TIPS TRIK

Ingin Facebook Berhenti Memantau Lokasi Kita? Begini Caranya!

Adi P   03 Aug 2017
Ingin Facebook Berhenti Memantau Lokasi Kita? Begini Caranya!

Masih ingat dengan Snap Map? Sebuah fitur dari Snapchat, dimana kita dapat melihat lokasi teman-teman kita di sebuah peta yang ditampilkan oleh media sosial tersebut.

Facebook nyatanya sudah terlebih dulu untuk mengaplikasikan hal ini sejak tahun 2014 lalu. Fitur yang dimiliki oleh layanan milik Mark Zuckenberg ini bernama Nearby Friends. Cara kerjanya pun memang mirip, yaitu mendeteksi dan menampilkan lokasi pengguna ke para pengguna lainnya.

Fitur ini akan menunjukan lokasi tepatnya di mana teman Facebook kita berada, dan juga sebaliknya. Namun, jika kita nyatanya merasa kurang nyaman dengan hal ini, bagaimana cara untuk bisa menonaktifkannya? Karena, hal ini pada dasarnya merupakan sebuah privasi yang mendasar bagi beberapa orang.

Untunglah, Time telah menyodorkan solusinya pada beberapa waktu lalu. Sejatinya, hal ini cukup mudah. Kita hanyalah perlu membuka Facebook pada handphone yang berbasis Android atau pun iPhone milik kita.

Lalu, pilihlah tombol menu yang terletak pada bagian kanan. Dan, semua pengaturan serta menu akan ditampilkan di sini. Pilihlah Explore, lalu lakukan tap pada Nearby Friend.

Di sini, kita dapat melihat lokasi dari teman-teman Facebook kita yang juga mengaktifkan fitur ini. Jika tidak diaktifkan, berarti kita sejak awal memang tidak memberikan izin ke Facebook untuk mengaktifkan dan melihat lokasi kita.

Nah, jika memang ingin menonaktifkannya, kita bisa melakukannya dengan masuk ke pilihan Nearby Friends ini. Kemudian, pilihlah Setting, yaitu menu yang berbentuk gear dan pilihlah untuk menonaktifkan.

Jika kita memang ingin tetap mengaktifkannya tetapi hanya berlaku untuk orang terdekat saja, maka kita pun dapat menyeleksinya dengan memilih “Friends” dan kita bisa memilih siapa saja yang bisa melihat lokasi kita. Selain privasi, dampak terbesar jika kita memang mengaktifkan fitur ini adalah baterai kita akan habis dengan lebih cepat karena GPS akan selalu berada di posisi On.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top