REVIEW

Pelihara Kucing, tapi Bebas Stress? Cobalah The Cat's Meow Town!

Andy Chan   17 Jul 2019
Pelihara Kucing, tapi Bebas Stress? Cobalah The Cat's Meow Town!

Kucing. Makhluk yang satu ini memang ada di mana-mana. Ketika kalian sedang makan, apabila tempatnya memungkinkan, maka pasti ada kucing yang menghampiri untuk meminta bagiannya. Selain kucing jalanan, ada juga kucing rumahan yang tentunya lebih bersih dan terawat. Jika kalian suka memelihara kucing, mungkin game persembahan PipeDream yang berjudul The Cat's Meow Town ini boleh dicoba.

Game memelihara Kucing

The Cat's Meow Town pada dasarnya adalah sebuah game idle. Pemain diberikan seekor kucing untuk dipelihara dan dirawat, seperti diberikan makanan setiap beberapa jam sekali, atau memberikannya obat-obatan ketika kucing tersebut sakit. Sang kucing tentu saja akan berterimakasih dengan berbicara kepadamu serta mengirimkan memo untukmu. Ya, ini game kucing yang boleh dibilang "tidak biasa".

Mengurus Kucing ala Idle Game

Pada mulanya, pemain hanya diberikan satu ekor kucing saja untuk diurus. Sang kucing yang berada di dalam ruangan tersebut akan memiliki icon di atas kepalanya apabila dia membutuhkan sesuatu, misalnya butuh makan karena lapar atau lainnya. Pemain cukup menyentuh tombol "Bag" yang berada di bagian bawah layar dan menggunakan makanan yang disediakan di dalamnya untuk memberikan mereka makan. Semakin sering pemain mengurus kucingnya, semakin kucing tersebut suka dengannya.

Mencari Uang

Mengurus kucing tidaklah murah. Oleh karena itu, pemain bisa melakukan pekerjaan untuk mencari uang dengan cara menyentuh tombol JOB yang berada di bawah layar dan mengambil semua pekerjaan yang ada di dalamnya. Jangan khawatir, karena sebenarnya bekerja di dalam game ini bukanlah benar-benar mengerjakan sesuatu, melainkan hanyalah berupa waktu tunggu saja. Setelah waktu yang tercantum habis, maka pemain akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa digunakan untuk membeli berbagai macam hal, termasuk makanan kucing dan furniture.

Shopping

Setelah mengumpulkan uang, tentunya uang tersebut bisa digunakan untuk belanja. Di bagian bawah terdapat tombol SHOP yang bisa digunakan untuk melakukan browsing belanjaan. Isinya bervariatif, dan akan berubah setiap beberapa waktu sekali. Jadi ada baiknya untuk sering-sering melihat isi dari SHOP tersebut, siapa tahu ada barang atau furniture yang dibutuhkan.

Menghias Ruangan Kucing

Setiap kucing tinggal di satu buah ruangan khusus, dan pemain pun bisa melakukan kustomisasi pada ruangan tersebut dengan membeli furniture. Asyiknya, furniture yang dibeli tersebut akan bisa digunakan oleh sang kucing, seperti untuk tidur atau untuk merawat diri mereka. Para kucing pun akan berkomentar mengenai benda apa pun yang ditaruh oleh pemain di ruangan mereka.

Artwork 2D yang Sederhana

Sayangnya, para meskipun para kucing tampil cukup imut, namun animasi mereka di dalam ruangan cukup terbatas. Kucing-kucing tidaklah bergerak secara bebas, melainkan memiliki sepotong animasi saja, lalu mereka akan teleport ke benda lain di ruangan dan berinteraksi dengan benda tersebut. Yah, memang game kucing ini "tidak biasa" sih, jadi mungkin cukup cocok dengan temanya, apalagi lagu yang digunakan pun terlalu slow dan membuat ngantuk.

Tak Perlu Internet

Selain disajikan secara free-to-play, The Cat's Meow Town juga ternyata bisa dimainkan secara offline lho. Dan berhubung game-nya termasuk dalam genre idle, maka tidak ada yang namanya sistem stamina / energi sama sekali. Iklan akan tampil apabila diminta dan akan memberikan rewards tertentu kepada pemain. Tersedia juga penjualan mata uang premium Gem, yang bisa digunakan untuk membeli kucing baru.

The Cat's Meow Town merupakan game kucing yang bebas stress. Pemain bisa dengan santai mengurus kucing kapan pun mereka mau tanpa ada tekanan apa-apa. Meskipun begitu, sebaiknya para kucing diberikan makan paling tidak tiga kali sehari sih, agar mereka cepat naik level dan mereka pun bersedia mengisahkan mengenai masa lalu mereka. Nah, jika kalian ingin sebuah game kucing yang tidak biasa, The Cat's Meow Town ini wajib dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top