LOADING
TIPS

Ingin Tetap Menggunakan Handphone Tanpa Kesulitan di Luar Negeri? Begini Solusinya!

Dwi K   08 Feb 2018
Ingin Tetap Menggunakan Handphone Tanpa Kesulitan di Luar Negeri? Begini Solusinya!

Salah satu barang yang pasti kita bawa saat bepergian ke luar negeri adalah Handphone. Handphone sangat berguna di kehidupankit sehari-hari terutama saat bepergian ke negeri untuk alat berkomunikasi dan menjadi travel guide pribadi.

Apa saja yang harus kita perhatikan supaya handphone kita berfungsi dengan baik dan hemat saat bepergian keluar negeri? Yuk kita simak!

Pastikan Handphone Kita Dapat Berfungsi di Luar Negeri

Dapat berfungsi disini bukan berarti handphone kita rusak atau akan rusak, namun beberapa perusahaan diluar menggunakan teknologi dan frekuensi yang berbeda setiap negara dan tidak menjamin handphone kita akan bisa berfungsi disana.

Caranya, lihat kembali buku panduan atau browsing internet tentang jenis handphone kita. Jika handphone kita termasuk World Phone atau Support Quad-band GSM, maka biasanya akan bisa berfungsi secara normal di hampir semua negara. Jika tidak tercatat, cobalah hubungi customer service dan menanyakan apakah handphone kita dapat berfungsi di negara yang akan kita tuju.

Pilih Paket Roaming Internasional

Traveling ke luar negeri terkadang kita melupakan bagian ini, padahal biaya roaming itu sangatlah mahal. Bukan rahasia lagi banyak yang bepergian keluar negeri, pulang-pulang disambut dengan tagihan telepon yang membengkak.

Pilihlah paket roaming yang disediakan provider yang sekiranya cocok dengan kebiasaan berkomunikasi kita, apakah lebih banyah di menit untuk nelepon atau sms. Akan lebih baik lagi jika kita bisa memilih provider sementara saat kita disana dengan membeli kartu sim setempat.

Handphone Bundling atau Biasa?

Melanjutkan tips sebelumnya, saat kita memutuskan akan menggunakan simcard negara yang akan kita tuju, kita perlu tahu dulu apakah handphone kita termauk yang bisa berganti simcard atau locked dengan simcard bawaan

Biasanya ha ini terjadi jika kita membeli handphone dengan paket bundling dengan provider atau menggunakan cicilan melalui provider. Selama kita masih dalam kontrak, maka handphone kita akan terkunci dari simcard lain.

Matikan Cellular Data

Jika ternyata handphone kita belum unlock dan tidak bisa berganti simcard, jangan khawatir. Masih ad acara lain untuk berhemat. Cukup dengan mematikan cellular data sebelum boarding pesawat dan jangan dinyalakan hingga kita pulang nanti.

Lalu bagaimana caranya kita berkomunikasi jika semua ccellular data dimatikan? Manfaatkan WiFi yang tersedia di berbagai tempat untuk berkomunikasi. Penginapan, stasiun, bandara, dan kafe biasanya menyediakan wifi gratis atau murah untuk kita gunakan. Menyewa pocket modem juga bisa menjadi opsi. Selain bisa dibawa kemana-mana, sewanya pun bisa dibagi kepada teman perjalanan.

Dengan Pocket modem, aplikas-aplikasi seperti maps atau Taksi online dapat kita gunakan karena sudah terhubung dengan internet.

Gunakan Skype atau WhatsApp untuk Berkomunikasi

Pilihlah aplikasi-aplikasi yang bisa menelepon dengan menggunakan internet untuk berkomunikasi. Selain mudah, hal ini juga sangat menghemat pengeluaran kita. Handphone kita tidak perlu dimatikan dan kita masih bisa menelepon. Dengan aplikasi-aplikasi chat ini, kita juga dapat mengirimkan kabar atau foto-foto kepada keluarga atau orang terdekat kita.

Nah, dengan sedikit berusaha dan bersiap, traveling ke luar negeri menjadi lebih mudah tanpa harus mengorbankan handphone kita. Apakah ada tips yang belum disampaikan? Komentar di bawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top