REVIEW

Hungry Shark Evolution, Game Ikan Hiu Penghilang Stress yang Menawan

Andy Chan   31 May 2018
Hungry Shark Evolution, Game Ikan Hiu Penghilang Stress yang Menawan

Ikan hiu adalah predator paling berbahaya di laut. Sudah banyak korban ikan hiu, bahkan makhluk air tersebut pun memiliki sederetan film sendiri, salah satunya adalah seri Jaws yang terkenal. Apakah Anda ingin mencoba bagaimana rasanya menjadi ikan hiu dan memangsa para manusia bodoh yang berenang di pesisir pantai? Inilah dia kesempatanmu! Hungry Shark Evolution, persembahan dari divisi mobile Ubisoft, Ubisoft FGOL, adalah sebuah game action semi-simulasi ikan hiu di mana pemain berperan sebagai seekor ikan hiu yang sangat lapar dan mengamuk di lautan luas.

Dalam Hungry Shark Evolution, pemain mengendalkan seekor ikan hiu sepenuhnya menggunakan virtual gamepad. Di bagian kiri layar, pemain menyentuh sebuah floating joystick untuk mengarahkan sang ikan hiu, sementara itu, apabila pemain menyentuh bagian kanan layar, maka sang ikan hiu akan melakukan boosting alias berenang cepat dalam waktu terbatas.

Tujuan dari permainan adalah untuk berusaha bertahan hidup selama mungkin. Sang ikan hiu memiliki sebuah meteran energi yang senantiasa berkurang setiap saat. Apabila meteran ini sampai habis, maka dia pun akan tewas. Untuk bisa mengisi meteran energi tersebut, pemain harus terus-terusan makan dengan cara memakan berbagai macam makhluk yang ada di dalam air, baik itu ikan-ikan kecil, ikan besar, kura-kura, bahkan manusia yang sedang berenang di permukaan atau sedang menyelam.

Tidak semua makhluk di dalam air bisa dimakan oleh sang ikan hiu, karena ada makhluk yang beracun seperti ubur-ubur, makhluk yang memiliki kulit tajam sehingga tidak bisa digigit, bahkan ada juga ranjau air yang bisa meledak. Semua itu justru mengurangi energi sang ikan hiu sehingga dia pun makin mendekati kematian. Selain benda berbahaya, kadang manusia penyelam pun cukup berbahaya karena mereka bisa menembak-nembak harpoon.

Setiap selesai menyelesaikan satu permainan, sang ikan hiu pun akan bertambah besar sampai ke ukuran maksimalnya. Pemain juga bisa melakukan upgrade pada kekuatan gigitan ikan hiu, kecepatannya, serta kekuatan boosting. Tersedia cukup banyak ikan hiu untuk di-unlock, mulai dari Reef Shark, Mako Shark, Hammerhead Shark, Tiger Shark, sampai Great White Shark, berikut dengan ikan hiu khusus seperti Ghost Shark, Electro Shark, Ice Shark, Robo Shark, Pyro Shark, dan sebagainya yang memiliki kemampuan khusus.

Meskipun Hungry Shark Evolution dimainkan secara 2D dan dilihat dari arah samping, namun sebenarnya game ini menggunakan grafis 3D yang menawan. Masing-masing ikan hiu ditampilkan secara mendetail, terutama ikan hiu khusus macam Ghost Shark dan Pyro Shark, mereka benar-benar tampil memukau. Game-nya sendiri open world, sehingga pemain bisa dengan bebas menjelajah samudera, mulai dari daerah pesisir pantai, sampai ke kedalaman laut yang cantik. Permainan pun berlangsung cepat dan ringan, dan yang pasti, sangat puas melihat banyaknya darah yang muncrat ketika sang ikan hiu memakan manusia-manusia bodoh yang nekad berenang di perairan miliknya.

Ubisoft FGOL menghadirkan Hungry Shark Evolution ini secara free-to-play. Asyiknya, game ini bebas dimainkan secara offline, tidak ada menggunakan sistem stamina, serta tidak ada gangguan iklan sama sekali, kecuali pemain ingin melakukan continue ketika ikan hiunya tewas. Sedikit mikrotransaksi dihadirkan dalam bentuk pembelian Coin dan mata uang premium, Gems. Coin berguna untuk melakukan upgrade, sementara Gems bisa digunakan untuk continue serta pembelian ikan hiu baru. Ikan hiu yang disediakan juga bisa di-unlock dengan membelinya menggunakan coin meskipun ada syaratnya yaitu mencapai sejumlah poin terlebih dahulu.

Dari sisi kustomisasi, apabila Coin ataupun Gems yang dimiliki pemain sudah cukup, mereka pun bisa membeli berbagai aksesoris mematikan seperti Laser, Jetpack, Missile Launcher, dan berbagai macam benda unik lainnya. Jangan khawatir, Coin dan Gems bisa dikumpulkan tanpa perlu menghabiskan uang sedikitpun, meskipun pastinya akan terasa sangat grindy.

Tapi harus diakui, Hungry Shark Evolution ini benar-benar cocok untuk menghilangkan stress dan sangat menghibur hati. Pemain akan merasa senang memakan segala macam makhluk dalam air ataupun di atas air, mulai dari ikan, kura-kura, sampai burung bangau dan manusia. Crunchy lho!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top