REVIEW

Inilah Picross Paling Menantang, Nonograms Katana

Andy Chan   08 Aug 2019
Inilah Picross Paling Menantang, Nonograms Katana

Nonograms, yang juga dikenal dengan berbagai macam nama seperti Hanjie, Griddlers, Picross, Japanese Crosswords, Japanese Puzzles, Pic-a-Pix, "Paint by numbers", dan masih banyak nama lainnya, adalah sebuah puzzle logika di mana pemain harus menggambar isi dari sebuah grid dengan menggunakan petunjuk angka yang berada di samping puzzle tersebut. Begitu pemain berhasil menyelesaikan puzzle-nya, maka keluarlah sebuah gambar cantik yang mengesankan. Sudah banyak game sejenis Picross ini yang beredar di mobile, dan salah satunya adalah buatan ucdevs yang berjudul Nonograms Katana.

Konsep tetap Sama

Nonograms Katana masih tetap merupakan sebuah game puzzle ala picross, dengan aturan yang sama juga. Pemain mengisi kotak-kotak yang berada di dalam grid dengan ukuran bervariasi mulai dari 5x5 kotak dengan menggunakan aturan yang ada di sisi grid tersebut. Tapi ada hal yang membuat Nonograms Katana berbeda dengan game-game picross lainnya.

Puzzle ukuran Raksasa

Puzzle Picross pada umumnya tidak memiliki ukuran yang besar, dan untuk sebuah gambar raksasa, biasanya permainan dibagi menjadi beberapa bagian. Namun tidak demikian halnya dengan Nonograms Katana. Game ini menyediakan puzzle berukuran raksasa hingga 80x77 kotak tanpa dibagi-bagi sama sekali. Bisa dibayangkan pusingnya seperti apa kan?

Colored Nonograms

Tapi tidak hanya itu saja, ternyata Nonograms Katana juga menyediakan picross berwarna juga. Dalam mode bernama Colored Nonograms ini, pemain ditugaskan untuk menyelesaikan sebuah gambar yang full color, dan dijamin akan membuat pusing tujuh keliling.

Peraturannya tetap sama, namun kali ini, angka petunjuk yang berada di pinggiran puzzle kini memiliki warna sebagai indikasi pemecahan puzzle. Jika pada nonograms satu warna pemain bisa mengatur jeda antara kumpulan kotak berwarna hitam, pada Colored Nonograms, bisa saja tidak ada jeda sama sekali antara satu warna dengan warna lain.

Gambar Berwarna yang Cantik

Yang paling mengerikan sekaligus menantang tentu saja adalah mencoba memecahkan sebuah nonograms raksasa berukuran 80x77 kotak tersebut dengan berbagai macam warna. Tapi apabila pemain berhasil memecahkan puzzle warna raksasa tersebut, maka dia akan menemukan sebuah gambar berwarna yang benar-benar cantik. Sedikit kesulitan mungkin akan dialami oleh pemain ketika mencoba memecahkan puzzle berukuran raksasa tersebut karena saking besarnya, layar ponsel pintar tidak akan cukup.

Gratis dengan Sistem VIP

Nonograms Katana sendiri hadir secara free-to-play, dan semua puzzle yang disediakan di dalamnya bisa dimainkan tanpa perlu membayar sama sekali. Tapi game-nya akan sesekali menampilkan iklan, yang tentunya bisa dilenyapkan dengan cara memainkannya tanpa koneksi Internet. Apabila pemain bersedia membayar versi VIP, mereka akan mendapatkan fitur ekstra berupa penghilangan iklan, bisa melihat solusi, serta ekstra hints 5 buah per puzzle-nya.

Apakah kalian adalah penggemar picross? Nonograms Katana dijamin sangat menantang dan bisa membuat pikiranmu menjadi tajam!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top