REVIEW

Monster tapi Imut? Ayo, Temui para Spookiz di Funny Link Puzzle: Spookiz 2000

Andy Chan   27 Apr 2019
Monster tapi Imut? Ayo, Temui para Spookiz di Funny Link Puzzle: Spookiz 2000

Mungkin tidak banyak yang kenal dengan serial animasi Spookiz. Spookiz adalah sebuah serial animasi komputer dari Korea Selatan dengan tokoh utama lima monster yaitu Cula (Dracula), Frankie (Frankenstein), Kebi (Cyclops), KongKong (Jiangshi) dan Zizi (Zombie). Biasanya setiap episode mengisahkan interaksi mereka satu sama lain dengan kocak.

Adaptasi Game oleh Aura Studio

Seri animasi Spookiz ini pun diadaptasikan menjadi sebuah game oleh Aura Studio dengan judul Funny Link Puzzle: Spookiz 2000. Game-nya sendiri adalah semacam puzzle match-three yang menggunakan sistem koneksi. Dikisahkan bahwa kelima monster tersebut menembus sebuah cermin dan berubah bentuk menjadi lucu, jadinya mereka adalah bola-bola yang mewakili Gems di game-game puzzle match three pada umumnya.

Menarik Garis untuk melakukan Match-Three

Untuk melakukan match-three dalam Funny Link Puzzle: Spookiz 2000, pemain tinggal menarik garis melewati kepala-kepala para monster yang tampil bagaikan bola tersebut. Syaratnya, kepala tersebut harus sama, dan minimal tiga buah. Apabila pemain berhasil menarik garis lebih dari lima kepala monster yang sama, maka akan terciptalah special power up. Semakin panjang garis yang ditarik, semakin kuat juga power up nya, mulai dari bom kecil, bom empat arah, hingga bom besar.

Komplikasi Permainan

Seperti game puzzle match-three pada umumnya, setiap level di game ini pun memiliki target yang harus dicapai, biasanya berupa jumlah kepala yang harus diambil. Namun seringkali ada komplikasi di dalam level, seperti membuka peti kemas yang berisi kelelawar, menjatuhkan bola ke bagian dasar permainan, menarik garis untuk mengurangi angka dalam bubble, dan lain sebagainya. Semua itu harus diselesaikan dalam jumlah langkah yang terbatas.

Tools yang siap Membantu

Untuk membantu menyelesaikan level yang semakin lama semakin sulit dalam Funny Link Puzzle: Spookiz 2000 ini, disediakanlah yang namanya Tools. Ada petir untuk menghancurkan Spookiz berwarna sama, ada pelangi untuk menyambungkan dua Spookiz berbeda warna, ada bom, ada Shuffle, dan lain sebagainya. Tools ini terbatas, namun bisa didapatkan dengan membuka peti harta yang didapatkan setelah mengumpulkan sejumlah poin atau membelinya dengan uang dalam game.

Para Spookiz yang Tampil Imut

Penggemar Spookiz akan senang melihat para karakter favorit mereka tampil secara imut dalam game Funny Link Puzzle: Spookiz 2000. Meskipun tampilan game-nya sendiri sederhana, namun cukup fungsional sebagai sebuah game match-three. Animasi pembuka game ini juga tampak sangat menawan, mirip dengan animasi komputer di serial animasinya.

Tanpa Sistem Life atau Stamina

Funny Link Puzzle: Spookiz 2000 memang merupakan game puzzle match-three yang gratisan, namun berbeda dengan game-game puzzle match-three umumnya, ternyata game ini sama sekali tidak menggunakan sistem Life atau stamina. Dengan demikian, pemain bisa mengulang sebuah level secara bebas tanpa batasan sama sekali. Sebagai gantinya, game ini akan membombardir pemain dengan iklan bertubi-tubi setiap levelnya. Untungnya, dengan main secara offline, iklan tersebut bisa dilenyapkan. Mikrotransaksi juga disediakan untuk pembelian uang in-game apabila dibutuhkan.

Meskipun mungkin banyak yang tidak kenal dengan seri animasi Spookiz, namun kemampuan game ini untuk dimainkan secara offline serta tidak adanya sistem Life / Stamina, membuat Funny Link Puzzle: Spookiz 2000 sebagai sebuah game puzzle match-three yang patut dicoba. Yang penting, mainkan secara offline agar tidak diganggu iklan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top