REVIEW

Inilah Aplikasi Arsitek Terbaik di Android!

Bruno Mukti   26 Apr 2018
Inilah Aplikasi Arsitek Terbaik di Android!

Pernah terbesit untuk membuat sebuah desain rumah sendiri dengan aplikasi arsitek yang ada di perangkat Android? Sistem operasi Android yang begitu berkembang ini, ternyata juga menyediakan berbagai macam pilihan aplikasi arsitek yang dapat digunakan bagi siapa saja termasuk orang awam untuk merancang rumah mereka sendiri. Terlebih lagi dengan adanya aplikasi peracang rumah profesional ini, siapa saja tak perlu repot-repot lagi menggambar di kertas untuk rancangan baik interior ataupun eksterior rumah mereka. Apalagi dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa langsung mewujudkannya dalam gambar tiga dimensi.

Ada beberapa pilihan yang disajikan di dalam artikel ini untuk para pembaca. Hal ini dikarekanan tidak semua pengguna Android telah memiliki dasar arsitektur seperti profesiona. Aplikasi arsitek yang akan direkomendasikan di sini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu untuk tingkat pemula, tingkat lanjut, dan editor's choice (pilihan editor). Lalu apa saja aplikasi arsitek yang bisa digunakan oleh pengguna sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing? Berikut adalah lima aplikasi arsitek terbaik di Android:

Aplikasi Arsitek Tingkat Pemula

Floor Plan Creator

Harga: Gratis
Link Download

Floor Plan Creator adalah salah satu aplikasi arsitek yang ada di Android yang ditujukan untuk pemula. Dengan tampilan interface yang begitu sederhana, membuat aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja, termasuk bagi yang sangat awam sekali dengan dunia arsitektur. Di dalam aplikasi ini, pengguna bisa membuat desain rumah mereka dan juga denah rumah dengan sangat detail. Tak hanya sampai di situ saja, pengguna juga bisa membuat desain interior rumah mereka dengan menambahkan berbagai macam furnitur yang sudah tersedia di sana. Funitur yang ditambahkan tadi pun bisa diatur sendiri ukurannya menyesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada di rumah rancangan mereka.

Aplikasi ini juga menawarkan sebuah fitur menarik yaitu Augmented Reality. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna tidak hanya bisa membayangkan saja dari gambar yang ada di smartphone mereka. Namun mereka juga bisa mengira-ngira bagaimana jadinya sebuah furnitur jika ditambahkan ke sebuah ruangan. Jadi visualisasi dan rancangan yang telah mereka buat akan benar-benar terlihat lebih nyata.

Planner 5D - Home & Interior Design Creator

Harga: Gratis
Link Download

Planer 5D adalah aplikasi arsitek untuk pemula yang datang secara cuma-cuma alias gratis! Aplikasi ini termasuk aplikasi yang datang untuk pemula karena memang sangatlah mudah sekali untuk digunakan. Planner 3D ini berguna bagi penggunanya untuk membuat sebuah rancangan rumah baik interior ataupun eksterior. Selain itu ada dua mode yang bisa digunakan oleh pengguna untuk aplikasi ini, yang pertama adalah mode 2D dan mode 3D.

Penggunaan dari aplikasi ini pun terbilang sangatlah mudah. Pengguna yang ingin memasukkan desain baik interior ataupun eksterior rumah mereka, mereka hanya perlu memilih katalog yang telah tersedia di dalam aplikasi. Setelah dipilih, mereka bisa mengatur sendiri akan dipasang di mana benda-benda itu tadi. Selain desain eksterior, di bagian interiornya pun pengguna juga telah disediakan berbagai macam pilihan furnitur yang bisa mereka gunakan. Bagi yang menginginkan tampilan lebih nyata lagi, pengguna juga telah disediakan sebuah fitur augmented reality dimana mereka bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjadikan gambaran mereka menjadi terlihat seperti sungguhan. Gambar yang telah pengguna buat tadi dapat di simpan di ponsel mereka atau bahkan di cetak di kertas.

Walaupun aplikasi ini adalah aplikasi yang datang secara gratis, namun berbagai macam hal yang ditawarkan pun tidak sekedar asal-asalan. Hal ini dikarekanan pada versi gratisnya saja, pengguna sudah bisa mendapatkan lebih dari 150 item yang tersedia dan bisa digunakan. Selain itu pengguna juga bisa membuat 5 kustom tekstur dan katalog gratis sesuka mereka. Aplikasi ini juga bisa digunakan baik secara offline ataupun online.

