REVIEW

Ikuti Kisah Lily Merenovasi Taman Warisannya dalam Lily’s Garden

Andy Chan   06 Aug 2019
Ikuti Kisah Lily Merenovasi Taman Warisannya dalam Lily’s Garden

Kehidupan Lily saat ini adalah kehidupan yang penuh dengan kesialan. Putus cinta, ponsel rusak, rumah bocor, kopi tumpah di laptop, kacamata pecah, kunci hilang di selokan, pokoknya dirinya identik sekali dengan kesialan. Namun semua itu berubah ketika dia mendapatkan warisan sebuah rumah besar di gunung dari bibinya Mary. Oleh karena itu, Lily pun langsung bergegas meninggalkan kehidupannya di kota dan mengunjungi kembali rumah masa lalunya tersebut. Dengan tugas merenovasikan taman tersebut sampai menjadi megah lagi, barangkali peruntungan Lily bisa berubah, dan siapa tahu, dia bisa mendapatkan kisah cinta juga. Itulah latar belakang kisah game buatan Tactile Games yang diberi judul Lily's Garden.

Taman, Romansa & Puzzle

Lily's Garden pada dasarnya adalah sebuah game puzzle yang dibungkus dengan nuansa romansa yang menarik. Di rumah tuanya tersebut, Lily pun bisa berinteraksi dengan banyak karakter unik, dan barangkali bisa menemukan cinta yang baru. Tentu saja, sambil melakukannya, Lily pun harus mendekorasikan taman sampai kembali menjadi megah.

Blast Puzzle

Mirip dengan Puzzle Match-Three, namun dalam Lily's Garden, pemain tidak harus menderetkan tiga buah, namun dua buah kotak berwarna sama saja sudah cukup untuk mengambil kotak bergambar bunga tersebut. Dan cara untuk mengambil kotak bunga tersebut pun cukup dengan menyentuhnya saja, maka kotak dengan warna sama yang saling berhubungan itu pun akan langsung terambil. Itulah yang biasanya disebut dengan Blast Puzzle. Seperti biasa, pemain memiliki jumlah langkah terbatas dalam sebuah level, dan ada target yang harus dicapai untuk menyelesaikan level tersebut.

Power Up

Apabila pemain berhasil menyusun 5 sampai dengan 7 kotak bunga untuk diambil, maka kumpulan kotak bunga tersebut akan berubah menjadi sebuah roket yang bisa membersihkan satu baris atau satu kolom kotak bunga. Kalau pemain berhasil menyusun 8 sampai 9 kotak bunga sekaligus, maka dia akan menghasilkan sebuah bom yang bisa meledakkan satu bagian dari medan permainan secara spektakuler. Terakhir, jika berhasil menyusun 10 atau lebih kotak bunga, maka terciptalah sebuah botol sihir yang bisa membersihkan medan permainan yang berwarna sama dengan botol tersebut.

Gabungan Power Up

Uniknya, semua power up tersebut bisa digabungkan dengan cara mempertemukan mereka di medan permainan dan mengaktifkan salah satunya untuk menghasilkan sebuah efek berantai yang fantastis. Itulah strategi yang harus dilakukan oleh pemain untuk bisa menyelesaikan sebuah level dengan cepat.

Komplikasi Permainan

Tidak jauh berbeda dengan game-game puzzle match-three lainnya, Lily's Garden juga memiliki beberapa macam komplikasi di dalam permainannya. Ada elemen bernama bunga dandelion yang hanya bisa diambil dengan mengambil kotak bunga di sampingnya, ada bungkusan bibit kembang yang harus dijatuhkan ke bagian bawah layar, dan lain sebagainya yang membuat permainan tetap menantang.

Booster dan Tools

Untuk membantu permainan, tersedialah booster dan tools untuk digunakan sebagai alat bantu. Ada Roket yang langsung dihadirkan di medan permainan, ada sekop yang bisa membersihkan satu kotak bunga di layar, dan macam-macam lainnya.

Mendekorasi Taman

Seperti biasanya game-game dekorasi, pemain bebas melakukan perubahan pada dekorasi taman dengan sesuka hati. Di setiap obyek, biasanya pemain diberikan tiga buah pilihan dekor yang bebas dipilih sesuai selera. Tentu saja, untuk bisa mendekor taman, pemain harus memiliki bintang. Nah, bintang ini harus didapatkan dengan cara memainkan game blast puzzle-nya.

Grafis 2D yang Menawan

Lily's Garden adalah game yang menggunakan grafis 2D dengan animasi yang benar-benar menawan. Pemain bisa melihat bagaimana taman yang tadinya terbengkalai, berubah menjadi sebuah taman yang megah. Meskipun kurang lebih sama dengan game-game bertipe dekor plus puzzle match-three lainnya, namun design karakter dalam Lily's Garden tampak cantik. Selain itu, permainan juga diramaikan dengan karakter-karakter pendukung yang menarik untuk diinteraksikan oleh Lily.

Menggunakan Sistem Life

Dihadirkan secara free-to-play, Lily's Garden ini ternyata bisa dimainkan secara offline lho! Meskipun begitu, game-nya tetap menggunakan sebuah sistem stamina yang berbentuk Life, jadi apabila pemain gagal menyelesaikan sebuah level, maka Life akan berkurang satu. Kalau Life habis, pemain harus menunggu dulu baru bisa melanjutkan kembali permainan, jadi kalau tidak mau kehilangan Life, pemain bisa melakukan continue dengan membayarkan koin yang didapatkan di dalam game. Koin inilah yang dijadikan bahan mikrotransaksi oleh Tactile Games.

Lily's Garden sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan game-game sejenisnya seperti Matchington Mansion atau Gardescapes. Namun hadirnya sebuah opening animation keren mengenai sialnya Lily di awal permainan benar-benar menawan hati, sehingga pemain akan terpancing untuk mencari tahu bagaimana kisah Lily selanjutnya di rumah dan taman warisannya tersebut. Selain itu, game ini cukup santai, jadi boleh juga untuk dijajal di waktu senggang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top