NEWS

Ingin Tangkal Berita Palsu, Facebook Siapkan Fitur Baru

Dikdok   07 Dec 2016
Ingin Tangkal Berita Palsu, Facebook Siapkan Fitur Baru

Sekarang ini, Facebook sedang dihadapkan pada banyak masalah berita palsu, dimana mereka telah dituduh membiarkan banyak artikel atau pun berita-berita palsu tersebut merajalela pada platform-nya. Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg tersebut tampaknya sedang mengerjakan solusi untuk itu. Mereka telah menyatakan bahwa mereka berencana untuk melarang situs-situs berita palsu dari jaringan iklannya.

Dilansir dari Business Insider pada awal pekan ini, Facebook tampak memiliki sebuah solusi baru dalam sebuah karyanya yang dijuluki "Collection." Fitur ini tampaknya akan mirip dengan Discover yang ada pada Snapchat, dimana beragam berita, video, dan konten lain dari media partner akan ditampilkan dalam satu kolom khusus.

Facebook Social AndroidiOS Free Download Download

Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg tersebut dikabarkan telah mulai melakukan pendekatan terhadap beberapa perusahaan media untuk mengisi konten yang ada pada Collection. Sayangnya, masih belum dapat dipastikan waktu peluncuran untuk fitur ini.

Kabar lainnya, diberitakan bahwa cara yang ditempuh oleh Facebook ini merupakan upaya untuk mengembalikan citra layanan tersebut. Melalui pembagian khusus antara konten yang berasal dari media terpercaya dengan sumber lain, diharapkan kritik terhadap Facebook tak semakin menguat.

Di samping itu, Facebook juga bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih kuat dari sejumlah penerbit sekaligus bersaing dengan Snapchat. Hal itu bukanlah tanpa alasan, mengingat fitur Discover berhasil menarik perhatian lebih dari 150 juta pengguna Snapchat di tiap harinya.

Tidak jelas jenis konten seperti apa yang nantinya akan dihadirkan oeh Collection, namun semoga saja apa yang dihadirkan oleh Facebook kali ini akan berbeda dengan aplikasi Notify milik Facebook yang sempat dikeluarkan pada awal tahun ini.

Begitulah, sebagai informasi lagi, Facebook sebenarnya telah memiliki aplikasi yang memiliki tujuan yang hampir sama dengan fitur Collection, yang diberi nama Notify tersebut. Namun sayangnya fitur ini ditutup kurang dari satu tahun sejak diperkenalkan pada publik.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top