REVIEW

Inilah 4 Aplikasi untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone

Dikdok   23 Aug 2017
Inilah 4 Aplikasi untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone

Keberadaan smartphone saat ini memang tidak bisa dipisahkan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Selain dibutuhkan sebagai sebuah sarana untuk menghibur diri, smartphone juga berperan untuk mendukung aktivitas dalam bekerja.

Namun, tanpa disadari, kehadiran smartphone semakin hari ini telah digunakan secara berlebihan. Padahal, penggunaan smartphone yang berlebihan juga bukanlah merupakan sesuatu hal yang baik untuk dilakukan.

Saking seringnya menggunakan smartphone, kita akhirnya malah sering menghiraukan keberadaan orang-orang lain di sekitar kita. Misalnya saja, saat bersama keluarga, kita malah asyik dengan smartphone. Contoh lainnya, ketika sedang ingin ke kamar mandi, kita juga malah membawa-bawa smartphone.

Namun, beberapa aplikasi di bawah ini ternyata telah menyediakan cara untuk mengurangi ketergantungan seseorang terhadap smartphone. Apa saja aplikasinya? Berikut akan JurnalApps jelaskan:

1. Forest

Aplikasi pertama yang layak dicoba untuk mengurangi kecanduan smartphone adalah Forest. Aplikasi ini bekerja layaknya permainan, dimana kita akan menjumpai sebuah pohon yang tumbuh apabila kita tidak menggunakan smartphone untuk beraktivitas.

Apabila smartphone tidak digunakan, maka pohon tersebut lama-kelamaan akan bertumbuh menjadi hutan yang besar. Sebaliknya, jika kita tetap menggunakan smartphone, maka pohon tersebut pun tidak akan dapat tumbuh dan berkembang.

2. Checky

Aplikasi kedua yang dianggap bisa membantu perilaku kecanduan terhadap smartphone adalah Checky. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai berapa kali kita telah membuka smartphone dalam satu hari. Dengan informasi tersebut, kita bisa memantau dan mengurangi penggunaan smartphone.

3. RescueTime

Jika dengan memantau nyatanya tidak bisa mengurangi perilaku kecanduan yang kita rasakan, maka aplikasi ini mungkin bisa membantu untuk mengurangi perilaku kecanduan. Dinamakan Rescue Time, aplikasi ini sebenarnya mirip dengan Checky. Yang membedakan, aplikasi ini dapat memberikan seluruh informasi mengenai apa saja yang kita lakukan bersama dengan smartphone yang digunakan. Mulai dari aplikasi apa saja yang paling sering dibuka, lama menelepon hingga durasi penggunaan internet.

Bukan hanya itu, dengan menggunakan Rescue Time, kita juga bisa memasang peringatan untuk membatasi waktu yang digunakan. Jadi, ketika melanggar peringatan, kita segera tersadar dan berhenti untuk membuka-buka smartphone.

4. Cold Turkey

Memantau? Gagal. Memberikan peringatan? Juga, tidak bisa. Lalu, bagaimana caranya untuk mengurangi kecanduan smartphone ini? Tenang saja, masih ada aplikasi yang juga dianggap ampuh untuk mengurangi penggunaan smartphone. Bahkan, aplikasi ini dianggap sangat cocok bagi kalian yang sangat ingin melepaskan diri dari kecanduan smartphone.

Dinamakan Cold Turkey, aplikasi ini memiliki cara yang cukup ‘kejam’ dalam menahan penggunaan smartphone. Pasalnya, aplikasi ini mengkinkan pengguna untuk membekukan smartphone miliknya. Jadi, selama smartphone dalam keadaan beku, kita tidak bisa menggunakan smartphone tersebut.

Begitulah, kita hanya perlu mengatur berapa lama waktu yang diinginkan untuk membekukan smartphone. Waktu maksimalnya adalah satu jam. Jika pengaturan telah disiapkan, maka kita sudah tidak bisa menggunakan smartphone dalam waktu yang telah ditentukan!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top