istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

Indonesia Esports Summit & IESF 14th World Esports Championship Bali 2022 Resmi Dibuka

en19ma   04 Dec 2022
Indonesia Esports Summit & IESF 14th World Esports Championship Bali 2022 Resmi Dibuka

Salah satu agenda terpenting esports Indonesia yang akan menjadi perhelatan tahunan yang diinisasi oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), yaitu Indonesia Esports Summit, resmi dibuka dengan seremoni yang sarat dengan warna keindahan budaya Indonesia yang dibalut kecanggihan teknologi digital.

Perhelatan yang tahun ini memasukkan kejuaraan dunia esports prestisius IESF 14th World Esports Championships 2022 sebagai salah satu agenda utamanya, hingga H-1 upacara pembukaan, telah berhasil memikat perhatian dunia. Terbukti, lebih dari 500 atlet dan ratusan delegasi telah memastikan kehadirannya di Merusaka Nusa Dua Bali yang menjadi lokasi berlangsungnya kegiatan ini. Pertandingan perdana telah dilangsungkan pada tanggal 2 Desember pagi hingga petang, sebelum berlanjut ke upacara pembukaan yang akan menonjolkan tema sportainment.

Gemerlapnya seremoni pembukaan bertema Sportainment dan Sports Tourism ini dihadiri oleh ribuan audiens dari kalangan atlet dunia peserta kejuaraan dunia esports IESF 14th WE Championships 2022, pelaku industri esports tanah air dan mancanegara, organisasi olahraga nasional, selebriti dari industri hiburan, hingga tokoh-tokoh terkemuka esports dari berbagai kawasan dunia.

Seremoni Pembukaan Indonesia Esports Summit dan kejuaraan dunia esports IESF 14th WE Championships 2022 dibuka remi oleh Menteri Pemuda & Olah Raga, Zainudin Amali, beserta Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo, dan Presiden IESF, Vlad Marinescu. Turut hadir Ketua Umum KONI, Marciano Norman, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari dan Bendahara Umum KOI, Tommy Hermawan Lo.


Menteri Pemuda & Olah Raga, Zainudin Amali

Menteri Pemuda & Olah Raga, Zainudin Amali mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Indonesia Esports Summit: IESF 14th World Esports Championships. “Kegiatan yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia merupakan kerja keras Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI). Penyelenggaraan ajang internasional yang spektakuler ini merupakan lompatan besar dalam visinya sebagai kekuatan terdepan di Asia, bahkan dunia. Semoga perhelatan ini menjadi titik awal dimulainya sejarah baru untuk memberikan kontribusi besar esport untuk bangsa dan negara," ujar Menpora Amali.

Dalam sambutan pembukanya, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo, di hadapan media internasional, nasional dan lokal Bali, mengajak seluruh masyarakat dunia untuk menyadari besarnya potensi esports terhadap kehidupan sosial ekonomi budaya seluruh bangsa. Ia pun mengatakan bahwa antusiasme esports dunia terhadap penyelenggaraan Indonesia Esports Summit menjadi sinyal positif terhadap konsep besar yang diusung, yaitu Sports Tourism.

“Melalui Indonesia Esports Summit, kami ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas tentang sinergitas yang dapat dibangun melalui esports untuk tujuan pemberdayaan dan optimalisasi di seluruh sektor yang menjadi ekosistemnya. Kami ingin masyarakat paham bahwa esports tidak hanya bermain gim atau menyelenggarakan turnamen gim. Namun, esports adalah cabang olahraga yang telah menjadi industri besar dengan potensi ekonomi, sosial dan budaya yang luar biasa yang menyentuh sektor olahraga prestasi, ekonomi kreatif, pariwisata, teknologi, dan bahkan pendidikan. Esports adalah bidang yang membutuhkan keseriusan, kecerdasan, kreativitas, dan integritas,” ujar Bambang.


Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo

Bambang Sunarwibowo pada kesempatan tersebut juga kembali menegaskan bahwa Esports telah menjadi industri olahraga dengan nilai ekonomi yang besar, membutuhkan pengelolaan yang serius dan penuh komitmen, dan membutuhkan dukungan dunia pendidikan dalam melahirkan SDM berkompetensi & berkarakter. “Untuk itu, penting bagi dunia esports untuk bersinergi erat dengan dunia pendidikan.”

