REVIEW

Imutnya Luffy & Kawan-kawan dalam One Piece Bon! Bon! Journey!!

Andy Chan   11 Apr 2020
Imutnya Luffy & Kawan-kawan dalam One Piece Bon! Bon! Journey!!

Siapa tidak kenal dengan Monkey D. Luffy, sang pemuda yang bercita-cita menjadi raja bajak laut dalam serial komik dan animasi One Piece? Kini Luffy dan para anggota kru bajak lautnya hadir dalam sebuah game imut di ponsel pintar yang berjudul One Piece Bon! Bon! Journey!! Uniknya, meskipun mereka cukup bisa dikenali sebagai karakter-karakter One Piece, namun mereka semua sama sekali tidak memiliki badan! Lho?!? Ya, mereka sudah berubah menjadi puzzle pieces berbentuk bonbon yang imut.

Resmi dari Bandai Namco

One Piece Bon! Bon! Journey!! adalah sebuah game adaptasi resmi serial One Piece dari Bandai Namco yang baru saja dirilis bulan Maret 2020 lalu. Dalam game ini, pemain akan mengikuti kisah petualangan bajak laut topi jerami Luffy dan teman-temannya bagaikan mengikuti anime dan manga-nya, namun dalam bentuk permainan match-three yang imut.

Cara Bermain

Cara memainkan One Piece Bon! Bon! Journey!! sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan game match-three lainnya. Pemain melakukan matching pada bonbon yang berbentuk kepala karakter One Piece di medan permainan. Setiap bonbon yang berhasil di-match, akan menyerang musuh secara otomatis. Biasanya pemain diberikan tugas untuk mengalahkan sejumlah musuh, atau bisa juga mengalahkan boss dalam boss battle. Pemain harus bisa menyelesaikan level tersebut sebelum langkah terbatas yang diberikan habis.

Special Pieces

Seperti biasanya game puzzle match-three, pemain akan bisa melakukan matching lebih dari 3 bonbon untuk mendapatkan special pieces. Matching 4 bonbon akan menghasilkan panah yang akan membersihkan satu baris atau kolom bonbon. 5 bonbon dalam bentuk L akan menghasilkan bom untuk meledakkan bonbon di sekitarnya, dan 5 bonbon dalam bentuk garis lurus akan menghasilkan sebuah piece pelangi yang bisa membersihkan satu jenis bonbon dari medan permainan. Dan tentu saja, pemain akan bisa menggabungkan dua buah special pieces untuk menggabungkan efek mereka.

Booster

Sebelum permainan dimulai, pemain bisa memilih booster untuk membantu permainan. Booster ini akan memberikan special pieces di medan permainan.

Mengikuti Kisah One Piece dari Awal

Kisah One Piece benar-benar diceritakan ulang dalam game ini, namun tidak dalam bentuk seperti yang kalian pikir. Ikutilah kisah Luffy dari masih kecil bertemu dengan Shanks, hingga kisah yang kekinian, termasuk mengumpulkan krunya, mencapai Grand Line, kejadian di Dressrosa, dan lain sebagainya. Artwork karakternya cukup otentik (untuk ukuran bonbon), dan pasti dikenali oleh para fans, ditambah dengan sedikit voice acting dari karakter-karakternya, sehingga bagi penggemar One Piece, dijamin melihat ulang kisah ini dalam bentuk karakter-karakter bonbon akan membuat kalian tersenyum senang.

Perlu Online untuk Main

Seperti biasanya game-game free-to-play dari perusahaan besar macam Bandai Namco, pasti diwajibkan untuk online. Untuk mendapatkan kru pun pemain harus melakukan Gacha. Ada banyak karakter yang bisa direkrut, mulai dari anggota bajak laut topi jerami itu sendiri macam Nami, Robin, Zolo, Sanji, dan lainnya, karakter musuh macam Buggy atau bisa juga karakter teman macam Zeff si koki Baratie atau Koby sang marinir. Sayang game-nya menggunakan sistem stamina, jadi pemain tidak akan bisa main lama-lama sebelum stamina-nya habis. Tersedia juga sebuah toko untuk membeli mata uang premium Rainbow Pearls, yang berguna untuk berbagai macam hal.

Memang sebenarnya secara gameplay, tidak ada yang terlalu istimewa-istimewa banget. Tapi dengan dibungkus artwork One Piece yang imut, animasi yang lucu, dan mengisahkan ulang One Piece dari depan, membuat One Piece Bon! Bon! Journey!! sebagai game wajib para fans One Piece.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top