TIPS TRIK

Hindari Berita Hoax dengan 4 Cara Ini!

Dikdok   15 Sep 2017
Hindari Berita Hoax dengan 4 Cara Ini!

Kemudahan dalam menyebarkan informasi di dunia online telah menyebabkan banyaknya berita hoax yang beredar di tengah masyarakat saat ini. Dengan mewabahnya berita-berita palsu tersebut, keberadaannya secara perlahan-lahan tentu akan mengancam pola pikir masyarakat.

Sebagai salah satu bagian dari masyarakat yang bijak, kita tentunya harus bisa untuk mengkategorikan mana saja berita yang dapat dipercaya dan mana saja berita yang dianggap palsu tersebut dengan cerdas.

Sayangnya, masih belum ada cara yang pasti hingga saat ini untuk bisa membedakan jenis informasi mana yang akurat dengan yang hoax.

Kali ini, Jurnal Apps akan kembali memberikan cara-cara untuk kalian agar dapat membedakan mana berita asli dan hoax. Bagaimanakan caranya? Marilah saksikan beberapa caranya, sebagaimana telah disampaikan oleh Praktisi Anti Hoax dan Alumnus TI ITN, Dimaz Fathroen:

Verifikasi Sumber

Hal mendasar yang dapat dilakukan pertama kalinya untuk memastikan keaslian sebuah informasi adalah pastikanlah bahwa kalian telah melakukan verifikasi sumber dengan mencarinya di Google. Carilah tema berita secara spesifik dengan kata hoax di belakangnya.

Yang biasa terjadi, ketika informasi tersebut adalah benar-benar merupakan berita hoax, maka akan muncul artikel pembahasan terkait.

Elemen Berita Hoax

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk memastikan keabsahan informasi adalah pastikan bahwa berita yang dibaca tidak memiliki susunan kata yang janggal. Kejanggalan sebuah informasi dapat dilihat dari beberapa susunan kata yang persuasif dan terkesan memaksa, seperti: “Sebarkanlah,” “Viralkanlah,” dan sejenisnya. Artikel-artikel yang memiliki elemen dengan banyak huruf besar dan tanda seru pun dapat disinyalir sebagai berita-berita yang mengandung informasi hoax.

Kejanggalan lainnya yang dapat dilihat dari berita hoax adalah informasi di dalam berita tersebut biasanya memberikan informasi terkait waktu yang tidak jelas menyoal tanggal dan harinya. Misalnya saja, seperti “kemarin,” “tiga hari yang lalu,” dan sebagainya.

Artikel hoax juga sering mengklaim sebuah sumber yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Seringkali juga, artikel hoax biasanya lebih merupakan opini dari seseorang, bukanlah murni fakta.

Cek Gambar

Cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memastikan ketika kita ingin mengecek keaslian dari sebuah informasi berdasarkan foto yang diunggah dalam sebuah artikel. Caranya sangat mudah untuk dilakukan.

Kalian hanya perlu menyimpan foto di dalam artikel tersebut melalui screenshot. Setelah itu, lanjutkan dengan membuka laman Google Images. Sisipkanlah foto tersebut ke dalam pencarian dengan melakukan click & drag pada hasil screenshot itu ke dalam kolom pencarian.

Setelah itu, akan muncul hasil pencarian yang nantinya menampilkan situs pertama yang mengunggah foto tersebut. Situs ini akan muncul pada posisi pencarian paling atas.

Dari sini, kita bisa memastikan siapa yang menyebarkan gambar tersebut untuk pertama kalinya. Kita juga bisa melihat apakah pihak yang menyebarkan informasi tersebut untuk pertama kalinya berstatus kredibel atau tidak.

Cek dengan Aplikasi

Kalian pun bisa mengecek artikel hoax dengan aplikasi khusus bernama Hoax Analyzer. Untuk lebih lengkapnya, silakan mengunjungi laman utama Hoax Analyzer di tautan ini.

Selamat mencoba, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top