LOADING
TIPS

Hindari Penipuan Beli Gadget Online, Simak Tipsnya

Admin   09 Nov 2015
Hindari Penipuan Beli Gadget Online, Simak Tipsnya

Kini, tren berbelanja online tak hanya berlaku untuk produk fashion saja. Begitulah, kebiasaan tersebut pun merambah ke sektor gadget, seperti handphone, kamera, komputer, atau pun barang elektronik lainnya. Mudah dan praktis menjadi alasan utama bagi orang-orang untuk berbelanja secara online.

Meski begitu, hal tersebut bukanlah mengartikan belanja gadget secara online tidaklah memiliki resiko.

Beberapa kasus penipuan online yang kerap terjadi malah terkait jual beli gadget. Akibat kurangnya pengetahuan dan pengalaman online, tak sedikit pembeli yang tertipu dengan iming-iming manis dari gadget murah dengan berbagai macam bonus.

Alhasil, bukannya gadget impian yang didapat, malah uang yang melayang entah ke mana.

Tentunya, hal tersebut amat merugikan dan dapat membuat orang jera untuk berbelanja online. Agar terhindar dari berbagai macam penipuan, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat melakukan belanja gadget secara online.

1. Pelajari Spesifikasi Produk

Sebelum memutuskan untuk membeli gadget tertentu secara online, Anda sebaiknya mempelajari detil dari produk yang hendak dibeli terlebih dahulu. Carilah referensinya sebanyak mungkin. Tujuannya agar Anda nantinya tidak sampai tertipu dengan barang palsu, atau pun barang berkualitas rendah.

2. Jangan Tergoda Harga Murah

Rata-rata kasus penipuan online terjadi karena banyak pembeli yang tergiur dengan iming-iming berupa harga murah, yang jauh di bawah standar. Padahal Anda seharusnya patut untuk merasa curiga jika sebuah gadget bisa dijual dengan harga yang sangat murah dan jauh di bawah standar.

Bisa saja, barang tersebut bukanlah asli, melainkan barang rekondisi, atau malah hanyalah produk fiktif.

3. Lihat Testimoni

Untuk menghindari penipuan online saat membeli gadget, Anda sebaiknya memilih pihak penjual yang terpercaya. Untuk mengetahui penjual tersebut dapat dianggap terpercaya atau tidak, Anda bisa melihat testimoni atau komentar dari orang-orang yang sudah pernah membeli gadget darinya.

4. Sistem Pembayaran

Ada baiknya bagi Anda untuk memilih sistem pembayaran yang paling aman saat membeli gadget secara online. Saat ini, sistem pembayaran paling aman adalah melalui sistem COD (Cash On Delivery). Selain uang masih dipegang sampai transaksi selesai, Anda mungkin bertemu langsung dengan pihak penjual.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top