“Melalui Indonesia Esports Summit, kami akan menyuguhkan pertandingan esports kelas dunia lewat IESF 14th World Esports Championships 2022, sajian entertainment kontemporer dan tradisional, ekshibisi industri kreatif dan teknologi terdepan, hingga beragam diskusi menarik yang akan mengangkat isu-isu hangat di dunia esports dan ekositemnya,” ujar Bambang Sunarwibowo. “PB ESI juga ingin menegaskan kembali ke masyarakat luas, terutama kalangan pelaku ekonomi kreatif, tentang besarnya potensi esports dalam memulihkan dan membangkitkan kembali industri kreatif dan Pariwisata yang sempat terkendala akibat pandemi.”

Pada kalimat penutupnya, Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo juga menyampaikan pesan yang sangat kontekstual dengan situasi dunia saat ini. "Jadikan esports sebagai sarana bagi para pelakunya di seluruh dunia untuk menggalang persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian dunia.”

Kejuaraan dunia esports IESF World Esports Championships 2022 yang menjadi bagian dari agenda besar Indonesia Esports Summit 2022, mempertandingkan enam nomor gim, yaitu Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang-Bang, eFootball 2023, DOTA 2, dan Tekken 7. Lebih dari 500 atlet dari 106 negara telah berada di Bali untuk berkompetisi merebutkan gelar Juara Dunia di nomor-nomor yang dilagakan. PB ESI sangat serius dalam mempersiapkan Tim Nasionalnya yang akan berlaga di IESF 14th World Esports Championships 2022 dengan target sukses dalam penyelenggaraan maupun prestasi.

Lepas Atlet ke IESF 2022, Ketua Harian PB ESI Motivasi untuk Raih Prestasi Terbaik

Melepas secara simbolis atlet-atlet esports nasional yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Esports IESF – Bali 14th World Esports Championships 2022 pada tanggal 11 November 2022 lalu, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo menyampaikan dukungannya untuk mengobarkan semangat dan optimisme atlet untuk yakin mampu meraih prestasi terbaik di kejuaraan dunia prestisius tersebut.

Ketua Harian PB ESI Bambang Sunarwibowo dalam pesannya yang penuh dengan motivasi menegaskan bahwa para atlet esports yang telah terpilih dan akan bertanding di IESF Bali 14th World Esports Championships 2022 adalah patriot-patriot Bangsa Indonesia yang dituntut untuk bermental baja.


Ketua Harian PB ESI, Bambang Sunarwibowo

“Mereka juga merupakan orang-orang terbaik yang terpilih dari 270 juta masyarakat Indonesia yang telah berkomitmen untuk menyumbangkan kemampuan terbaiknya demi kejayaan bangsa dan negara di kancah dunia,” ungkap Bambang. “Agar mampu mengibarkan Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya di pentas dunia, dan menjadikan Indonesia sukses sebagai juara umum, kami berpesan agar para atlet terus menjaga keunggulan performa melalui latihan dan latihan, dan selalu menjadi petarung serta pejuang yang bermental juara.”

Pada kesempatan tersebut, Bambang juga menyampaikan pesan Ketua Umum PB ESI Budi Gunawan yang turut memberikan semangat kepada agar para atlet dari seluruh nomor gim yang dipertandingkan di IESF Bali 14th World Esports Championships 2022 nanti, yaitu DOTA 2, CS:GO Men & Women, Tekken7, Mobile Legend: Bang Bang, PUBG Mobile, dan eFootball.

“Ketua Umum berpesan agar para atlet terus disiplin dalam menjaga kesehatan, memastikan seluruh kebutuhan dan perlengkapan tersiapkan dengan baik, memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya, terus mengenali kelemahan diri untuk bisa meningkatkan kemampuan, menjaga kekompakan tim, selalu menjaga sportivitas, tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun, dan optimis,” ujarnya.


