REVIEW

Interview dengan Developer terkait Star Wars: Starfighter Missions

en19ma   28 Jul 2020
Interview dengan Developer terkait Star Wars: Starfighter Missions

Setelah Joymax Corp mengumumkan dimulainya pre-registration untuk Star Wars: Starfighter Missions pada bulan Juni lalu, kegembiraan di antara para penggemar dan pemain Star Wars telah bertumbuh. Interview terbaru dengan para produser utama dari Joymax dan Lucasfilm pun belum lama ini telah dilakukan terkait judul baru dari mereka yang telah banyak dinanti tersebut.

Craig Derrick, Managing Producer di Lucasfilm Games, dan Sun-gu Park, PD dari Joymax, menjelaskan fitur-fitur utama, gameplay, tahap development yang sedang ditempuh saat ini, dan fakta-fakta yang menyenangkan dari mobile flight shooter game Star Wars perdana, Star Wars: Starfighter Missions.

Mendapat giliran pertama utuk di-interview adalah Craig Derrick, Managing Producer di Lucasfilm, yang berbicara tentang apa saja yang membuat game ini menjadi unik dan bagaimana hal tersebut mampu membawa adu dogfight yang memacu adrenalin dari Star Wars ke hadapan gamer mobile.

Banyak gamer Star Wars di Asia yang sangat bersemangat setelah pengumuman awal. Menurut Anda, fitur apa yang dimiliki oleh Star Wars: Starfighter Missions, yang bakal membedakannya dari game-game Star Wars yang sudah ada?

Kami senang bahwa kegembiraan dengan penggemar dan gamer telah bertumbuh untuk Star Wars: Starfighter Missions, dan berharap agar semua orang bisa segera memainkannya. Ada beberapa aspek dan fitur yang membuat game ini menjadi unik dan berbeda dari game-game mobile Star Wars lain yang kami kembangkan. Namun, bagi saya, kemampuan untuk mengambil beberapa starfighter, dan menukar mereka untuk masuk dan keluar dari panasnya pertempuran, adalah apa yang benar-benar membedakan game ini dari game-game Star Wars lainnya. Fitur ini memungkinkan pemain untuk menyusun strategi menyoal bagaimana mereka akan menyelesaikan misi-misi yang ada. Ini juga adalah cara yang baik untuk kembali menghubungkan pada apa yang kita lihat di film-filmnya, seperti Red Squadron, yang salah satu di antaranya adalah Red 5 milik Luke Skywalker, selama Battle of Yavin, dimana Death Star dihancurkan.

Kami ingin tahu, mengapa Anda memilih starfighter dari trilogi awal dan sekuel di antara banyak era dalam Star Wars?

Game ini adalah menyoal bermain pertarungan antariksa yang bergerak cepat dan tanpa henti dengan skuadron, yang terdiri dari beberapa pilot paling terkenal dan banyak starfighter yang ikonik dari saga Star Wars. Untuk melakukannya dengan benar, Anda harus memberi hanggar yang indah dan penuh dengan para starfighter ini kepada pemain, perkenalkan mereka dengan pilot-pilot dari seluruh galaksi, dan biarkan pemain menyusun strategi menyoal bagaimana mereka ingin membangun skuadron mereka. Jadi, kami mulai dengan para starfighter dari trilogi awal untuk memungkinkan para penggemar untuk mewujudkan impian mereka untuk menerbangkan para starfighter yang ikonik yang telah mereka lihat di layar lebar. Jadi, pada awal perjalanan di Star Wars: Starfighter Missions, pemain akan dapat menerbangkan pesawat, seperti Millennium Falcon, Slave I, X-wings, dan TIE fighters. Dari sana, fokus kami adalah untuk mendapatkan beberapa pesawat kami yang terbaru dan paling menarik ke tangan para pemain. Itulah sebabnya maka kami memutuskan untuk menyertakan pesawat-pesawat dari trilogi sekuel juga.

Bagaimana rasanya bekerjasama dengan Joymax dan membawa pengalaman Star Wars yang otentik ke Star Wars: Starfighter Missions?

Di Lucasfilm Games, kami selalu sangat berhati-hati ketika bekerjasama dengan kolaborator kami di seluruh dunia. Sejak awal, produser kami, Peter Cesario, bersama dengan tim kreatif kami, bekerja erat dengan tim di Joymax untuk membantu memastikan bahwa Starfighter Missions terlihat, terasa, dan terdengar seperti permainan Star Wars yang benar-benar otentik.

