REVIEW

Horizon, Sebuah Game Pesawat yang Menantang

Andy Chan   11 Jan 2019
Horizon, Sebuah Game Pesawat yang Menantang

Developer game bernama Ketchapp memang sudah banyak mengembangkan berbagai macam game, sebut saja Flippy Race, Summer Sports, Knife Hit, Finger Driver, dan Stick Hero. Kali ini mereka mengembangkan sebuah game unik dengan tema pesawat-pesawatan yang diberi judul Horizon.

Dunia Horizon yang Tidak Bisa Diprediksi

Dalam Horizon, pemain mengendalikan sebuah pesawat terbang dan berusaha untuk melakukan manuver sambil menghindari berbagai rintangan dalam dunia Horizon yang tidak bisa diprediksi. Medan permainannya benar-benar dibuat secara acak, sehingga setiap kali pemain memainkan game ini, mereka akan menemukan sebuah jalur yang berbeda dengan sebelumnya. Game ini pada dasarnya endless alias tiada akhir, sehingga tantangan ada pada seberapa jauh pemain bisa melaju sebelum akhirnya pesawat yang mereka kendalikan hancur.

Metode Pengendalian

Pemain mengendalikan pesawat terbang mereka via layar sentuh, dengan cara menyentuh layar, kemudian menggeser jari langsung ke arah yang diinginkan. Pesawat akan secara otomatis melaju ke depan, jadi pemain hanya perlu kecekatan untuk menghindari rintangan-rintangan yang ada di layar. Tapi selain menghindari rintangan, pemain juga perlu mengumpulkan Gems yang bertebaran di medan permainan untuk mendapatkan uang. Hati-hati dalam mengumpulkan Gems ini karena biasanya mereka menaruh Gems di lokasi yang berbahaya.

Game Pesawat dengan Aspek-aspek Menarik

Pada dasarnya sih game ini memang merupakan endless runner, namun ternyata game ini menawarkan beberapa hal menarik di dalamnya sebagai dorongan untuk pemain.

Seratus buah Tantangan

Sepanjang pemain menjalankan pesawat di medan permainan yang berbahaya tersebut, pemain juga ditantang untuk melakukan hal tertentu, misalnya disuruh mengumpulkan sejumlah Gems, atau meluncur sejauh berapa meter, dan sebagainya.

Koleksi Pesawat yang Menarik

Tersedia 40 macam pesawat berbentuk unik untuk digunakan dalam game ini, masing-masing bisa di-unlock berdasarkan Rank, di-beli dengan menggunakan Gems, atau melakukan sesuatu. Selain macam-macam pesawat unik, hal yang paling menarik di sini adalah kemampuan pemain untuk mengkustomisasi trails alias jejak cahaya pesawat yang cantik.

Grafis 3D yang Menawan

Dunia Horizon memang dibuat secara acak, namun masing-masing stage memiliki nuansa tersendiri yang unik. Di awal permainan misalnya, pemain diberikan lokasi berwarna biru yang misterius, lalu berpindah lokasi ke dunia yang lebih oranye di stage 2, lebih hijau, dan seterusnya. Medan permainannya pun tidaklah statis, melainkan dinamis dengan berbagai macam rintangan yang bisa bergerak dan mungkin sedikit sulit untuk dihindari. Namun secara keseluruhan, tampilan dari Horizon ini benar-benar menawan.

Gratis dan Offline

Seperti biasa, game Ketchapp yang satu ini pun disajikan secara free-to-play oleh mereka dan tidak ketinggalan juga bisa dimainkan secara offline. Tidak ada sistem life atau stamina yang mengganggu sama sekali, sehingga pemain bisa mencoba terus tanpa dibatasi.

Premium Membership Subscription

Secara menyeluruh, sebenarnya tidak ada mikrotransaksi dalam Horizon, namun game-nya menyediakan premium membership seharga Rp. 109.000,- per minggu. Premium Membership menawarkan 150 Gems per hari, pesawat unik, serta menghilangkan iklan. Namun tidak disarankan untuk membeli premium membership ini karena selain pembayarannya mingguan, mereka menggunakan sistem auto-renewal, jadi apabila kalian lupa cancel, maka akan terus-terusan dipotong Rp. 109.000,- per minggu.

Dengan ukuran game hanya 85MB saja, Horizon adalah game endless yang cantik, menantang, dan cukup adiktif. Akhir kata, Horizon patut dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top