Kepala Pelatih Pelatnas IESF Bali 14th World Esports Championships 2022, Yohannes P Siagian (berdiri paling kiri) berfoto bersama para atlet yang akan bertanding di IESF Bali 14th World Esports Championships

Kepala Pelatih Pelatnas IESF Bali 14th World Esports Championships 2022, Yohannes P Siagian, mengungkapkan bahwa Pelatnas yang dimulai sejak 14 November memilih 30 atlet yang akan tergabung di Tim Nasional yang bertanding di kejuaran dunia IESF tersebut.

“Atlet-atlet yang mengikuti Pelatnas menunjukkan profesionalitas yang tinggi. Terlihat dari kesungguhan dan attitude yang ditunjukkan selama mengikuti Pelatnas. Kami mohon dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan ekosistem esports untuk mendukung Tim Nasional Indonesia agar berhasil menjadi juara umum,” pungkas Yohannes.

Apresiasi IESF untuk PB ESI

Dengan semua mata tertuju kepada Indonesia, President IESF, Vlad Marinescu, menyampaikan apresiasi kepada PB ESI atas dedikasi dan totalitas yang ditunjukkan selama persiapan IESF 14th World Esports Championships. “PB ESI dan Garudaku menyediakan kebutuhan untuk kompetisi ini dengan sangat baik. Dari koordinasi dengan demikian banyaknya negara peserta, menyiapkan akomodasi yang memadai dan bahkan melebihi ekspektasi, hingga berbagai hal yang dibutuhkan untuk menyukseskan acara ini, Indonesia patut mendapatkan acungan jempol sebagai tuan rumah.”

Ia pun memuji kontribusi positif PB ESI terhadap kemajuan pesat yang dialami oleh ekosistem esports Indonesia. “Di bawah naungan PB ESI, ekosistem esports Indonesia kini tertata dengan baik, melibatkan berbagai elemen, serta memberikan apresiasi kepada atlet yang sesuai dan proporsional. Negara-negara lain dapat menjadikan Indonesia dan PB ESI sebagai contoh untuk perkembangan infrastruktur dan pembentukan federasi esports di negaranya. Ke depannya, Indonesia bahkan mampu menjadi pusat esports dunia,” pungkasnya.


President IESF, Vlad Marinescu

Presiden IESF, Vlad Marinescu menyambut seluruh atlet dan delegasi pada upacara tersebut dan mengatakan: "Selamat datang di Bali untuk Final Kejuaraan Esports Dunia 2022. Kami sangat senang melihat 106 negara bersejarah, lebih dari dua kali lipat dari edisi tahun lalu, bersaing dalam edisi ke-14 dari acara ini di sini di Tanah Para Dewa. Kalian semua di sini di negara yang indah ini dan mereka yang menonton adalah bukti dan cerminan dari pertumbuhan dan kemajuan Keluarga Esports Dunia,” ungkapnya.

Kejuaraan Dunia Esports IESF yang digelar di Nusa Dua, Bali ini berhasil memecahkan beberapa rekor diantaranya adalah kegiatan esports dengan jumlah partisipan terbesar sepanjang sejarah penyelenggaraan, konsep sports tourism yang inspiratif tidak saja bagi ekosistem esports lokal, namun juga dunia serta kegiatan esports di pinggir pantai pertama yang diselenggarakan di dunia. Terkait dengan rekor-rekor baru tersebut, Guinness World Records akan memantau dan diharapkan perhelatan ini akan melahirkan rekor dunia-rekor dunia baru yang membanggakan Indonesia.


President IESF, Vlad Marinescu (duduk di kanan membelakangi kamera) menjabat tangan Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo

Pertumbuhan Esports Indonesia Dapatkan Perhatian dari Forum Dunia

Pertumbuhan esports di Indonesia berhasil menyita perhatian dari audiens mancanegara yang hadir di Australia Indonesia Business Council (AIBC) Conference 2022. Pertanyaan hadirin terkait arah perkembangan tersebut dijawab oleh delegasi Indonesia yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Hukum dan Legalitas sekaligus juru bicara Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Yudistira Adipratama, S.H., LL.M, pada tanggal 11 November 2022 lalu.

