NEWS

Instagram Resmi Luncurkan Fitur Guides untuk Semua Pengguna

Christa   25 Nov 2020
Instagram Resmi Luncurkan Fitur Guides untuk Semua Pengguna

Fitur Guides atau Panduan pada Instagram kini sudah tersedia untuk penggunanya. Namun, fitur ini hanya tersedia pada Instagram versi terbaru. Guides adalah cara baru dalam menggunakan Instagram sebagai media untuk berbagi dan menikmati konten-konten menarik. Fitur ini akan mempermudah penggunanya untuk berbagi rekomendasi tempat, produk, tips dan trik serta posting-an tema lainnya.

Diperkenalkan pada Mei lalu, Instagram Guides mulanya hanya bisa digunakan oleh segelintir content creator. Konten yang dibahas adalah kesehatan mental, yang menjadi dukungan untuk orang-orang di masa pandemi Covid-19. Fitur ini dapat ditemui di halaman profil masing-masing pengguna.

Simbolnya menyerupai buku dan berbentuk posting-an panjang layaknya blog pada umumnya. Hal ini tentu mempermudah follower atau pembaca, agar tidak perlu lagi untuk membuka link website atau blog eksternal. Kemudian, konten pada Guides dapat dibagikan melalui Instagram Direct Message (DM) dan Story.

Membuat posting-an Guides cukup mudah. Pertama, klik tanda (+) pada halaman profil pengguna dan pilih Guide atau Panduan. Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan tiga pilihan yang berbeda pada Guide, yakni Places (tempat), Products (produk), dan Posts (posting-an).

Dari situ, pengguna bisa menyesuaikan konten apa yang ingin dihadirkan pada Instagram Guides masing-masing. Mulai dari memberi caption, judul, hingga deskripsi pada konten yang ingin direkomendasikan.

Selain Guides, Instagram juga menyediakan update terbaru pada Instagram Search. Sebelumnya, search hanya dapat digunakan untuk mencari nama, username, hashtag, dan lokasi. Kini, pengguna Instagram dapat melakukan pencarian menggunakan kata kunci.

Artinya, Instagram akan menghadirkan seluruh posting-an yang menyertakan kata kunci yang sedang dicari. Tentunya, hal ini mempermudah penggunanya untuk mencari konten yang mereka inginkan.

Saat ini, pembaruan untuk search masih terbatas di negara-negara tertentu, seperti Amerika, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia. Belum ada kabar pasti kapan pembaruan search ini akan tersedia secara global nantinya. Namun, untuk saat ini, pengguna Instagram termasuk di Indonesia, dapat mencoba fitur Guides terlebih dahulu sambil menunggu pembaruan search dari Instagram.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top