REVIEW

Inilah Game Action yang Seru Banget, Ramboat!

Andy Chan   09 Aug 2018
Inilah Game Action yang Seru Banget, Ramboat!

Mari berkenalan dengan Mambo dan pasukannya yang sangat jagoan dalam berperang. Misi Mambo adalah untuk melarikan diri dari kejaran para pasukan musuh, dan itu bukanlah hal yang mudah! Bantulah Mambo dan pasukannya dalam sebuah campuran game action arcade, shooter, dan game berlari seru berjudul Ramboat yang diproduksi oleh Genera Games.

Mungkin ada di antara kalian yang berpikir mengenai judul "Ramboat" itu sendiri. Apakah ini maksudnya "Rambo naik perahu (boat)"? Atau Perahu Penubruk (Ram Boat)? Apa pun itu, pada intinya pemain memang mengendalikan seorang jagoan bernama Mambo di mana dia naik sebuah perahu dan berperang melawan pasukan musuh.

Pengendaliannya pun sangat mudah. Perahu tersebut akan senantiasa meluncur ke arah depan tanpa campur tangan pemain, namun untuk memindahkan lokasinya di layar, pemain bisa menyentuh layar sentuh. Apabila pemain menyentuh layar dan menahannya, maka perahu akan meluncur ke arah kanan, sementara apabila pemain tidak menyentuh layar, perahu akan mundur pelan-pelan ke arah kiri. Pemain juga bisa melakukan swiping ke atas untuk membuat perahu melompat di udara, serta swiping ke arah bawah untuk menyelamkan perahu.

Semua manuver-manuver tersebut berguna untuk menyerang dan menghindari pasukan musuh. Mambo akan secara otomatis menembaki musuh yang berada pada jangkauannya, jadi pemain hanya perlu menggeser lokasinya agar optimal. Tapi ingat, musuh tidak tinggal diam begitu saja. Mereka pun menembaki Mambo dengan berbagai persenjataan, dan pemain harus dengan ahli menghindari tembakan-tembakan tersebut, baik itu peluru, mortar, bom, dan sebagainya. Apabila pemain tertembak tiga kali, maka terjadilah game over.

Di sepanjang permainan akan ada banyak koin yang dijatuhkan oleh pasukan musuh yang berhasil dikalahkan. Dengan koin ini lah pemain bisa membeli persenjataan di setiap intermission ketika berhasil melewati sebuah stage, atau bisa juga melakukan upgrade atas persenjataan milik Mambo, baik itu pistol, senapan mesin, rocket launcher, flame thrower, shotgun, atau homing missile.

Tampilan grafis dari Ramboat ini benar-benar imut, Mambo tampil secara chibi dengan kepala yang besar, dan seluruh medan pertempuran pun tampak sangat menawan dengan animasi yang luar biasa bombastis. Bahkan apabila pemain melompat menggunakan perahu, terkadang terjadilah bullet time alias slow motion ketika melompat. Tempo permainan Ramboat sangatlah cepat, sehingga perasaan "rush" dalam game ini sangatlah terasa.

Kerennya di sini, Mambo bukanlah satu-satunya tokoh utama. Ada juga Rose sang jagoan cantik yang terkenal di medan perang, Vincent sang jagoan berambut kribo, Arnold yang merupakan parodi dari The Terminator, Black Amber sang bajak laut, Drakhelis sang Khaleesi, King si raja rock'n'roll, Wukong si raja monyet, dan masih banyak lagi, masing-masing tampil sama imutnya dengan Mambo. Tidak hanya itu saja, bahkan perahu yang digunakan oleh pemain pun bisa diganti dengan variasi lain seperti Ikan Hiu putih, Surfboard, Kuda Nil, Kapal Selam imut, Naga, dan sebagainya.

Ramboat hadir secara free-to-play, dan asyiknya, tidak butuh koneksi Internet dan tidak menggunakan sistem stamina sehingga bisa dimainkan secara offline kapan pun tanpa ada batasan sama sekali. Pemain bisa menonton sebuah video iklan untuk melanjutkan permainan ketika terjadi game over. Tersedia juga mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium, Gems.

Apabila pemain menginginkan karakter yang spesifik atau perahu yang spesifik, bisa langsung di-unlock dengan mata uang premium ini, namun jangan khawatir, karena Ruby bisa didapatkan dalam game, dan apabila pemain sudah memenuhi syarat, semua karakter bisa didapatkan dengan menggunakan koin.

Dengan campuran unik antara action arcade, shooter dan game endless runner, lengkap dengan persenjataan yang variatif, berbagai misi untuk menaikkan pangkatmu, dan belasan karakter unik yang siap perang, Ramboat adalah salah satu game yang paling seru untuk dimainkan di ponsel pintarmu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top