TIPS TRIK GADGET

Ingin Terhindar dari Corona, Begini Caranya Bersihkan Smartphone

en19ma   07 Mar 2020
Ingin Terhindar dari Corona, Begini Caranya Bersihkan Smartphone

Dikatakan bahwa smartphone merupakan salah satu perangkat yang mudah untuk terkontaminasi kuman. Nah, ada baiknya bagi kalian untuk lebih sering membersihkan perangkat tersebut. Terlebih dengan kondisi mewabahnya virus Corona yang mengerikan pada saat ini.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mengumumkan keberadaan dua WNI yang terpapar virus Corona. Keduanya adalah anak dan ibu yang berdomisili di Depok, Jawa Barat. Saat ini, anak dan ibu tersebut dalam perawatan di RS Sulianti Saroso di bilangan Sunter, Jakarta.

Terkait dengan hal itu, ada himbauan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bagi seluruh masyarakat di seantero Indonesia agar tetap bisa menjaga kesehatan tubuh mereka dan juga kebersihan, terutama untuk sering mencuci tangan agar terhindar dari ancaman virus Corona.

Sementara itu, juga ada anjuran dari Ministry of Health (Kementerian Kesehatan) Singapura yang terbilang patut untuk diikuti oleh para pengguna gadget. Kenneth Mak, Director of Medical Services di Ministry of Health Singapura, mengungkap banyak himbauan yang dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Salah satunya adalah untuk lebih sering membersihkan smartphone yang sering kita gunakan. "Kita harus lebih sering waspada dengan sejumlah perangkat yang sering kita sentuh. Perangkat yang paling sering disentuh adalah smartphone," ungkap Kenneth Mak seperti dikutip dari Business Insider.

Apa yang disampaikan oleh Kenneth Mak tersebut cukuplah masuk di akal. Hal itu pun sejalan dengan beberapa penelitian yang telah menemukan bahwa smartphone merupakan salah satu benda yang mengandung lebih banyak kuman jika dibandingkan dengan benda-benda lainnya. Terlebih jika kita jarang membersihkannya.

Kalau begitu, metode seperti apakah yang tepat untuk membersihkan smartphone yang kerap berada di tangan kita tersebut? Sebuah studi dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 2018 lalu menyebutkan bahwa membersihkan smartphone dengan menggunakan perangkat pembersih UV adalah metode yang paling efektif.

Meski begitu, tak perlu langsung merasa khawatir karena tidak memiliki perangkat pembersih UV. Kalian juga bisa membersihkan smartphone kesayanganmu itu dengan menggunakan larutan alkohol. Caranya, kalian bisa mencampurkan alkohol dengan air terlebih dahulu, perbandingannya 40% dengan 60%.

Ingatlah agar jangan menyemprotkan atau pun menyiramkan alkohol secara langsung ke bodi atau layar smartphone, karena hal tersebut malah bakal meninggalkan bekas-bekas yang pada akhirnya membuat perangkat kesayanganmu itu malah jadi tak sedap lagi untuk dipandang.

Selanjutnya, setelah menggunakan larutan alkohol, kalian dapat mengelap smartphone dengan memakai kain mikrofiber, kapas kering, atau kapas yang telah dibasahi. Penggunaan kain mikrofiber sebagai pilihan untuk membersihkan smartphone dapat mengurangi terjadinya kontaminasi kuman pada perangkat tersebut.

Nah, jika kalian telah melakukan langkah-langkah di atas, maka yang berikutnya kalian perlukan untuk memelihara kebersihan smartphone dalam keseharian adalah dengan mengelapnya menggunakan tissue basah yang anti-kuman, yang tentunya lebih mudah untuk tersedia di sekitarmu.

Mulai saat ini, jangan terlupa untuk selalu membersihkan dan memelihara kebersihan dari smartphone kalian agar terhindar dari kontaminasi kuman, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top