REVIEW

Hotel of Mask: Bisakah Kalian Kabur dalam Waktu 7 Hari?

Andy Chan   14 Jan 2021
Hotel of Mask: Bisakah Kalian Kabur dalam Waktu 7 Hari?

Ada berapa banyak topeng di antara kebohongan dan kenyataan? Petunjuk apa saja yang tersembunyi di dalam foto-foto dan buku harian? Meskipun para penghuninya berharap kalian bisa tinggal selamanya, apakah kalian bisa lolos dari tempat terkunci ini? Hotel of Mask pun sudah dibuka, dan kalian diundang untuk menikmati isi hotel ini. Namun hati-hati, jangan sampai kalian menjadi penghuni tetapnya. Itulah sekilas mengenai Hotel of Mask, sebuah game unik karya dari PapaBox.

Permainan Escape Room yang Penuh Intrik

Hotel of Mask pada dasarnya adalah sebuah game escape room, di mana pemain harus mencari sesuatu yang bisa menolongnya untuk lolos dari sebuah ruangan. Membuat komplikasi dalam permainan ini adalah penghuni-penghuni Hotel of Mask yang kelihatannya bersedia membantu, namun siapa tahu kalau mereka itu sebenarnya punya agenda sendiri terhadap dirimu? Dibatasi waktu tujuh hari, bisakah kalian meloloskan diri dari kurungan Hotel of Mask?

Mencoba untuk Kabur dalam 7 Hari

Misimu dalam Hotel of Mask adalah untuk berusaha kabur dalam waktu tujuh hari. Mengapa tujuh hari? Karena di hari ketujuh ada sebuah pengadilan, di mana satu-satunya cara untuk membuktikan dirimu tidak bersalah, adalah dengan memiliki tujuh buah badge. Tentu saja, badge tersebut adalah menjadi benda yang diperebutkan oleh para penghuni Hotel of Mask, jadi kalian harus baik-baik menjaganya dan tetap berusaha untuk mendapatkan badge dari orang lain.

Sistem Escape Room

Seperti biasanya game escape room, pemain harus mencari-cari benda di dalam ruangan tempatnya terkurung untuk bisa membantunya keluar dari ruangan tersebut. Benda tersebut bisa tersembunyi, bisa juga ditemukan dengan cara menggunakan benda lain yang berada di inventory, misalnya menggunakan bangku untuk naik ke atas lemari dan berinteraksi dengan vas kembang di atasnya.

Perhatikan Siapa yang Kalian Percayai

Selain mencari-cari barang, pemain juga bisa berinteraksi dengan para penghuni Hotel of Mask yang terdiri dari berbagai individual unik. Namun perhatikan, karena bisa jadi, tidak ada satupun di antara mereka yang bisa kalian percayai, apalagi memang semuanya punya agenda dan kebutuhan masing-masing. Pilihan yang dilakukan oleh pemain ini akan menentukan ke arah mana permainan berjalan sampai akhirnya penghakiman terakhir tiba.

Penggunaan Hints

Kalau pemain sampai mentok dalam mencoba menyelesaikan sebuah ruangan, tersedia yang namanya sistem Hints. Penggunaannya pun cukup mudah, cukup sentuh tombol kaca pembesar di pojok kanan atas, dan dia akan memberikan sebuah solusi untuk masalah yang sedang dihadapi. Tentu saja, solusi ini tidaklah gratis, dan pemain harus membayar dengan Coin.

Artwork bergaya Anime

Hotel of Mask adalah game yang menggunakan artwork bergaya anime, tidak jauh berbeda dengan game-game PapaBox lainnya seperti Park Escape ataupun Top Detective. Pemain akan bisa menjelajahi lokasi-lokasi menawan di dalam Hotel of Mask sambil berusaha mencari benda penting yang bisa digunakan untuk memecahkan puzzle-nya, diiringi dengan lagu yang misterius. Sedikit saran untuk bermain, sebaiknya brightness layar diterangkan agar lebih bisa menemukan benda-benda tersembunyi atau membaca petunjuk yang mungkin berada di tempat yang terlalu gelap.

Tidak Perlu Online

Asyiknya, game free-to-play dari PapaBox ini tidak membutuhkan koneksi Internet sama sekali. Pemain bebas untuk mencoba melarikan diri dan mencari badge dalam waktu tujuh hari secara santai, meskipun mungkin akan ada mikrotransaksi yang bisa mempermudah permainan. Yang diperjualbelikan dalam mikrotransaksi tersebut adalah Coin, yang tentunya berguna untuk menggunakan hints. Tapi jangan khawatir, karena kalau kalian memang tidak ingin membayar, ada fitur menonton iklan untuk mendapatkan Coin secara gratis.

Misteri kisah dalam Hotel of Mask serta puzzle-puzzle yang semakin lama semakin sulit, akan membuatmu terpaku di layar berjam-jam. PapaBox memang ahlinya game escape room, dan Hotel of Mask ini tidak boleh kalian lewatkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top