LOADING
REVIEW

Inilah Tanda-tanda Gadget Kalian telah Terinfeksi Virus

Dikdok   19 Feb 2018
Inilah Tanda-tanda Gadget Kalian telah Terinfeksi Virus

Infeksi virus terhadap gadget tentunya menjadi salah satu hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika hal tersebut menimpa kita secara langsung.

Sebuah gadget yang telah terinfeksi oleh virus tentunya akan mengalami banyak permasalahan yang mengganggu. Lalu apa saja kira-kira permasalahan yang akan dirasakan ya? Mari simak bersama-sama:

1. Iklan-iklan yang Tidak Diperlukan

Ketika sebuah gadget terinfkesi virus berupa "bug", di beberapa kejadian gadget tersebut akan sering menampilkan sebuah iklan. Iklan yang muncul ini sebenanrnya merupakan sebuah "pintu" bagi para hacker untuk bisa mengakses seluruh data dari gadget tersebut, apabila iklan tersebut dibuka baik secara sengaja atau tidak sengaja.

2. SMS dan Panggilan Telepon yang Tidak Terduga

Hal lainnya yang mungkin terjadi ketika sebuah gadget terkena virus adalah gadget tersebut bisa melakukan pengiriman pesan atau panggilan telepon sendiri secara tidak terduga. Terasa cukup aneh bukan? Namun hal tersebut bisa saja terjadi ketika gadget tersebut telah berhasil diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Daya Baterai yang Lemah

Pernahkah kalian merasa bahwa baterai smartphone kalian secara mendadak cepat habis? Hal tersebut selain karena kebocoran baterai, bisa juga terjadi karena adanya malware di dalam smartphone. Secara sederhana, malware tersebut akan menyamar sebagai salah satu program di dalam smartphone dan terus bergerak di background. Hal inilah yang menyebabkan smartphone terus bekerja tiap saat dan baterai smartphone menjadi cepat habis.

4. Lagging atau Freezing dan Booting yang Lama

Freezing atau Lag mungkin menjadi salah satu hal yang umum dirasakan pengguna ketika gadgetnya terinfeksi oleh virus. Hal tersebut memang wajar terjadi, karena salah satu masalah yang dibawa virus adalah menurunkan performa dari sistem yang dimiliki gadget.

5. Munculnya Aplikasi yang Tidak Diunduh

Apabila secara tiba-tiba muncul aplikasi asing yang tidak pernah kalian unduh, bisa jadi hal tersebut dikarenakan ada malware atau adware yang bersarang pada gadget kalian.

6. Wifi dan Bluetooth Restart Sendiri

Matinya WiFi dan Bluetooth secara tiba-tiba biasnya disebabkan karena adanya kerusakan dari file sebuah sistem operasi. Tentunya yang bisa menyebabkan kerusakan file tersebut salah satunya adalah karena adanya infeksi dari virus.

7. Fitur Pencarian Tidak Bisa Digunakan

Malware atau Adware juga bisa menyebabkan fitur pencarian benar-benar tidak dapat diakses, atau tidak memberikan respon apa-apa saat digunakan.

8. Overheating

Penyebab yang sama seperti daya baterai yang melemah. Hal ini disebabkan karena adanya virus yang menyamar sebagai salah satu program di dalam smartphone dan bergerak di background secara terus menerus. Kerja smartphone secara terus menerus inilah yang menyebabkan smartphone menjadi cepat panas.

9. Redirect Malware

 

Ketika tengah berselancar online menggunakan smartphone, terkadang muncul iklan pop-up yang mengarahkan kita se sebuah alamat website tertentu. Jika hal tersebut kalian alami, maka berhati-hatilah, karena ini merupakan salah satu tanda bahwa smartphone kalian memiliki aplikasi yang menyebabkan adware menginfeksinya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top