Untungnya, tim di Joymax penuh dengan para penggemar Star Wars, dan sangatlah akrab dengan cerita dan karakter dari berbagai filmnya. Kejutan lain yang menyenangkan yang kami miliki sejak awal dalam pengembangan adalah mengetahui bahwa salah satu produsen di tim sebelumnya telah bekerjasama dengan kami pada permainan Star Wars lainnya. Ini memungkinkan kedua tim untuk segera bekerjasama secara kolaboratif. Jadi, kita dapat menghemat waktu untuk mempelajari Star Wars, sehingga ada semakin banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan ide dan fitur desain game yang hebat.

Terakhir, untuk para penggemar Star Wars di luar sana, yang mungkin tidak terbiasa untuk memainkan video game, menurut Anda, apa yang membuat mereka bisa tertarik dengan Star Wars: Starfighter Missions?

Starfighter Missions adalah game mobile yang tampak cantik untuk dimainkan dengan daftar pilot dan kendaraan starfighter yang luar biasa, tetapi saya pikir, para penggemar Star Wars, khususnya, akan senang untuk mengambil bagian dalam berbagai pertempuran yang ikonik dari film-filmnya. Sekarang, Anda dapat mengalami sendiri bagaimana rasanya untuk mengendalikan snowspeeder di Hoth atau terbang menuju Death Star di mana pun Anda dapat membawa ponsel Anda itu.

Selanjutnya, intiplah beberapa fitur dan pengembangan flight shooter baru ini bersama dengan Sun-gu Park, PD dari Joymax.

Anda telah mengembangkan banyak game di Joymax. Bagaimana perasaan Anda ketika pertama kali mendengar bahwa Anda akan membuat game Star Wars?

Saya sangat senang dan bersemangat! Sejak kanak-kanak hingga sekarang, saya menonton saga Star Wars. Saya adalah penggemar berat dari Star Wars, dan tidak hanya menikmati film, tetapi juga game Star Wars. Salah satu alasan bagi saya memutuskan untuk menjadi pengembang game karena saya sangat menikmati bermain game Star Wars. Seperti mimpi yang menjadi kenyataan pada saat mengetahui bahwa saya akan membuat game Star Wars untuk generasi baru dari penggemar dan gamer Star Wars.

Sangat menarik untuk melihat customizing system dan upgrade system untuk starfighters. Biasanya, fitur-fitur ini terlihat dalam game RPG. Bisakah Anda memberitahukan bagaimana fitur dan sistem ini akan mempengaruhi gameplay?

Sementara kami ingin Star Wars: Starfighter Missions bisa menjadi game penuh aksi yang mirip dengan game shooter klasik, kami juga benar-benar ingin agar para pemain dapat menikmati pengalaman yang lebih mendalam daripada sekadar hanya membuat level-level yang ada menjadi lebih sulit pada saat mereka melanjutkan permainan. Tidak seperti dalam game shooter klasik, pemain akan dapat memperoleh starfighter baru, meng-upgrade pesawat-pesawat itu, dan memberikan skin pada starfighters mereka yang sesuai dengan keinginan mereka atau memilih untuk tetap tampil otentik seperti filmnya. Misalnya, pemain akan dapat memperoleh Millennium Falcon klasik dari Han Solo, dan pada saat mereka naik level dalam campaign, mereka akan dapat memperoleh skin baru. Favorit saya secara pribadi adalah skin keren yang membuat Falcon jadi berwarna hitam dan hijau, bukanlah abu-abu seperti biasanya.

Pemain juga akan dapat meng-upgrade starfighter favorit mereka dan mengumpulkan pasukan yang strategis berdasarkan pertempuran mereka yang berikutnya.

Apakah ada role atau ability khusus untuk setiap starfighter yang dapat dikumpulkan oleh pemain?

