REVIEW

Ingin Mendirikan & Mengurus Sekolah Sihir? Cobalah Magic School Story!

Andy Chan   16 May 2019
Ingin Mendirikan & Mengurus Sekolah Sihir? Cobalah Magic School Story!

Pada suatu ketika, Sihir berhasil ditemukan oleh umat manusia. Orang-orang pun mulai mempelajari kekuatan baru ini, dan mereka yang berhasil menguasainya, disebut Penyihir. Sang walikota yang bernama Morlin, adalah salah seorang penyihir ternama yang memutuskan untuk mengajarkan ilmu sihirnya kepada orang-orang di kota. Dengan bantuan para penyihir lain, didirikanlah Sekolah Sihir yang baru untuk mengajarkan ilmu sihir tersebut. Itulah latar belakang dari kisah sekolah sihir yang dibawakan oleh Happy Labs dalam game berjudul Magic School Story.

Ingin Mendirikan & Mengurus Sekolah Sihir?

Dalam Magic School Story, pemain diberikan tugas untuk mengurus sebuah sekolah sihir. Perbesar sekolah sihir tersebut, upgrade kelas-kelas yang ada di dalamnya, tarik murid baru dan lihat mereka lulus, termasuk menjalankan quest seperti bertarung melawan naga, pergi menambang, dan mainkan game puzzle match-three untuk mengumpulkan material, itulah kira-kira yang bisa dilakukan oleh pemain.

Manajer Sekolah Sihir

Pada intinya, Magic School Story adalah sebuah game bertipe manajemen, di mana pemain mengatur semua aspek yang ada di dalam sekolah sihir miliknya. Pemain bisa membangun dormitory untuk menampung murid lebih banyak, mendirikan ruang-ruang kelas yang mengajarkan berbagai macam sihir, dan lain sebagainya. Pemain bisa mengumpulkan koin yang dibayarkan oleh para murid untuk memperluas sekolah, melakukan upgrade, dan lain sebagainya.

Kelulusan Murid

Salah satu aspek yang menarik dari game sekolah sihir ini adalah murid-murid yang menghadirinya. Setiap murid itu unik, memiliki nama masing-masing, dan pemain bisa melihat perkembangan mereka mulai dari murid baru yang tidak tahu sihir, sampai akhirnya lulus menjadi seorang profesor.

Kustomisasi Kampus Sesuka Hati

Bagi penggemar kustomisasi, Magic School Story memberikan pemain satu buah sekolah untuk dikustomisasi sesuka hati. Mulai dari kustomisasi lantai dari kayu, karpet, lalu pembangunan fasilitas sekolah macam kantin, berbagai macam kelas untuk didirikan seperti sejarah, elemen, lingkaran sihir, api, pertarungan sihir, membuat zombie, astrologi, astronomi, racun, dan lain sebainya. Di luar fasilitas tersebut, pemain juga bisa mendekorasikan sekolahnya dengan berbagai macam hal cantik seperti taman, lampu, bunga-bunga, patung naga, dan lainnya.

Puzzle Match-Three

Membangun segala sesuatu dalam Magic School Story itu membutuhkan waktu. Mendirikan dormitory, membangun kelas sihir, semuanya tidak instan dan harus ditunggu secara real-time. Nah, uniknya game ini, di samping permainan utama mengurus sekolah sihir, terdapat juga sebuah game sampingan berupa puzzle match-three. Game puzzle ini bukanlah sembarangan mini game, lho, karena ada gunanya untuk sekolah sihirmu, serta memiliki progresi level yang menantang juga.

Menggunakan Layar Sentuh untuk menyusun Puzzle

Seperti game puzzle match-three pada umumnya, pemain harus menderetkan tiga buah atau lebih barang berwarna sama untuk bisa menghilangkannya dari medan permainan. Dengan menderetkan empat atau lebih barang berwarna sama, pemain akan mendapatkan power up khusus yang bisa membersihkan satu kolom, satu baris, atau meledakkan barang-barang di sekitarnya.

Masing-masing level puzzle match-three ini memiliki target tertentu yang harus dicapai, dan pemain harus mencapainya sebelum jumlah langkah yang disediakan habis. Khusus untuk game puzzle ini, pemain memiliki lima buah Life yang akan berkurang satu setiap kali dimainkan. Anggap saja sistem stamina.

Menggunakan Sihir

Apa gunanya sekolah sihir kalau manajernya tidak bisa menyihir, betul kan? Sebagai seorang manajer sekolah sihir, tentu saja pemain memiliki kemampuan untuk menggunakan sihir. Sihir yang bisa digunakan bermacam-macam, dan biasanya berguna untuk menghasilkan sesuatu di dalam game, seperti menghasilkan koin secara cepat, dan lain sebagainya. Tapi untuk bisa menggunakan sihir ini, dibutuhkanlah bintang. Nah, bintang ini lah yang didapatkan oleh pemain dari memainkan game puzzle match-three.

Tampilan yang Sangat Imut

Magic School Story tampil dengan grafis 2D menggunakan karakter-karakter chibi sepanjang permainannya. Ini membuat medan permainan menjadi menyenangkan hati karena dipenuhi dengan karakter-karakter imut. Dengan artwork karakter 2D, tidak salah kalau permainan Magic School Story ini memang sangat menawan.

Bisa Offline dan Online

Sebenarnya game Magic School Story ini harus dimainkan secara online, namun game-nya mengijinkan pemain untuk memainkannya secara offline. Tentu saja, kalau dimainkan secara offline, ada beberapa sistem yang tidak bisa dinikmati, seperti fitur sosial dan fitur mining. Tersedia mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium Gems, di mana Gems ini bisa digunakan untuk mempercepat segala hal di dalam game, atau untuk membeli koin.

Kalau boleh dibilang, Magic School Story ini adalah hibrida antara game manajemen pembangunan sekolah dengan game puzzle match-three yang sangat menyenangkan. Selagi pemain menunggu pembangunan sekolah, mereka bisa menikmati game puzzle match-three yang menantang. Inilah game manajemen yang wajib dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top