REVIEW

Permainan Detektif ini Wajibkan Pemain Berpikir, Detective Games: Crime Scene Investigation

Andy Chan   28 Nov 2020
Permainan Detektif ini Wajibkan Pemain Berpikir, Detective Games: Crime Scene Investigation

Game detektif biasanya dibungkus dengan tipe permainan hidden objects, atau bisa juga dengan puzzle match-three. Jarang ada game detektif yang benar-benar mensimulasikan penyelidikan secara sesungguhnya. Oleh karena itu, RoboBot Studio mencoba untuk menyajikan sebuah game detektif unik di mana pemain bisa menyelidiki sendiri semua elemen kasus kriminal secara nyata. Mari berkenalan dengan Detective Games: Crime Scene Investigation.

Latar Belakang Permainan

Di tahun 2049, semua detektif terbaik telah berkumpul untuk berhadapan melawan tingkat kriminalitas yang sudah terlalu tinggi. Banyak polisi yang sudah gagal, atau malah dibeli oleh para penjahat menjadi kaki tangan mereka. Oleh karena itu, Scotland Yard akhirnya mendirikan CrimeBot, sebuah pasukan detektif untuk membantu polisi menyelidiki kasus-kasus kriminal.

Cara Bermain

Detective Games: Crime Scene Investigation adalah game detektif di mana pemain diberikan kemampuan untuk menyelidiki berbagai macam hal di sebuah kasus. Tujuan pemain adalah untuk menyelidiki semua petunjuk sampai akhirnya bisa menemukan siapa pelaku kejahatan tersebut.

Menyelidiki Kasus

Kasus dalam game ini disajikan berupa kartu-kartu. Pertama adalah kartu korban pembunuhan, lalu kartu-kartu petunjuk, barang bukti, dan saksi, dan terakhir adalah kartu tersangka. Pemain bisa memeriksa setiap kartu, lalu melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan menyentuh icon "investigate" di bagian yang diinginkan.

Untuk kartu petunjuk, pemain bisa memeriksa lebih dalam mengenainya, misalnya menanyakan saksi apakah mengenali salah satu tersangka, atau mengecek sidik jari, serta menemukan waktu sang korban meninggal. Sementara untuk kartu tersangka, pemain akan bisa memeriksa alibi mereka, apakah memiliki motif atau tidak, pekerjaan, dan lain sebagainya. Jumlah penyelidikan yang dilakukan ini terbatas, jadi pemain harus memilih sebaik mungkin apa yang mau diperiksa lebih lanjut.

Nah, berdasarkan petunjuk-petunjuk yang ditemukan itu, pemain harus menentukan siapa pelaku pembunuhan dan kemudian menangkapnya. Pemain diberikan 3 kali kesempatan untuk menemukan pelakunya sebelum terjadi game over.

Experience

Setiap menyelesaikan sebuah kasus, pemain akan mendapatkan experience. Dengan poin experience inilah pemain bisa membeli berbagai tools untuk membantu penyelidikannya, seperti menambah jumlah investigasi, kemampuan analisa objek, analisa TKP, dan lain sebagainya.

Artwork bergaya Minimalis

Detective Games: Crime Scene Investigation ditampilkan dengan artwork bergaya minimalis, di mana semuanya disajikan dalam bentuk kartu. Tidak ada grafis yang keren di sini, namun penyelidikan akan diiringi dengan lagu misterius yang benar-benar membuat permainan menjadi bernuansa detektif keren. Sayangnya, semua elemen dari sang tersangka di sini disajikan dalam bentuk teks, dan kadang terjadi disparasi antara teks dan foto yang dipajang. Jadi bisa saja, ada karakter yang disebutkan tidak memiliki rambut, sementara fotonya jelas-jelas memiliki rambut panjang, atau memiliki codet di wajah, sementara wajah di foto tersebut mulus tanpa cela.

Tidak Perlu Online

Seperti game-game mobile pada umumnya, Detective Games: Crime Scene Investigation juga menggunakan model bisnis free-to-play. Game ini tidak menggunakan sistem stamina, juga tidak membutuhkan koneksi Internet, jadi pemain bebas main kapanpun dia mau. Mikrotransaksi disediakan apabila pemain ingin membeli Experience dengan harga bervariatif, mulai dari Rp. 17.000,- hingga Rp. 68.000,-

Bisakah kalian memecahkan misteri pembunuhan dengan menggunakan kemampuan detektif kalian? Inilah dia game detektif wajib coba, di mana pemainnya harus berpikir, Detective Games: Crime Scene Investigation!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top