Starfighter dalam Star Wars: Starfighter Missions memiliki ability khusus yang bergantung pada model dan kelas dari starfighter tersebut. Sebagai contoh, starfighters kelas interceptor memiliki mobilitas yang sangat baik dan bisa menembakkan peluru kendali untuk menyerang musuh. Starfighter kelas bomber tidak memiliki mobilitas yang tinggi, tetapi mereka mampu menembakkan torpedo proton yang dapat menimbulkan kerusakan besar pada pesawat musuh yang berukuran besar. Dan, juga ada starfighters kelas fighter, yang merupakan starfighters yang seimbang dengan ability yang juga seimbang.

Selain itu, ada starfighters kelas hero, dengan karakter-karakter yang ikonik dari filmnya seperti Luke Skywalker dan Darth Vader, yang memiliki ability Force yang spesial sebagai bagian dari skill milik mereka. Karakter-karakter yang menggunakan Force akan memberikan tambahan waktu kepada pemain untuk bereaksi terhadap musuh yang datang dan memiliki skill yang unik untuk menghabisi starfighter milik musuh dalam satu tembakan saja.

Memampukan pemain untuk memasuki pertempuran dengan wingman milik mereka adalah fitur yang unik dari permainan ini. Apakah ada tips untuk mendapatkan skor tinggi dan kombinasi starfighters yang direkomendasikan?

Dalam Star Wars: Starfighter Missions, pemain akan memasuki pertempuran dengan membentuk skuadron mereka sendiri secara strategis yang terdiri dari para starfighter yang berbeda dari kelas yang berbeda dan dapat menukar mereka untuk masuk serta keluar selama pertempuran. Ini adalah fitur yang tidak akan Anda lihat di sebagian besar game shooter klasik, tetapi menyusun strategi untuk menggunakan starfighters yang tepat adalah penting untuk menentukan kemenangan atau kekalahan pemain. Pemain harus membangun skuadron terbaik dengan mempertimbangkan kelas dan ability dari setiap starfighter.

Juga, ketika pemain menukar starfighters selama pertempuran, tag skill pada starfighters bakal diaktifkan, sehingga dapat memberikan kerusakan yang besar pada musuh. Untuk mencapai skor tertinggi, pada saat menghadapi banyak pesawat musuh atau pesawat besar dengan pertahanan yang kuat, pemain dapat mengubah kondisi pertempuran dengan memanfaatkan tag skill. Ketika kekuatan skuadron ditingkatkan setelah tag skill diaktifkan, maka pemain dapat mengharapkan terjadinya serangan yang lebih kuat dengan menggunakan skill spesial juga.

Ada banyak reaksi yang positif terhadap kualitas grafis yang tinggi dalam game ini, dan jelas, ada banyak perhatian terhadap tingkat kedetailan yang realistis terkait tampilan starfighter dan planet. Menurut Anda, fitur apa yang akan lebih disukai oleh pemain ketika mereka mengunduh game ini?

Kami telah melalui banyak cara dan gaya yang berbeda untuk menyesuaikan apa yang akan Anda lihat dalam Starfighter Missions, tetapi kami pada akhirnya ingin menunjukkan Star Wars seperti yang akan Anda lihat di film-filmnya sehingga dengan bantuan dari Lucasfilm, kami dapat kembali membuat starfighters dengan grafis 3D yang berkualitas tinggi.

Ke depannya, kami sedang bersiap untuk menyediakan konten sosial yang lebih dalam, dimana para pemain dapat membentuk tim dan bekerjasama untuk tujuan yang sama.

Kami berharap permainan ini dapat meningkat dan tumbuh bersama dengan pemain yang menyukainya. Kami akan melakukan yang terbaik untuk menyediakan konten dimana pemain dapat menetapkan objektif yang berkelanjutan dan menggunakan sumber daya yang terakumulasi dalam game.

Terima kasih sekali lagi kepada para developer dari Lucasfilm dan Joymax, yang telah meluangkan waktu mereka untuk interview ini. Jangan terlupa untuk mengikuti pre-registration atas Star Wars: Starfighter Missions yang sedang berlangsung di Korea, Jepang, dan negara-negara terpilih di Asia melalui Google Play Store, Apple App Store, dan situs resmi (http://www.starwarsstarfightermissions.com).

Lucasfilm, logo Lucasfilm, STAR WARS, dan properti terkait adalah merek dagang dan / atau hak cipta, di Amerika Serikat dan negara lain, dari Lucasfilm Ltd. dan/atau afiliasinya. © & ™ Lucasfilm Ltd. Hak cipta dilindungi undang-undang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top