NEWS

Hire, Layanan Penyaluran Kerja milik Google

Dikdok   28 Jul 2017
Hire, Layanan Penyaluran Kerja milik Google

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada bulan Mei 2017, Google baru saja menyelenggarakan sebuah acara akbar tahunan milik mereka, Google I/O 2017. Di acara tersebut, perusahaan teknologi raksasa ini telah memperkenalkan sebuah solusi baru yang bakal memudahkan perusahaan-perusahaan dalam merekrut karyawan mereka. Kini, guna menindak lanjuti apa yang telah dibicarakan olehnya di kala itu, Google pun secara resmi menghadirkan sebuah layanan baru dari mereka yang dinamai sebagai Hire.

Sebagaimana dilansir dari blog resmi milik Google, layanan Hire ini dibangun dalam ekosistem layanan berbasis cloud milik Google, yakni G Suite.

Mirip dengan apa-apa yang telah ditawarkan sebelumnya oleh kebanyakan situs pencarian kerja, kehadiran Hire ini sendiri sebenarnya lebih difokuskan untuk membantu perusahaan-perusahaan yang tengah mencari tenaga kerja baru. Para pemberi kerja tersebut, yang dalam hal ini adalah berbagai perusahaan, juga bisa melacak informasi, kontak, dan resume dari para pelamar kerja serta dapat mengatur jadwal untuk melakukan wawancara online hingga menyalurkan profil pelamar kerja melalui Google Sheets.

Peran Hire sendiri pada proses perekrutan ini hanyalah untuk menjadi pihak ketiga, yang bakal merapikan semua dokumen milik pelamar dan menyalurkan dokumen-dokumen tersebut ke dalam satu platform untuk disampai kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yang dalam hal ini adalah tim pewawancara dari perusahaan-perusahaan. Segala macam komunikasi dan penjadwalan di antara sesama tim pewawancara atau pun kandidat dengan tim pewawancara, bisa dilakukan dengan mudah di Hire.

Tentunya, semua informasi milik pelamar yang bisa diakses oleh perusahaan merupakan informasi yang memang telah disetujui untuk disebarkan oleh si pelamar ketika memasukkan lamarannya melalui e-mail. Jadi, tak ada pelanggaran apa pun atas hak privasi.

Google mengatakan telah mengujicoba Hire selama setahun sebelum meluncurkannya untuk publik. Tool ini dipersiapkan untuk menyasar perusahaan kecil hingga menengah yang mempunyai jumlah karyawan tak lebih dari 1.000 orang.

Penasaran dengan cara kerja Hire? Bagi perusahaan-perusahaan yang ingin menjajal layanan terbaru dari Google ini dapat segara mengujungi tautan ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top