NEWS

Ingin Mengedukasi Gamer Tanah Air, NXL Dirikan Esports Center Pertama di Indonesia

Conny   13 Apr 2019
Ingin Mengedukasi Gamer Tanah Air, NXL Dirikan Esports Center Pertama di Indonesia

Sebagai salah satu yang terbesar dari sekian banyak tim Esports di Tanah Air, NXL telah meraih banyak prestasi, baik nasional mau pun internasional. Setelah berdiri selama 15 tahun, NXL melakukan gebrakan baru, atau 'the next level' menurut Richard Permana, demi mendekatkan penggemar dengan para idolanya, yakni dengan membangun Esports Center di BSD, Tangerang. Diklaim bahwa Esports Center ini merupakan yang pertama kalinya ada di Indonesia.


(ki-ka) Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land; Richard Permana, CEO NXL Esports Team; Eddy Lim, Ketua IEsPA; saat Grand Opening NXL Esports Center di The Breeze, BSD City (12/04)

“Di tahun kelimabelas kami berdiri, sudah banyak prestasi yang kami raih di Indonesia dan di kancah Internasional. Namun, kami berpikir hingga pada satu titik: ingin lebih dekat dengan para penggemar. Kami berada di puncak, tapi tidak punya fasilitas yang bisa dikunjungi, wadah berkumpul dengan penggemar. Untuk itulah, kami mendirikan Esports Center ini," ungkap Richard Permana, CEO NXL Esports Team, pada Grand Opening NXL Esports Center (12/04).


Richard Permana, CEO NXL Esports Team

Demi bisa lebih mendekatkan diri, secara khususnya dengan penggemar dan secara umumnya dengan masyarakat awam, maka NXL Esports Center memilih lokasi di The Breeze, BSD City. Di sana, kalian tak hanya bisa membeli merchandise resmi dari NXL, namun juga bisa mengunjungi lokasi tersebut sebagai sebuah game house, yang menyediakan sarana dan prasarana Esports yang dibutuhkan untuk mengedukasi gamer Indonesia.


Mengusung konsep open-to-public, para penggemar bisa menjelajah berbagai ruang di dalam NXL Esports Center, seperti merchandise store, gaming room PC, gaming room mobile, gaming room console, conference room, streaming room, dan trophy room, dengan total luas yang mencapai lebih dari 230 meter persegi. FYI, untuk bisa masuk ke dalamnya, kalian akan dipungut biaya berkisar 19 ribu rupiah sebagai HTM-nya.




Dalam upayanya merealisikan Esports Center, yang berfungsi sebagai bootcamp dari/untuk para profesional player yang dikontrak oleh NXL sekaligus game house bagi penggemar dan masyarakat awam tersebut, NXL nyatanya tidaklah sendiri.

Selain mendapat support dari Cooler Master, MSI serta JD.ID, mereka juga berkolaborasi dengan Sinar Mas Land yang memang telah mendukung perkembangan Esports di Tanah Air selama ini.


Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land

“Saya dan Richard sudah merencanakan [Esports Center] ini selama setahun. Melihat Esports di Indonesia yang sekarang ini sedang booming, kami melakukan riset terlebih dahulu. Di sini, kami mengajak NXL untuk hadir melengkapi ekosistem digital di BSD City. Game merupakan hal yang populer di kalangan anak muda Indonesia dan dapat menjadi sarana kegiatan positif dalam memanfaatkan teknologi digital," ungkap Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land.




Menghadirkan sejumlah game yang kerap dimasukkan ke dalam kategori Esports, yang di antaranya adalah Mobile Legends, PUBGM, FreeFire, CS:GO, dan Hearthstone, NXL Esports Center hadir untuk lebih melengkapi keberadaan BSD City sebagai ekosistem atau pusat berkumpulnya komunitas digital Indonesia. Lebih jauhnya lagi, pusat pelatihan Esports tersebut diharapkan juga bakal membangun potensi industri gaming dengan masuknya para penggemar eSports serta digital talent ke BSD City untuk berkreasi, belajar, dan berkarya hingga mendorong sektor ekonomi digital nasional.


(ki-ka) Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land; Eddy Lim, Ketua IEsPA; Richard Permana, CEO NXL Esports Team; Irvan Yasni, CEO Technology Business Sinar Mas Land; Brenda Kwan, MC; saat Grand Opening NXL Esports Center di The Breeze, BSD City (12/04)

Untuk diketahui, dalam Global Games Market Report 2018, Indonesia menduduki peringkat 20 besar dari segi pendapatan sektor gaming, yakni sebesar 1,130 miliar dolar AS atau sekitar Rp 16 triliun. Diketahui bahwa angka tersebut diraih oleh sebanyak 47 juta gamer di Indonesia. Angka ini akan terus bertumbuh apabila didukung dengan ekosistem dan iklim yang baik.


(ki-ka) Eddy Lim, Ketua IEsPA; Richard Permana, CEO NXL Esports Team; Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land; saat Grand Opening NXL Esports Center di The Breeze, BSD City (12/04)

Turut menghadiri Grand Opening NXL Esports Center, Eddy Lim selaku Ketua Indonesia Esports Association (IeSPA) mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin bagi NXL Esports Center akan dijadikan sebagai lokasi pelatnas bagi para atlet cabang olahraga eSports demi menuju Sea Games 2019 di Filipina nantinya.


Eddy Lim, Ketua IEsPA

“Selama ini, kita tahu bahwa pemain-pemain profesional sering merasa berada di 'atas.' Dibangunnya Esports Center ini bertujuan [untuk] membuat mereka berbaur dengan penggemar dan berinteraksi secara personal, tidak seperti interaksi melalui media sosial. Hal ini tentu patut diapresiasi. Kami berharap, tim-tim esports besar di Indonesia [juga] melakukan hal yang sama," tambahnya.

NXL sendiri merupakan salah satu tim Esports terbesar dan tertua yang berasal dari Indonesia. Sejak tahun 2005, ratusan prestasi nasional dan internasional telah ditorehkan oleh profesional player di bawah nama NXL. Richard Permana menyatakan bahwa prestasi tersebut merupakan bukti nyata bahwa profesi gamer juga dapat membanggakan dan mengharumkan nama Tanah Air di kancah internasional.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top