TIPS

Inilah 8 Tips untuk Membuat Instagram Stories yang Menarik

Dikdok   19 Jan 2018
Inilah 8 Tips untuk Membuat Instagram Stories yang Menarik

Instagram Stories di saat ini telah menjadi salah satu fitur milik Instagram yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Bahkan, berkat kehadiran Instagram Stories ini telah menyebabkan jumlah pengguna yang dimiliki oleh Instagram jadi meroket dengan cepat. Pada bulan September tahun lalu saja, tercatat ada sekitar 800 juta pengguna yang merupakan pengguna aktif bulanan Instagram.

Sama seperti ketika mengunggah sebuah konten foto dan video ke dalam fitur utama Instagram, mem-posting Instagram Stories pun juga membutuhkan berbagai trik tertentu agar banyak pengguna yang jadi tertarik untuk melihatnya. Penasaran menyoal bagaimana saja caranya? Marilah disimak bersama-sama yang berikut ini:

Tentukan Tema Cerita

Tema merupakan hal paling penting yang harus dipersiapkan ketika akan membagikan sebuah Instagram Stories. Kalian bisa membagikan berbagai kegiatan seru milik kalian melalui sebuah klip yang pendek, menampilkan sejumlah foto menarik yang telah diedit, menjawab pertanyaan dari penonton secara langsung melalui fitur live, dan masih banyak lagi.

Pastikan pula agar konten yang kalian bagikan tersebut bersifat eksklusif dan hanya dapat dinikmati melalui Stories tersebut. Hal tersebut tentunya akan membuat penonton jadi tertarik untuk selalu melihat update dari Stories kalian.

Konten Vertikal adalah Segalanya

Instagram Stories menggunakan konten foto atau pun video vertikal dalam setiap postingan-nya. Oleh karena itu, pastikan agar setiap foto dan video yang akan kalian bagikan tersebut berada dalam posisi tegak agar menjamin tampilan yang penuh dan menarik. Hindari untuk menggunakan foto dan video horisontal karena akan menyebabkan foto dan video jadi terpotong dan malah tidak akan menampilkan konten yang menarik lagi.

Video dan Foto, Kombinasikan Saja!

Instagram Social AndroidiOS Free Download Download

Untuk menghindari kejenuhan penonton dalam menikmati Stories kalian, maka pastikan pula agar kalian selalu mengunggah konten foto dan video secara bergantian. Jangan terlalu sering menggunakan video, karena penonton Stories kalian bisa saja tidak memiliki koneksi internet yang cukup baik untuk memutar video setiap saat. Namun, jangan pula jadi malah terlalu sering mengandalkan format foto karena kesannya sangat monoton apalagi jika dilakukan dalam jumlah yang banyak di satu waktu yang bersamaan.

Edit Gambar dan Video dengan Aplikasi yang Tepat

Pastikan agar kalian telah mengedit gambar dan video sebelum di-posting ke dalam Stories. Selain akan mempercantik konten, hal ini tentunya juga membuat penonton jadi semakin tertarik untuk berkunjung ke Stories kalian.

Lebih Interaktif dengan Stiker, Polls, Teks Berwarna, dan Pesan Langsung

Instagram Stories memiliki sangat banyak konten Stiker, Hashtag, Polls, teks warna-warni, dan hiasan pelengkap lainnya yang dapat kalian gunakan. Maksimalkan berbagai fitur tersebut untuk menciptakan konten yang lebih menarik untuk dilihat oleh penonton.

Dikarenakan Instagram Stories juga memiliki fitur yang mendukung mode pesan langsung, maka kalian juga bisa menambahkan berbagai pertanyaan kepada penonton Stories kalian. Gunakan berbagai fitur yang ada untuk membuat konten kalian jadi terasa lebih interaktif.

Bagikan Stories di Waktu Favorit

Konten yang apik, informatif, dan menarik akan menjadi sia-sia jika tidak dibagikan pada waktu yang tepat. Pastikan agar kalian sudah memahami waktu-waktu yang tepat untuk membagikan konten yang telah kalian buat, apakah itu pagi sebelum berangkat kerja, siang ketika sedang istirahat, atau malam ketika pulang kerja.

Cek Insights

Mempelajari Insights (Wawasan) adalah salah satu hal wajib untuk dilakukan sebelum kalian membagikan sebuah konten. Insights akan memberikan berbagai informasi mengenai jenis kelamin, rentang usia, lokasi para penikmat akun kalian di Indtagram.

Dengan pengetahuan yang lebih baik mengenai jenis penonton kalian, maka kalian pun bisa menghadirkan berbagai konten yang sesuai dengan yang diinginkan oleh para penonton Instagram Stories kalian.

Dari Stories, Ajak ke Feed Instagram

Agar penonton kalian bisa terus menikmati Stories yang diunggah, ajak penonton untuk menuju pada tampilan feed Instagram kalian. Cara ini diketahui cukup ampuh untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna Instagram Stories untuk melakukan interaksi lanjutan di feed Instagram.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top