Yudistira mengatakan, esports merupakan sektor pasar baru dengan tingkat perkembangan tinggi yang patut dilirik Australia dan juga komunitas internasional, terutama sebagai bagian dari perekonomian digital Indonesia yang bertumbuh pesat.


Yudistira Adipratama, S.H., LL.M. di AIBC Conference 2022

“Momentum perkembangan esports di Indonesia maupun secara global sangat positif. Terdapat 465 juta penonton esports di seluruh dunia, naik 6,7% dari tahun sebelumnya, dan lebih dari 3,24 miliar pemain gim secara keseluruhan. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 53 juta pemain gim dan terus bertambah,” ia menekankan.

Antusiasme tersebut digambarkan sepenuhnya melalui gelaran Indonesia Esports Summit 2022 dan Bali 14th World Esports Championships 2022 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 30 November-12 Desember 2022. “Kami pun mengundang Australia dan komunitas internasional untuk bersama-sama menikmati perhelatan yang memadukan kompetisi, budaya, dan semangat wirausaha serta UMKM yang kami sajikan nanti di Bali.”

Gelaran ini, tutur Yudistira, sekaligus merupakan sinyal dari meningkatnya kesadaran seluruh pemangku kepentingan akan potensi esports untuk mendongkrak perekonomian digital. Kepada audiens, Yudistira menjawab bahwa pemerintah Indonesia sangat suportif dalam beberapa tahun terakhir.


Suasana Sesi Diskusi di AIBC Conference 2022

“Pesatnya pertumbuhan esports tentunya tidak bisa dipisahkan dari dukungan pemerintah Indonesia terhadap ekosistem gim dan esports Tanah Air, antara lain melalui pengakuannya terhadap esports sebagai cabang olahraga yang kompetitif dalam salah satu poin pembahasan di Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Regulasi ini juga memperkuat peran PB ESI sebagai induk organisasi cabang olahraga, yang menciptakan kepastian hukum yang dibutuhkan oleh para pelaku industri esports,” Yudistira mengatakan.

Australia Indonesia Business Council (AIBC) Conference 2022 digelar di Darwin, Australia dengan tema “Partnering for Growth: Stronger, Together.” Diselenggarakan sekali setiap dua tahun, konferensi bisnis tingkat tinggi ini melibatkan pelaku usaha dan pejabat negara dari Australia maupun Indonesia, termasuk Duta Besar Indonesia untuk Australia Dr Siswo Pramono, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Arsjad Rasjid, dan Menteri Perdagangan Australia Senator Don Farrell. Beberapa topik yang dibahas adalah agribisnis, pendidikan dan pelatihan, infrastruktur, dan transisi energi.

Gelaran Esports Terbesar

Direktur Utama PT Garuda Produksi Kreatif, Daniel Sutrisno memaparkan Indonesia Esports Summit: IESF 14th World Esports Championships 2022 telah memasuki tahap finalisasi. “Empat panggung pertandingan yaitu fire stage, ice stage, air stage dan earth stage sudah memasuki tahap finalisasi, begitupun water stage yang digunakan untuk panggung festival. Booth dan exhibition area pun sudah hampir rampung,” ungkapnya.


Daniel Sutrisno, CEO PT Garuda Produksi Kreatif (paling kanan), berfoto bersama Debora Imanuella, Staf Khusus Humas PB ESI sebagai moderator; Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian PB ESI; dan Vlad Marinescu, President, IESF

106 negara dan lebih dari 600 peserta telah siap berkompetisi. Para pengisi acara dan pendukung acara telah siap dan bersama-sama saling mendukung untuk menyukseskan jalannya acara Internasional ini. “Kami memohon doa serta dukungan pegiat esports, komunitas esports dan seluruh masyarakat Indonesia, untuk keberhasilan acara ini dan kemenangan tim nasional Indonesia demi merah putih dan negara kita tercinta,” pungkasnya.

Untuk mendapatkan update informasi pertandingan dapat mengakses melalui https://wec.iesf.org/ dengan format waktu adalah GMT+8 atau WITA.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top