REVIEW

Ingin Petualangan Tanpa Batas? Cobalah Game Role-Playing Unik, Quest Cards!

Andy Chan   30 Mar 2018
Ingin Petualangan Tanpa Batas? Cobalah Game Role-Playing Unik, Quest Cards!

Apakah Anda memiliki jiwa petualang? Suka menyelesaikan berbagai macam jenis quest? Sekarang Anda bisa berpetualang dalam sebuah game unik yang terinspirasi dari berbagai macam buku game seperti Dungeon & Dragons. Inilah Quest Cards, sebuah game buatan Running Pillow yang siap membawa Anda bertualang untuk menyelesaikan berbagai macam quest.

Pada dasarnya, Quest Cards adalah sebuah permainan berbasiskan kartu, dan semua hal di dalam game ini diselesaikan menggunakan kartu. Di awal permainan, Anda bisa memilih foto Avatar dari sekumpulan foto-foto yang disediakan, lalu memberikan nama kepada karakternya. Setelah itu selesai, Anda pun bisa langsung berangkat bertualang untuk menyelesaikan sebuah quest.

Petualangan pemain berlangsung menggunakan kartu, di mana pemain mengambil sebuah kartu kemudian kartu tersebut akan memberikan sebuah situasi. Nah, pemain pun diberikan beberapa pilihan tindakan untuk menyelesaikan situasi ini. Ada pilihan yang menyebabkan pemain harus bertarung, ada juga pilihan yang membuat pemain harus melakukan sesuatu dengan persentase sukses yang variatif.

Contoh sebuah situasi misalnya pemain menemukan sebuah peti harta yang terkunci. Pemain bisa memilih untuk "Tinggalkan peti hartanya", atau "Hancurkan petinya". Apabila pemain memilih "Hancurkan peti", maka akan ada empat buah kartu yang menentukan apakah pemain sukses atau gagal dalam melakukannya. Sekali lagi, pemain pun harus memilih kartunya secara acak, dan apabila memilih dengan benar, akan mendapatkan isi petinya.

Biasanya situasi akan bereskalasi sampai terjadi pertempuran dengan penjahat atau monster. Peperangan pun berlangsung menggunakan kartu, di mana pemain akan mengambil jurus-jurus serangan yang didapatkan dari deck yang sudah disusun sebelumnya.

Ada semacam meteran mana di bagian bawah layar yang akan senantiasa bertambah. Mana ini digunakan untuk pemain agar bisa mengeluarkan jurus yang sudah dimilikinya, seperti menghabiskan 3 mana untuk membacok lawan, melempar lightning bolt seharga 1 mana, atau menembakkan panah jitu yang butuh 6 mana. Jurus-jurus yang dimiliki pemain ini bisa di-upgrade agar menjadi lebih kuat, yang penting pemain memiliki sejumlah duplikat dari kartunya serta uang yang cukup.

Pemain cukup mengaktifkan kartunya dan kemudian menyentuh musuh untuk menyerang mereka. Musuh pun memiliki semacam meteran di bagian bawah kartu mereka, dan apabila meterannya sudah penuh, mereka pun akan menyerang. Sebisa mungkin pemain harus berusaha membunuh musuh seefektif mungkin karena diserang oleh sejumlah musuh sekaligus itu cukup fatal, apalagi Life pemain jarang bisa disembuhkan.

Setiap satu Quest biasanya memiliki final boss yang harus dihadapi oleh pemain, dan untuk mencapai final boss ini, pemain tentunya harus melewati beberapa situasi terlebih dahulu. Tentu saja, yang namanya final boss tidak akan semudah itu dikalahkan, bahkan dia pun bisa menyuruh anak buahnya untuk menyerang dulu agar pemain berkurang Life nya dan lebih mudah dibunuh.

Setiap Quest memiliki sejumlah kartu dengan situasi-situasi yang sudah ditentukan. Namun pemain akan mengalami situasi ini secara acak. Itulah asyiknya permainan ini, karena setelah pemain berhasil meng-upgrade jurus-jurus yang dimiliknya, situasi yang sebelumnya menyusahkan justru bisa menjadi sangat mudah.

Quest Cards hadir dengan grafis kartun yang menarik. Setiap situasi memiliki sebuah ilustrasi yang menunjukkan kejadian tersebut, lengkap dengan teks yang menjelaskan kejadiannya. Sayangnya, tidak ada animasi yang berarti di dalam game-nya, dan mungkin banyak orang yang merasa tidak suka dengan petualangan berbasiskan teks seperti ini. Ketika berperang pun, pemain hanya bisa melihat sedikit efek khusus serangannya, seperti bacokan, fireball, dan sejenisnya, tidak ada yang spesial. Paling tida, game ini diiringi dengan lagu yang bernuansa petualangan, sehingga pemain bisa menikmati jalannya alur petualangan secara imersif.

Seperti game-game mobile pada umumnya, Quest Cards pun hadir secara free-to-play. Game ini cukup asyik, karena tidak butuh koneksi Internet sama sekali, serta tidak menggunakan sistem stamina / energi, jadi bisa dimainkan kapan pun secara bebas baik di perjalanan, ataupun di dalam tambang batu bara. Sedikit mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian mata uang premium, di mana kegunaan dari mata uang premium adalah untuk melakukan revive karakter Anda ketika tewas terbunuh saat bertualang, atau untuk membeli uang.

Memang Quest Cards termasuk sebuah game yang sulit, setiap kali pemain pergi bertualang, ada 90% kemungkinan dia akan berakhir sebagai mayat di pinggir jalan. Namun demikian, ternyata game ini cukup adiktif dan membuat penasaran. Dengan adanya berbagai macam kartu untuk dikoleksi, berbagai situasi untuk dihadapi, dan Quest untuk diselesaikan, boleh dibilang Quest Cards termasuk salah satu game petualangan yang patut dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top