REVIEW

Inilah Kucing-kucing Gila Penghancur Segalanya, Crashy Cats!

Andy Chan   16 May 2018
Inilah Kucing-kucing Gila Penghancur Segalanya, Crashy Cats!

"Force of Nature" adalah sebuah kekuatan alam yang bisa menghancurkan segalanya. Mengerikan, bukan? Bagaimana kalau ternyata "Force of Nature" ini ada di dekat kita? Sesuatu yang bisa ... membuat rumahmu menjadi berantakan bagaikan kapal pecah? Sesuatu yang kecil namun biasa dipelihara oleh manusia? Makhluk apa yang bisa mengakibatkan kehancuran tersebut? Ternyata hanyalah kucing-kucing hiperaktif yang berlari terus sambil menjatuhkan semua benda yang ada di hadapannya. Itulah mereka, kucing-kucing gila penghancur segalanya, Crashy Cats!

Crashy Cats adalah sebuah game mobile buatan Electric Turtle yang sederhana namun sangat menawan. Dalam game ini, pemain berperan sebagai seekor kucing yang terus berlari ke depan sambil berusaha menghancurkan benda apapun yang terdapat di depannya. Namun hati-hati, karena ada rintangan yang akan menyebabkan larinya sang kucing terhenti, seperti anjing-anjing yang menghalangi, jurang yang tidak ada dasarnya, atau tembok tinggi.

Pengendalian sang kucing pun sangat mudah, karena dia akan berlari ke arah kanan secara otomatis tanpa input apa pun dari pemain. Tugas dari pemain adalah untuk menyentuh layar agar sang kucing melompat. Uniknya, kucing yang dihadirkan di sini sepertinya adalah kucing dari luar angkasa, kucing mutan atau sejenisnya karena mereka memiliki kemampuan untuk melompat dua kali, di mana lompatan kedua dengan cara menginjak udara.

Pemain harus berusaha untuk menabrak semua benda dan buatlah kerusakan lingkungan setinggi mungkin. Setiap benda yang dihancurkan memiliki nilai dolar sendiri, dan begitu kehancuran yang diakibatkan oleh sang kucing selesai, pemain pun akan diberitakan dalam sebuah koran, berikut dengan laporan total nilai dari kehancuran yang terjadi.

Tidak hanya rintangan saja, sepanjang permainan pun pemain akan memunguti koin untuk menambah jumlah uang yang dimiliki, menemukan berbagai macam power up yang bisa membuat sang kucing terbang ke udara, atau melakukan boosting ke depan. Bahkan terkadang pemain bisa masuk ke dalam bonus area untuk mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya.

Ada banyak kucing yang disediakan, seperti Ginger, Rusty, Milk, bahkan ada satu yang bukan kucing, yaitu "Panda". Asyiknya, dengan koin-koin yang sudah dikumpulkan, pemain bisa membuka sebuah loot box untuk mendapatkan aksesoris secara acak. Aksesoris seperti kacamata 3D, fish bowl, topi, dan sebagainya ini bisa digunakan untuk mengkustomisasi para kucing.

Terdapat sistem level di mana pemain harus menyelesaikan sejumlah tugas untuk bisa naik level. Tugas yang diberikan pun cukup asyik untuk dikerjakan, seperti menginjak kepala anjing, menghancurkan 5 buah lukisan, dan sebagainya. Setiap naik level pemain akan mendapatkan sejumlah mata uang premium yaitu ikan.

Meskipun Crashy Cats menggunakan grafis pixel art yang retro, tapi ternyata para kucing dan medan permainan tetap tampak menawan dengan berbagai lokasi unik seperti perkantoran atau kastil medieval. Apalagi kalau pemain sudah melakukan penghancuran secara global, terciptalah kepuasan tersendiri melihat hasil "karya" alias kehancuran yang sudah dikerjakan olehnya. Permainan pun dimeriahkan dengan lagu 8 bit yang khas serta efek suara kehancuran dan meongan kucing yang memuaskan telinga.

Crashy Cats hadir secara free-to-play yang memiliki mikrotransaksi untuk membeli mata uang premium ikan dengan harga mulai dari Rp. 20.000,- sampai dengan Rp. 499.000,- yang bisa digunakan untuk membeli kucing baru. Terkadang ada iklan yang dihadirkan di layar, meskipun tidak terlalu mengganggu permainan. Nilai plusnya adalah tidak adanya sistem energi / stamina serta tidak butuh koneksi Internet untuk dimainkan.

Bagi para penggemar kucing, tidak ada alasan untuk tidak mencoba Crashy Cats yang lucu dan menawan ini. Apalagi ukuran dari game ini cukup mungil, hanya 69MB saja. Inilah dia game yang asyik untuk menghilangkan stress! Crashhh!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top