera iPhone akan menghasilkan video dengan lensa suar yang lebih halus. Sebaliknya, akan terlihat banyak lensa suar dan berkabut di Galaxy Note 8.

Itulah beberapa perbandingan spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note 8. Yang perlu dicamkan, setiap perangkat bakal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan akhirnya pun bakal tergantung di tanganmu untuk memutuskan akan memilih yang mana!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top