REVIEW

Hide Online: Kocaknya Perang Hunter melawan Furniture

Andy Chan   23 May 2020
Hide Online: Kocaknya Perang Hunter melawan Furniture

Pertarungan tembak-tembakan online 5 vs 5 tentunya tidak asing di mata gamer. Biasanya pertarungan ini berimbang, karena masing-masing pihak memiliki kemampuan untuk berperang secara handal, tentunya di luar dari skill masing-masing individual serta persenjataan yang dibeli dengan uang asli ya. Tapi bagaimana jadinya kalau pertarungan 5 vs 5 ini dirubah menjadi main petak umpet secara shooter? Hadirlah Hide Online, sebuah game multiplayer kocak persembahan dari HitRock Games.

Konsep 5 vs 5 yang Berbeda

Dalam Hide Online, sebuah 10 orang pemain akan dibagi menjadi 2 buah tim. Yang satu disebut sebagai tim Hunter, dan yang satu lagi adalah tim Prop, atau bisa juga disebut sebagai furniture. Tugas tim Hunter adalah untuk membunuh semua anggota dari tim Prop, sementara tugas tim Prop adalah untuk bersembunyi selama mungkin dari incaran tim Hunter dengan cara menyamar menjadi berbagai macam furniture. Sebuah konsep yang unik dan kocak, bukan?

Metode Pengendalian

Bagi yang sudah biasa memainkan game third-person shooter, pasti tidak asing dengan metode pengendalian yang digunakan oleh Hide Online. Pemain mengendalikan karakternya dengan menggunakan sebuah virtual analog untuk bergerak, sebuah tombol untuk melompat serta layar sentuh untuk mengatur sudut pandang. Tapi metode ini sebenarnya dibagi menjadi dua, satu untuk tim Hunter dan satu untuk tim Prop.

Sebagai Tim Hunter

Tim Hunter memiliki elemen permainan standar third-person shooter. Ada tombol tembak untuk menembaki tim Prop, serta sebuah tombol granat untuk melempar granat ke arah musuh yang larinya cepat. Pemain bahkan tidak perlu repot melakukan aiming dan menembak, karena ada opsi untuk auto aim dan auto shoot. Tapi hati-hati, karena kalau pemain menembaki furniture yang bukan tim Prop, maka HP mereka sendirilah yang akan berkurang! Untuk mengenali yang mana furniture asli, yang mana tim Prop, pemain bisa mendengarkan suara-suara serta icon yang berada di atas furniture tersebut.

Sebagai Tim Prop

Jika pemain berperan sebagai Tim Prop, maka elemen permainannya akan lebih kocak. Pemain bisa memilih untuk berubah menjadi furniture lain dengan menyentuh tombol furniture sambil melihat furniture yang ada untuk dikopi, serta menggunakan sihir untuk merubah para hunter menjadi binatang untuk sementara waktu, sambil kabur ke tempat lain untuk kembali menyamar. Dalam penyamaran ini, pemain akan melihat ada meteran tahan napas. Selama meteran tahan napas ini masih ada, maka mereka akan bisa menyamar secara sempurna sebagai sebuah furniture. Namun begitu tahan napas habis, maka mereka akan mengeluarkan suara dan furniture yang dikendalikan akan memiliki indikator icon smiley, sehingga bisa diburu dan terkena auto aim / auto shoot oleh para hunter.

Lucu dan Menghibur

Hide Online hadir menggunakan grafis 3D yang meskipun tidak terlalu mendetail, namun sangatlah kocak untuk dilihat. Bayangkan, ada kursi, kardus, atau bahkan mesin arcade yang berkeliaran di sebuah lokasi sambil diburu oleh para hunter yang membawa senapan mesin. Kan pemandangan yang absurd sebenarnya, tapi sangatlah menghibur. Apalagi pemain juga bisa mengkustomisasi para hunter dengan mengganti skin untuk karakternya, senjata, serta posenya, sehingga permainan menjadi lebih 'personal'.

Pastinya, Wajib Online

Dengan menyebut dirinya sebagai "Hide Online", tentu saja game gratisan yang satu ini pasti perlu koneksi Internet. Apalagi memang permainannya juga merupakan PvP 5 vs 5, sudah pasti pemain akan berhadapan dengan pemain-pemain lain dari seluruh dunia. Tidak ada sistem stamina di sini, namun pemain diberikan fitur mikrotransaksi untuk membeli koin serta berbagai paket untuk mengkustomisasi karakternya agar lebih menarik.

Konsepnya memang kocak, namun sebenarnya permainan agak tidak imbang antara menjadi hunter dengan menjadi furniture. Permainan menjadi lebih sulit ketika menjadi sebuah furniture karena memang sulit untuk menghindari lima orang hunter yang memburu kalian, sementara resiko yang dihadapi para hunter hanyalah kesalahan tembak saja yang bisa dimitigasi dengan menyalakan auto aim dan auto shoot. Tapi di luar itu, Hide Online ini adalah salah satu game online 5 vs 5 yang wajib dicoba oleh gamer segala umur!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top