LOADING
REVIEW

Inilah Daftar Pemberian Akses di Android, yang Sebaiknya Dipikirkan lagi untuk Diizinkan

Dikdok   17 Feb 2018
Inilah Daftar Pemberian Akses di Android, yang Sebaiknya Dipikirkan lagi untuk Diizinkan

Pemberian akses (permission) ketika tengah menggunakan sebuah aplikasi tentunya banyak kita temukan ketika sedang menggunakan perangkat Android. Ya, permintaan izin untuk mengakses fitur dan informasi ini terkadang dibutuhkan untuk bisa memaksimalkan kinerjadari sebuah aplikasi di Android.

Namun, memberikan akses fitur dan informasi bukanlah sebuah hal yang dapat dengan mudah kita lakukan. Akses informasi berupa identitas atau kontak secara berlebihan pun tentunya akan membahayakan privasi yang kita miliki. Hal tersebut pun juga berlaku pada pemberian akses pada aplikasi untuk mengelola sebuah fitur. Tentunya butuh pertimbangan yang matang sebelum memberikan akses tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Jurnal Apps akan memberikan beberapa daftar permintaan izin yang sebaiknya harus kalian cek kembali, dikarenakan bisa saja akses tersebut dapat merugikan kalian. Mari simak bersama-sama ya!

1. Mikrofon

Dari sekian banyak permintaan akses yang diminnta oleh sebuah aplikasi, sebaiknya jangan izinkan aplikasi untuk mengakses mikrofon milik kalian. Pasalnya, dengan memberikan akses mikrofon, akan membuat informasi yang terucap dari mulut kita dimanfaatkan oleh pihak lain tanpa kita sadari.

Bahkan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa aplikasi yang memanfaatkan mikrofon untuk keperluan iklan. Jadi, pihak pengelola aplikasi akan mendata apa saja hal yang kita sukai, baik itu musik, film, atau hal lain yang biasa kita ucapkan, dan mengelolanya menjadi sebuah daftar iklan untuk ditawarkan pada kita.

2. Kamera

Pemberian akses kamera pada sebuah aplikasi tentunya sangat berbahaya bagi kita semua. Pasalnya bukan tidak mungkin semua hal yang terekam oleh kamera ponsel yang kamu gunakan bisa diketahui oleh orang lain dengan mudah.

3. Lokasi

Akses lainnya yang juga jangan sampai diberikan secara sembarangan adalah akses lokasi. Pasalnya dengan mengetahui akses lokasi, pihak lain dapat dengan mudah mengetahui aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Cukup menyeramkan bukan?

Nah, itulah beberapa perminitaan izin yang sebaiknya ditinjau kembali guna menjaga keamanan diri. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top