NEWS GADGET

Indocomtech 2019 Suguhkan Tren Teknologi Terkini untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0

en19ma   30 Oct 2019
Indocomtech 2019 Suguhkan Tren Teknologi Terkini untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0

Ajang pameran teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia, Indocomtech, resmi dibuka pada hari ini, tanggal 30 Oktober 2019, di Hall B - Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. Pelaksanaan Indocomtech yang ke-27 ini terselenggara atas kerjasama Traya Eksibisi Internasional dengan Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI). Turut hadir dalam acara pembukaan hari ini, di antaranya adalah Irwin Day, Sekretaris Jenderal Federasi Teknologi Informasi Indonesia dan Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJI).

Sebagaimana pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, Indocomtech 2019 juga akan menyuguhkan beragam tren teknologi terkini. Tercatat, ada sekitar 250 perusahaan teknologi –baik lokal atau pun internasional– ternama yang berpartisipasi, seperti HP Indonesia, Asus Indonesia, Acer, MSI, Intel, Dell, Epson, Erafone, iBox, V-Gen, dan Indodax sebagai platform jual beli aset digital terbesar di Indonesia. Selama 5 hari, mereka akan memamerkan berbagai produk teranyar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam 10 kategori berbeda, mulai dari accessories, audio camera, gaming, laptop & PC, TV, telco, smartphone, smarthome hingga wearable device.

Terselenggaranya Indocomtech mendapatkan sambutan positif dari Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI). Selaku Ketua Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI), Hidayat Tjokrodjojo, mengatakan bahwa Indocomtech adalah bukti komitmen dalam mendukung program pemerintah. “Pemerintah telah memiliki perhatian serius dalam menghadapi arus revolusi industri 4.0 yang begitu canggih. Dengan suguhan beragam tren teknologi terkini yang ditampilkan di Indocomtech, kami berharap dapat turut menyukseskan program yang telah pemerintah jalankan, yakni “Making Indonesia 4.0”.”

Seperti yang disampaikan oleh pihak Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI), pemerintah telah melakukan terobosan dalam menyiasati Revolusi Industri 4.0. Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya Peta Jalan (roadmap) Revolusi Industri 4.0 bernama “Making Indonesia 4.0” yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 lalu.

Dari lima sektor manufaktur yang difokuskan di Peta Jalan, salah saatunya adalah sektor elektronik yang mencakup berbagai produk gawai dan teknologi informasi, seperti smartphone, laptop, komputer, kamera, dan sebagainya. Di samping itu, dukungan dari pemerintah juga diberikan lewat peresmian tol langit berupa Palapa Ring sejak tanggal 14 Oktober 2019 oleh Presiden Joko Widodo, yang menghubungkan konektivitas di 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Dengan menargetkan dikunjungi oleh sebanyak 200.000 pengunjung, Indocomtech tidak hanya menjadi ajang pameran jual beli beragam produk teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), financial technology, smart health, drone, blockchain, dan virtual reality saja, tetapi sekaligus juga wahana edukasi dan sharing perkembangan teknologi yang saat ini mengarah pada pemanfaatannya yang lebih luas.

Indocomtech kali ini menghadirkan turnamen gaming pertamanya, OMEN Challenger Series 2019, yang diselenggarakan oleh HP Inc. Selain turnamen CS:GO, pengunjung juga dapat menikmati kompetisi cosplay dan coswalk, serta penampilan dari Weird Genius and Ramengvrl. Gamers juga dapat membeli rangkaian produk gaming HP, OMEN 15 Laptop, dan Pavilion Gaming 15, dan memndapatkan hadiah langsung berupa aksesoris gaming HP dengan nilai hingga Rp 1.500.000.

“Dengan terintegrasinya pekerjaan dan kehidupan pribadi, konsumen membutuhkan perangkat inovatif yang dapat mendukung lifestyle dan workstyle mereka,” kata Hansen Wijaya, Indonesia Consumer Personal System Category Lead, HP Inc. “HP terus menghadirkan inovasi PC dan print untuk memberdayakan kesuksesan masyarakat Indonesia, baik para pemilik usaha kecil mau pun para gamer.”

Selain itu, Indocomtech juga mengadakan Esports Exhibition yang memungkinkan para pengunjung untuk mendapatkan pengalaman tersendiri dalam memainkan sejumlah game ternama, seperti Free Fire, Dota 2, dan CS:GO.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, HP Indonesia akan memperkenalkan printer toner tank pertama di dunia, HP Neverstop Laser. Seri printer terbaru ini didukung oleh tangki toner revolusioner yang dapat dengan mudah mengisi ulang sendiri dalam 15 detik. HP juga menawarkan promosi untuk seluruh pengunjung Indocomtech, sepuluh pembelian HP Neverstop Laser pertama akan mendapatkan hadiah koper eksklusif. Kunjungi booth HP di Hall A - JCC, dan dapatkan promosi spesial untuk seluruh rangkaian PC, printer, tinta, dan toner asli, serta aksesoris HP.

“Sesuai dengan temanya “Never Stop Exploring,” Indocomtech senantiasa berusaha memberikan pengalaman lebih kepada masyarakat lewat berbagai inspirasi teknologi serta beragam kegiatan yang menarik dan menghibur. Itulah kenapa tahun ini kami mengadakan turnamen esports, esports exhibition hingga pertunjukan cosplay,” kata Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional, Bambang Setiawan.
Sebagai ajang edukasi dan transfer pengetahuan untuk merespon perkembangan teknologi terkini, Indocomtech mengadakan sejumlah program talkshow dan seminar, yang di antaranya adalah workshop bidang animasi, digital marketing, dan entrepreneurship.

Untuk mendukung upaya internasionalisasi program pendidikan berbasis 4.0 dan penerapan, Indocomtech bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyelenggarakan Olimpiade TIK Nasional bertama ICT for Better Future, yang diikuti sebanyak 700 peserta yang terdiri dari para siswa seluruh Indonesia mulai dari tingkat dasar sampai menengah.

Sejumlah kompetisi yang digelar di antaranya adalah robotic, membuat games, coding, video kreatif, ICT for math, blog, fotografi, dan sebagainya. Khusus untuk para pendidik juga dapat mengikuti serangkaian workshop dan seminar yang mengulas tentang penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi yang mendukung pendidikan 4.0 berbasis cloud.

Pelaksanaan Olimpiade TIK tersebut menurut Ketua Yasayasan Apkomindo Indonesia, Hidayat Tjokrodjodjo, menjadi ajang sosialiasi kepada para guru dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis STEAM (Science - Technology - Engineering - Art - Mathematics). “STEAM ini sangat penting dipahami dan dikuasai para guru sehingga semua mata pelajaran dapat diaplikasikan secara STEAM,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hidayat Tjokrodjodjo mengatakan bahwa Indocomtech akan terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan sejumlah kementerian terkait, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan instansi terkait lainnya.

Indocomtech adalah pameran teknologi yang mendapatkan animo tinggi dari masyarakat. Dari tahun ke tahun, Indocomtech senantiasa mengalami tren yang positif. Tahun lalu, pameran ini mencatatkan transaksi sebesar RP 639 miliar dengan total pengunjung sekitar 185.000 orang. Bambang Setiawan berharap agar pada Indocomtech 2019 akan terjadi peningkatan, baik dari jumlah pengunjung mau pun nilai transaksi. Indocomtech tahun ini disponsori oleh Telesindo, Kalbe Nutritionals, Mayora, dan Hanamasa.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top