REVIEW

Ingat! Foto-foto Terlarang ini Jangan Diunggah ke Media Sosial!

Dikdok   29 Aug 2018
Ingat! Foto-foto Terlarang ini Jangan Diunggah ke Media Sosial!

Media sosial saat ini telah menjadi sebuah tempat yang digunakan banyak orang untuk bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan secara bebas. Bahkan, saking bebasnya banyak orang yang tidak memperhatikan apakah sebuah konten yang mereka posting berdampak negatif atau tidak.

Banyak kasus dimana foto yang seharusnya tidak diunggah ke media sosial, justru menjadi suatu hal yang bisa merugikan si pemiliknya. Foto-foto tersebut bahkan juga bisa mempengaruhi keamanan maupun privasi dari si pemilik foto.

Nah, kira-kira apa saja foto yang dimaksud ya? Kali ini Jurnal Apps akan memberikan ulasan mengenai foto-foto apa saja yang haram hukumnya untuk diupload ke media sosial. Mari simak bersama-sama.

Foto-foto Terlarang yang Tidak Boleh Di-upload ke Media Sosial

Tiket Perjalanan

Tahukan kalian bahwa mengupload foto tiket perjalanan bisa membuat diri kalian berada dalam bahaya? Karena melalui kode booking yang tertera pada tiket perjalanan, para peretas dapat mengambil data pribadi kalian, mulai dari nama, tanggal lahir hingga informasi passport, untuk nantinya disalahgunakan oleh mereka. Berbahaya bukan?

Uang dan Segala Hal Berkaitan dengan Finansial

Selain terkesan sombong, memposting foto uang dan segala hal yang berkaitan dengan finansial kalian bisa saja mengundang kejahatan. Kalian bisa saja menjadi target perampokan. Jadi, sebanyak apapun uang yang kalian punya, lebih baik simpan "kesenangan" tersebut untuk diri sendiri saja ya!

Foto Anak-anak

Foto inilah yang hingga saat ini masih dengan mudah kita temui di media sosial. Padahal, jika ditelisik lebih jauh lagi, mengupload foto anak-anak di bawah umur ke media sosial bisa jadi sangat berbahaya.

Selain digunakan untuk melindungi identitas dari anak, bisa saja foto tersebut nantuinya digunakan tanpa persetujuan si pemiliknya.

Foto Karya Orang Lain

Sadar atau tidak, ketika kalian memposting foto karya orang lain, hal tersebut sebenarnya sudah melanggar kebijakan copyright atau hak cipta. Oleh karena itu, jika memposting foto atau karya dari orang lain, pastikan sudah mendapatkan izin, atau minimal melampirkan keterangan hak cipta si pemilik asli ya!

Foto yang Bersifat Negatif

Walaupun kalian mungkin pernah melakukan hal yang bersifat negatif di masa lalu, pastikan bahwa hal tersebut cukup kalian sendiri yang tahu saja. Jangan sampai hal tersebut sampai tersebar ke media sosial.

Pasalnya informasi yang sudah tersebar di media sosial nantinya bisa diketahui oleh orang lain dengan sangat mudah. Bisa jadi karena "kesalahan" kalian di masa lalu itu nantinya malah membuat lingkungan sosial kalian menjadi terganggu.

Pengumuman Penting dari Orang Lain

Sebelum mendapatkan persetujuan dari si pemilik informasi, pastikan untuk tidak segera menyebarkan pengumuman penting. Karena kita tidak pernah tahu, apakah mereka memang ingin berita penting yang mereka miliki tersebar ke media sosial.

Nah itulah beberapa foto terlarang yang tidak boleh diupload ke media sosial. Sebebas-bebasnya media sosial dapat digunakan untuk menyalurkan aspirasi, pastikan bahwa kalian tetap memiliki batasan ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top