REVIEW

Idle Lumberjack 3D, Game Idle yang Ternyata Bikin Sibuk

Andy Chan   28 Jul 2020
Idle Lumberjack 3D, Game Idle yang Ternyata Bikin Sibuk

Sebuah game idle biasanya menargetkan pemainnya untuk berhenti bekerja setelah paling lama 10 menit pertama, karena setelah itu, semuanya sudah terotomatisasi. Pemain pun tinggal berleha-leha dan menantikan penghasilan masuk bagaikan seorang konglomerat yang sudah berinvestasi di berbagai bisnis yang menguntungkan. Tapi tidak demikian halnya dengan game idle yang satu ini.

Game Penebang Pohon

Tebang semua pohon-pohon, jual potongan pohon tersebut, dan gunakan uangnya untuk membeli berbagai macam upgrade, itulah tema dari game Idle Lumberjack 3D yang dipersembahkan oleh VOODOO. Biasanya menebang pohon sembarangan itu ilegal dan merusak bumi, tapi ternyata menebang pohon di game ini ternyata sangat menyenangkan.

Kendali Virtual Gamepad

Agak unik untuk sebuah game idle adalah tipe kendali berupa sebuah virtual gamepad. Pemain menggerakkan sang penebang pohon menggunakan virtual gamepad tersebut, dan untuk menebang pohon, cukup berhenti bergerak saja di dekat sebuah pohon, dan dia akan secara otomatis mengayunkan kampaknya sampai pohon tersebut tumbang. Sederhana sekali, kan?

Menjual Kayu

Pohon-pohon yang sudah ditebang tersebut akan otomatis berubah menjadi kayu, dan pemain akan bisa menjualnya ke para pembeli agar mendapatkan uang. Nah, uang ini bisa digunakan untuk meng-upgrade dua buah hal, yang pertama adalah kekuatan kampak agar bisa menebang pohon lebih cepat, dan yang kedua adalah untuk upgrade pabrik kayu yang akan secara otomatis menghasilkan kayu untuk dijual.

Tipe-tipe Pohon

Ada banyak tipe pohon yang bisa ditebang, semakin jauh pemain menebang habis pepohonan di hutan, semakin kuat juga pohon tersebut dan tentunya harga jualnya akan semakin mahal.

Teleport

Kalau pemain sudah terlalu jauh berjalan ke dalam hutan, pastinya untuk kembali ke markas utamanya akan menjadi sebuah perjalanan yang cukup panjang. Oleh karena itu, ada sebuah item untuk teleport yang bisa ditemukan di tengah hutan. Dengan menyentuh tombol "Home", pemain akan langsung pindah dari tengah hutan ke markasnya, dan bisa langsung berjualan serta melakukan upgrade. Markas ini sendiri akan bisa dipindahkan apabila pemain berhasil mencapai sebuah area baru, agar perjalanannya tidak terlalu jauh.

Bonus Power Up

Sesekali pemain akan menemukan sebuah pohon emas berada di tengah hutan. Apabila pemain berhasil menebang pohon ini, mereka akan mendapatkan sebuah power up, bisa memperkuat kampaknya, atau bisa juga mempercepat tebangan pohon.

Memuaskan dalam 3D

Idle Lumberjack 3D adalah game yang sangat menawan, pemain akan bisa melihat bagaimana sang penebang pohon mengayunkan kampaknya untuk menebang pohon-pohon warna-warni yang ada di tengah hutan belantara. Pohon tersebut kalau berhasil ditebang, akan hancur berkeping-keping yang membuat hati puas melihatnya. Sayangnya, tidak ada efek suara ataupun lagu sama sekali di dalam game ini, dan mungkin bagi para pecinta bumi, akan tertusuk hatinya melihat area yang tadinya penuh pohon, menjadi botak setelah disikat habis oleh sang penebang ini.

Tidak Perlu Online

Mendengar nama yang tercantol di game ini yaitu VOODOO, mungkin akan terbayang seberapa banyak iklan yang akan mengganggu permainan. Dan memang benar, game free-to-play yang satu ini juga penuh dengan iklan yang sangat mengganggu. Untungnya, pemain bisa memainkan game-nya dengan cara mematikan mobile data atau WiFi agar iklan tidak tampil, atau bisa juga dengan membeli fitur "No Ads" jika bersedia membayar Rp. 48.000,-.

Idle Lumberjack 3D memang bukanlah game idle seperti pada umumnya, pemain malah akan disibukkan menebang pohon sambil menghabisi hutan. Namun proses penebangan pohon ini ternyata memiliki faktor katarsis yang membuat hati senang lho! Mari kita nikmati menebang pohon ala Idle Lumberjack 3D dan jangan pikirkan mengenai keselamatan bumi, karena memang toh ini hanyalah sebuah game saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top