TIPS

Internet Mati? Gunakan Fitur Tethering di Smartphone Android

Andy Chan   18 Dec 2016
Internet Mati? Gunakan Fitur Tethering di Smartphone Android

Semua orang pasti pernah mengalami kondisi Internet yang mati, baik itu karena gangguan dari jaringan mau pun provider Internet-nya memang sedang bermasalah. Tidak ada hal yang lebih membuat kesal selain padamnya Internet ketika seseorang sedang sibuk bekerja, menonton YouTube, browsing Internet, atau pun sedang asyik bermain game di PC.

Salah satu solusi untuk tetap bisa menggunakan Internet ketika terjadinya gangguan pada provider Internet kabel adalah dengan menggunakan smarpthone Android, yaitu dengan sebuah fitur yang dinamakan Tethering. Rata-rata smartphone Android sekarang sudah memiliki fitur Tethering, dimana dengan berbekal fitur ini, pengguna bisa menjadikan smartphone Android-nya sebagai sebuah Wi-Fi Hotspot.

Biasanya, cara mengaktifkan Tethering ini hanyalah dengan masuk ke Settings, pilih More Settings, dan terdapat menu yang bernama "Tethering and portable hotspot." Dengan menyalakan fitur Wi-Fi hotspot inilah sebuah smartphone Android bisa berfungsi sebagai penyedia Internet. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Tethering ini agar bisa lebih maksimal.

  1. Pastikan kuota Internet di smartphone Anda

    Tentunya, Anda sudah memiliki paket Internet di smartphone Anda, namun ada baiknya untuk mengecek berapa banyak dari kuota Internet yang masih tersisa sebelum menggunakan fitur Tethering ini. Cek juga kebutuhan Anda, apabila hanya untuk bekerja, berkirim e-mail, atau pun bermain game, biasanya tidak membutuhkan kuota terlalu banyak. Yang pasti, apabila kuota Internet Anda terbatas, jangan coba-coba untuk menonton YouTube, apalagi menontonnya dengan menggunakan resolusi 1080p, ya.

  1. Jaga jangan sampai baterai smartphone habis

    Fungsi Tethering itu sangatlah banyak dalam menggunakan daya pada smartphone, sehingga sangat disarankan untuk agar gadget tersebut disambungkan ke sumber daya, alias di-charge. Jangan sampai baterai mendadak habis karena lupa diperiksa sisa dayanya.

  1. Gunakan Ping App untuk menjaga stabilitas koneksi Internet

    Apabila lama tidak ada aktivitas pada Internet, beberapa smartphone cenderung untuk mematikan Internet secara sementara sampai diminta kembali oleh penggunanya. Hal ini tentunya sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang hobi bermain game. Sebagai contoh, Grand Theft Auto Online biasanya tidak terus-menerus melakukan koneksi Internet, hanya kalau game-nya sedang meminta data saja, sehingga apabila sedang bermain terlalu lama, smartphone-nya bisa jadi malah memutuskan koneksi dan terkena logout. Menyebalkan, bukan? Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan app bernama Ping. App ini bisa diberi perintah untuk selalu melakukan ping setiap beberapa detik (biasanya orang menyuruh Ping ke Google), sehingga smartphone akan senantiasa memiliki aktivitas dan tidak mematikan Internet.

  1. Matikan semua auto-update

    Ini merupakan hal yang biasanya dilupakan oleh pengguna. Windows, Steam, dan berbagai program di PC Anda biasanya memiliki fitur auto-update. Hal ini bisa menyedot kuota Internet smartphone, dan yakinlah bahwa Anda tidak menginginkan hal ini sampai terjadi. Jadi, pastikanlah untuk mematikan fitur auto-update terlebih dahulu sebelum menggunakan Tethering.

Demikianlah beberapa tips dalam menggunakan fitur Tethering pada smartphone Android milik Anda. Jadi, jangan sampai berputus asa ketika Internet Anda mendadak mati, ya. Ada Tethering yang siap membantu Anda, kok.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top