REVIEW

Bagaimana Cara Pabrik Steampunk Bekerja? Cari Tahu di Steampunk Idle Spinner!

Andy Chan   17 Jan 2020
Bagaimana Cara Pabrik Steampunk Bekerja? Cari Tahu di Steampunk Idle Spinner!

Di sebuah dunia steampunk yang luar biasa, para ilmuwan telah berhasil menciptakan sebuah mesin yang bisa memproduksi uang! Sekarang mesin tersebut membutuhkan seseorang untuk mengoperasikannya, dan siapa lagi yang sanggup melakukannya selain kamu? Selamat datang di Steampunk Idle Spinner!

Game Idle yang Butuh Pemikiran

Steampunk Idle Spinner yang di Play Store terdaftar sebagai Idle Coin Factory: Incredible Steampunk Machines, adalah sebuah game idle di mana pemain bertugas untuk menyusun roda bergerigi dan memutar roda tersebut agar mesin penghasil uangnya bisa berfungsi untuk menghasilkan uang.

Otomatisasi Mesin Steampunk

Memang tujuan akhir dari Steampunk Idle Spinner adalah menghasilkan uang, dan uang ini bisa digunakan untuk terus melakukan upgrade pada mesin steampunk tersebut. Namun goal pertama dari pemain adalah untuk menciptakan sebuah mesin yang bisa berjalan secara otomatis tanpa input apa-apa dari pemain. Untuk melakukannya, pemain harus menghubungkan mesin pembuat uang tersebut ke sebuah gerigi yang dijalankan oleh pemutar roda.

Semakin Kompleks, Semakin Cepat

Di awal permainan, pemain pasti akan merasa tidak sabaran melihat putaran roda gerigi yang begitu lambatnya. Trik untuk mempercepat putaran adalah dengan menyambungkan roda gerigi tersebut dengan roda gerigi berbanding 1:2, sehingga kecepatan putarnya berlipat ganda. Semakin panjang deretan gerigi yang disambungkan, semakin cepat juga roda tersebut berputar dan tentunya mesin penghasil uangnya akan menghasilkan uang dengan lebih cepat.

Upgrade Mesin

Selain menyambungkan roda gerigi, pemain juga bisa melakukan upgrade pada mesin-mesin yang dia miliki agar bisa menghasilkan uang yang bernilai lebih tinggi, mempercepat putaran roda, dan lain sebagainya. Pemain juga nantinya bisa membeli berbagai mesin baru untuk membantu proses pembuatan uang seperti pompa, wagon, dan lain sebagainya.

Portal Ke Dunia Lain

Nantinya, pemain akan bisa membeli sebuah portal ke dunia lain yang fungsinya adalah untuk melakukan reset, alias mengulang lagi dari nol, namun pemain akan pindah dunia steampunk/dieselpunk/gaslamp fantasi lainnya yang menarik. Ada kota clockwork, pulau terbang, zeppelin, kincir angin, pabrik, dan lain sebagainya yang mirip dengan buku Jules Verne dan Herbert Wells.

Visualisasi Pabrik yang Menakjubkan

Steampunk Idle Spinner tampil secara 2D, namun game ini berhasil memperlihatkan sebuah visualisasi bagaimana pabrik steampunk bekerja. Roda-roda gerigi yang berputar sesuai dengan susunan yang ditentukan oleh pemain, asap-asap mengepul, wagon bergerak, dan tentu saja, koin emas bergulir, membuat permainan sangat menyenangkan untuk dilihat.

Tanpa Mikrotransaksi

Airapport menyajikan Steampunk Idle Spinner secara free-to-play, dan game-nya tidak membutuhkan koneksi Internet sama sekali. Serunya, apabila pemain tidak sedang memainkan game-nya, maka pabrik uang miliknya tidak akan diam dan terus bekerja di latar belakang. Begitu pemain kembali menyalakan game-nya, mereka akan menemukan bahwa uang yang dimiliki sudah berlipat ganda, dan bisa kembali meng-upgrade dan menyusun ulang pabrik uang tersebut. Uniknya, game ini tidak memiliki mikrotransaksi sama sekali, dan kemunculan iklan bisa dimitigasi dengan cara memainkannya secara offline.

Steampunk Idle Spinner adalah game idle yang butuh pemikiran, namun tidaklah kompleks sama sekali. Ciptakanlah susunan mesin sendiri yang paling optimal untuk kalian, dan saksikanlah bagaimana seluruh proses tersebut terjadi secara real-time di layar ponsel pintarmu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top