Aplikasi Arsitek Tingkat Lanjut

Design Dimensions

Harga: Gratis
Link Download

Design Dimension adalah aplikasi arsitek yang sangat berguna baik bagi arsitek maupun yang bukan arsitek untuk merancang ruang atau rumah mereka. Aplikasi ini berguna bagi penggunanya untuk mengatur dimensi ruangan rumah atau ruangan mereka secara lebih mudah, karena telah dibuat otomatis. Fungsi dari aplikasi ini sendiri adalah untuk mengkonversi dimensi ukuran suatu benda yang akan ditaruh pada ruangan rumah.

Aplikasi ini tentu akan mempermudah kerja dari seorang arsitek dari berbagai aspek. Mungkin bagi pengguna biasa ini hanya berguna sebagai gambaran untuk peletakkan suatu benda saja. Padahal bagi arsitek profesional, pengukuran dimensi benda seperti ini sangatlah berguna. Sebab dengan adanya ukuran dimensi pada benda-benda tersebut, seorang arsitek bisa mengira-ngira sisa ruang kosong yang tersisa di ruangan di rumah.

Sebagai gambarannya, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa mengatur dan memperkirakan kamar mandi rumah mereka nanti sebelum dibangun. Pengguna bisa menambahkan wastafel, kloset, kaca, dan kebutuhan kamar mandi lainnya. Dari situ pengguna juga bisa tahu seberapa lega kamar mandi yang akan mereka bangun nanti.

Aplikasi Arsitek Pilihan Editor

AutoCAD - DWG Viewer & Editor

Harga: Gratis
Link Download

Siapa yang tidak pernah mendengar aplikasi arsitek yang satu ini. Ini merupakan aplikasi arsitek profesional yang ada di dekstop yang memang banyak digunakan oleh arsitektur. Aplikasi ini memang tidak berjalan seperti yang ada di perangkat dekstop. Hanya saja, sebagai sebuah aplikasi profesional, AutoCad merupakan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan para arsitek saat mereka jauh dari perangkat komputer mereka. Fitur yang diberikan di dalam aplikasi ini memang tidak selengkap dan serumit yang ada di PC, namun ini akan menjadi perpanjangan tangan arsitek untuk mobilitas mereka.

Dengan menggunakan aplikasi ini di perangkat Android, para arsitek yang terhubung ke internet bisa melakukan perubahan gambar dari yang ada di perangkat komputer mereka melalui bantuan layanan cloud yang tersedia di aplikasi. Ini tentu akan lebih mudah terkoneksi, dan ide-ide yang ada di dalam kepala pun tak akan hilang begitu saja karena bisa langsung diterapkan di gambar desain yang mereka sedang kerjakan. Hanya saja untuk layanan cloud yang diberikan di aplikasi ini, pengguna harus meng-update apliksi ke versi pro terlebih dahulu.

Home Design 3D

Harga: Gratis
Link Download

Aplikasi arsitek Home Design 3D merupakan aplikasi yang tidak bisa dibilang untuk pemula, tapi tidak bisa juga dibilang untuk profesional. Sebab aplikasi ini memang dapat menunjang kebutuhan baik untuk pengguna biasa ataupun arsitektur sungguhan. Aplikasi ini mungkin akan lebih mudah digunakan bagi siapa saja yang permah memainkan sebuah permainan simulator. Sebab pada penerapan aplikasi ini, kurang lebih seperti itu.

Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat sebuah rancangan rumah dengan tampilan 3D. Namun sebelum menghasilkan gambar tiga dimensi, pengguna juga harus merancang terlebih dahulu dalam bentuk dua dimensinya.

Sebagai catatan tambahan, pengguna yang menggunakan aplikasi ini untuk merancang rumah. Mereka benar-benar harus membuat gambar rumah dari nol. Mereka harus membuat lantai, membuat dinding, mengatur ketebalan dinding, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain dari itu, pengguna juga bisa mengatur fitur funitur yang ditawarkan di dalam aplikasi ini. Mereka bisa memilih perabotan mana yang mungkin cocok untuk rumah mereka nanti sebagai gambarannya. Selain itu mereka juga bisa mengkustomisasinya sesuai kebutuhan dah selera masing-masing.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top